tips menginap di hotel dengan aman selama pandemi
Traveling

11 Tips Menginap di Hotel dengan Aman Saat New Normal

Staycation dan menginap di hotel bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan penat setelah berada di rumah selama pandemi.

Meski begitu kita tetap harus patuh pada peraturan yang berlaku agar liburan tetap aman dan menyenangkan.

Nah, supaya kamu bisa melindungi diri dan keluarga selama liburan, berikut adalah beberapa tips menginap di hotel yang aman selama new normal.

Tips Menginap Secara Aman Selama New Normal

1. Selalu gunakan masker

Masker adalah alat perlindungan penting yang tidak boleh disepelekan. Masker harus selalu digunakan saat kita pergi ke luar kamar. Dan bila ada staff hotel yang tidak mengenakannya, kita bisa ikut mengingatkannya untuk kenyamanan bersama.

2. Jaga jarak aman

Selain menggunakan masker, kita juga harus bisa menjaga jarak dengan orang lain seperti staff atau pengunjung hotel lainnya. Agar tidak mudah tertular penyakit, jaga jarak antara 1.5 – 2 meter dari orang lain, termasuk saat berada di tempat sempit seperti lift.

3. Selalu siapkan hand sanitizer

Hand sanitizer menjadi barang lain yang tidak boleh ketinggalan dibawa ke mana saja. Barang ini akan sangat berguna setelah kita memegang benda yang berada di area publik.

Meski di tempat penginapan biasanya tersedia hand sanitizer gratis, tidak ada salahnya jika kamu membawa bekal sendiri untuk berjaga-jaga.

4. Cuci tangan dengan baik dan benar

Menjaga kebersihan diri sangatlah penting di era new normal. Jadi pastikan kamu selalu menjaga kebersihan, terutama saat akan makan dan menyentuh barang-barang pribadimu.

Meski sudah ada hand sanitizer, tingkat keampuhannya masih kalah dibanding sabun biasa. Jadi prioritaskan sabun saat akan membersihkan diri.

5. Mandi dan ganti baju setelah keluar kamar

Pihak hotel pastinya sudah melakukan banyak langkah antisipasi untuk menjaga kebersihan dan membuat pengunjung nyaman. Namun sebagai langkah ekstra, tidak ada salahnya jika kamu lebih berhati-hati selama menginap di hotel.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mandi dan mengganti baju setelah keluar dari kamar. Kita tidak akan pernah tahu kapan kuman dan virus bisa ikut menempel di tubuh kita bukan?

6. Gunakan alat bantu untuk membuka pintu dan menekan tombol lift

Satu hal yang cukup mengkhawatirkan di masa pandemi adalah harus menyentuh barang-barang di area umum seperti tombol lift, handle pintu atau ATM. Dengan penggunaannya yang sering, sulit untuk menjamin kebersihan barang-barang tersebut.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kini ada alat khusus yang bisa membantu kita untuk berinteraksi dengan barang di ruang publik tanpa harus menyentuhnya.

7. Gunakan siku atau ujung kaki untuk membuka pintu

Jika kamu tidak memiliki alat bantu di atas, kamu bisa menggunakan siku atau ujung kaki untuk membuka pintu. Dengan begitu kamu bisa menghindari tangan agar tidak terkena kontak langsung dengan benda lainnya.

8. Hindari kerumunan

Hotel biasanya memiliki tempat umum yang bisa memberi hiburan dan kenyamanan bagi para penghuninya. Meski akan sangat asik untuk berkumpul dengan keluarga di tempat tersebut, ada baiknya kita menghindari tempat tersebut bila digunakan oleh banyak orang sekaligus.

9. Gunakan room service dan bawa alat makan sendiri

Agar lebih aman, kita bisa memesan makanan melalui room service dan makan di dalam kamar, jadi tidak perlu mengantri dan makan di restoran hotel. Agar kebersihan lebih terjamin, kamu juga bisa membawa alat makan sendiri agar tidak tercampur dengan orang lain.

10. Pilih kamar dengan jendla atau balkon

Tips staycation selama pandemi berikutnya adalah dengan memilih kamar yang memiliki jendela atau bahkan balkon. Dengan begitu kamar yang kamu tempati akan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dan lebih segar. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan view yang lebih baik dibanding ruangan tanpa jendela.

11. Patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pihak hotel

Untuk menjaga kenyamanan bersama, pihak hotel pastinya akan berupaya keras agar semua berjalan lancar. Nah, kamu sebagai pengunjung juga bisa berperan aktif dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak hotel. Jadi tidak hanya liburan kamu saja yang menyenangkan, tapi orang lain juga.


Meski aksesnya kini terbatas, tidak ada larangan untuk menginap di hotel selama pandemi. Hal ini bisa jadi kesempatan bagus untuk kamu yang bosan dan ingin ganti suasana setelah lama berada di rumah.

Meski begitu kita harus lebih waspada karena berada di tempat umum. Satu hal yang penting, jaga kebersihan dan patuhi protokol yang diterapkan pihak hotel agar liburan kamu aman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *