10 Tips Bekerja Ikhlas Agar Pekerjaan Tidak Menjadi Beban

KisahBeruang.com – Bekerja seperti menjadi karyawan adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan. Namun setelah lambat laun dilakukan, ada kalanya kita merasa berat dan malah menjadikan pekerjaan sebagai beban.

Alasannya sendiri bermacam-macam mulai dari pekerjaan yang tidak sesuai skill dan passion, pekerjaan yang terlalu monoton, hingga pekerjaan dengan lingkungan kerja yang membuat kamu tidak nyaman.

Meski sulit, pekerjaan tetap harus dilakukan agar kita tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika sulit, 10 tips bekerja ikhlas ini bisa dilakukan agar pekerjaan tidak menjadi beban dan bisa dilakukan dengan ringan.

1. Bersyukur masih memiliki pekerjaan

Pasti pernah kan mendengar kalimat, “You never knew what you got till it’s gone!”

Buat yang merasa bekerja adalah sebuah beban, rasanya harus ingat kata-kata di atas.

Di saat kita sedang mengeluh mengenai beratnya pekerjaan, ada banyak orang lain di luar sana yang justru ingin berada di posisi kita saat ini.

Setidaknya dengan memiliki pekerjaan kita masih bisa memiliki penghasilan bulanan yang tetap. Nah, bayangkan kalau pekerjaan itu tiba-tiba hilang dari genggaman kita. Apalagi kalau kita masih belum bisa menemukan pekerjaan hingga berbulan-bulan kemudian. Pusing gak tuh!

Makanya mumpung sedang ada job tetap, bersyukurlah karena kita masih bisa merasakan nikmatnya hidup. Apalagi kalau gajinya jauh lebih cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

2. Berdoa sebelum bekerja

Dalam beragama, berdoa adalah salah satu ibadah yang bisa dilakukan setiap kali kita melakukan sesuatu, termasuk bekerja.

Dengan berdoa, kita meminta agar tuhan selalu melindungi kita dan memberi kemudahan pada hal apapun yang kita lakukan. Hal ini akan membuat hati dan pikiran kita merasa nyaman. Tidak jarang berdoa malah akan membuat kita lebih semangat dalam bekerja.

Dengan berdoa terlebih dahulu, kita juga akan mengingat bekerja sebagai salah satu ibadah dengan menjadikannya ikhtiar untuk mendapatkan rezeki bagi kita maupun keluarga yang menunggu di rumah.

3. Bersikap profesional dan bertanggung jawab

Menjadi karyawan artinya kita menyetujui untuk bekerja dengan skill yang dimiliki di bidang tertentu dengan imbalan gaji dan bonus tambahan. Selama pekerjaan yang diberikan sesuai, bersikaplah profesional!

Jika kita menyadari hal ini, maka kita akan lebih bertanggung jawab dan mengerti bahwa perusahaan membayar kita untuk melakukan hal-hal tertentu. Dengan begitu kita bisa lebih ikhlas dalam menjalani pekerjaan kita.

4. Buatlah goal!

Seberat apapun pekerjaan kita akan terasa lebih ringan jika kita membuat target khusus yang ingin dicapai.

Dengan memiliki sasaran karir tertentu, pekerjaan yang dilakuan sekarang akan terasa ringan karena kita memiliki tujuan yang jauh lebih besar. Pekerjaan yang sekarang ini hanyalah batu loncatan yang akan mendekatkan kita pada goal yang ingin kita tuju!

Tidak hanya menghilangkan rasa beban, membuat goal juga bisa membantu kita melakukan pekerjaan dengan maksimal dan konsisten.

5. Jangan menunda pekerjaan

Malas adalah salah satu penyebab kenapa pekerjaan terasa berat dan menjadi beban. Dan salah satu faktor yang seringkali membuat kita malas adalah kegiaatan menunda pekerjaan.

Semakin lama kita menunda pekerjaan, akan semakin banyak pula pekerjaan yang harus dilakukan di kemudian hari. Melihat pekerjaan yang menumpuk jelas akan membuat kita sebal dan jenuh, padahal ini semua berawal dari kesalahan yang kita lakukan.

Karena itulah, jangan terlalu sering menunda pekerjaan dan gunakan jam kantor dengan efektif. Jangan sampai pekerjaan yang sudah banyak menumpuk sampai harus dibawa ke rumah.

6. Hindari lingkungan yang negatif

Tidak jarang rasa beban saat bekerja muncul dari pikiran-pikiran negatif di sekeliling kita. Jika kamu bergaul dengan orang-orang semacam ini, ada baiknya kamu mencari lingkungan pertemanan baru yang jauh lebih positif.

Sama seperti pikiran negatif, pikiran positif juga bisa menular. Dengan positive thinking, pekerjaan akan terasa ringan dan tidak lagi menjadi beban bagi kita.

7. Gunakan strategi dalam menentukan pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Agar pekerjaan tidak menjadi beban, kita bisa menggunakan strategi yang cocok dengan jam kerja kita.

Misalnya, ada beberapa orang yang lebih senang mengerjakan hal-hal yang ringan terlebih dahulu. Selain mengurangi jumlah pekerjaan yang harus dilakukan, menyelesaikan sebuah pekerjaan akan mendatangkan sense of accomplishment yang bisa membuat kita semangat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Namun ada juga orang yang lebih senang mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. Di pagi hari saat kondisi tubuh dan pikiran kita masih dalam keadaan fresh, performa kita akan jauh lebih baik dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

8. Membagi pekerjaan dalam beberapa bagian kecil

Pekerjaan yang besar dan sulit memang akan sangat mengintimidasi dan membuat kita merasa terbebani. Agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ringan, kita bisa membaginya menjadi beberapa pekerjaan kecil. Selain itu kita bisa membuat target agar pekerjaan bisa dicicil dan tidak perlu langsung dikerjakan seluruhnya.

Dengan kedua cara ini, pekerjaan yang tadinya terasa berat pun akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

9. Gunakan keluarga sebagai motivasi

Keluarga adalah salah satu motivasi paling ampuh dalam menghadapi situasi apapun.

Jika kita malas dan merasa berat dalam bekerja, cukup ingat keluarga di rumah. Saat kita malas-malasan bekerja, ingat dampak negatif yang ditimbulkan pada keluarga kita. Sebaliknya, jika kita bekerja dengan giat, ingat dampak positif yang bisa kita bawa pada keluarga di rumah.

Dengan menjadikan keluarga sebagai motivasi, maka kita pun akan lebih ikhlas dalam bekerja dan tidak lagi menganggap pekerjaan sebagai beban.

10. Belajar mencintai pekerjaan

Salah satu masalah yang banyak dihadapi para pencari kerja adalah minimnya kesempatan untuk bisa bekerja sesuai dengan skill dan passion kita. Kalau sudah begini, ujung-ujungnya kita jadi tidak terlalu tertarik dengan pekerjaan yang didapat dan merasa pekerjaan yang dilakukan menjadi beban.

Agar pekerjaan terasa ringan, kita bisa belajar untuk mencintai pekerjaan agar kita merasa nyaman saat bekerja.

Jadi jika awalnya tidak suka, carilah poin positif dari pekerjaan kamu dan buatlah hal tersebut menjadi satu alasan agar kamu bisa belajar mencintai pekerjaan yang kamu lakukan.


Bekerja tidak selalu harus menjadi beban dan membuat kita stress. Dengan 10 tips bekerja ikhlas ini, pekerjaan akan terasa jauh lebih ringan dan membuat kita melangkah lebih jauh dalam karir.