barang yang bisa digadaikan di pegadaian
Keuangan

5 Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Menggadaikan barang adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dengan cepat menggunakan barang yang kita miliki. Jika kita ingin memiliki kembali barang tersebut, kita bisa menebusnya setelah kita mempunya uang.

Nah, salah satu tempat pegadaian yang paling terpercaya adalah PT Pegadaian yang merupakan BUMN yang dimiliki oleh pemerintah.

Meski begitu, tidak semua barang bisa digadaikan di tempat ini. Jadi jika kamu ingin mendapatkan uang dengan cara ini, simak dulu yuk barang apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian.

Barang yang Dapat Digadaikan

1. Emas dan Perhiasan

Dengan harga yang relatif stabil dan cenderung naik, emas banyak dijadikan investasi. Namun kelebihan emas tidak hanya itu saja. Jika dalam kondisi mendesak, emas bisa digadaikan atau bahkan dijual.

Jenis-jenis emas yang bisa digadaikan pun bermacam-macam, mulai dari koin emas, emas batangan, atau emas dinar. Tidak hanya itu, perhiasan yang terbuat dari emas pun bisa digadaikan secara resmi di PT Pegadaian.

2. Sertifikat

Sertifikat rumah dan tanah menjadi barang gadai yang bisa bernilai mahal. Besarnya nilai gadai nantinya akan tergantung lokasi dan besarnya nilai PBB di daerah tersebut. Jadi jika rumah atau tanah yang digadaikan berada di lokasi yang strategis, besanya uang gadai yang diterima pun akan semakin besar.

3. Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor menjadi barang lain yang dapat digadaikan di Pegadaian. Tidak hanya roda dua, kendaraan roda empat dan kendaraan berat pun bisa dijadikan jaminan.

Kendaraan yang diajukan nantinya akan dilihat jenis, spesifikasi, serta masa produksinya. Agar lebih mudah disetujui, pastikan kendaraan bermotor juga sudah memiliki surat-surat lengkap seperti STNK, BPKB, hingga faktur pembelian.

4. Barang Elektronik

Barang elektronik di rumah bisa menjad alternatif jika kita mencari barang yang bisa digadaikan. Meski begitu tidak semua barang elektronik bisa diterima dan hanya barang-barang yang populer di masyarakat saja. Sebagai contoh, televisi, smartphoe, kulkas, komputer, laptop, atau kamera adalah beberapa barang yang bisa diterima di Pegadaian.

Meski begitu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar barang elektronik bisa menjadi jaminan. Selain masih dalam kondisi bagus dan berfungsi dengan baik, pastikan juga barang elektronik tersebut masih dalam masa garansi. Selain itu ada baiknya jika barang elektronik juga masih memiliki faktur pembelian dan belum pernah rusak sebelumnya.

5. Alat-Alat Pertanian dan Perikanan

Untuk mempermudah masyarakat kecil memperoleh uang cepat, Pegadaian juga menerima jaminan berupa alat pertanian dan perikanan. Sebagai contoh gergaji mesin, mesin pompa air, mesin motor perahu, atau traktor tangan. Dengan begitu, petani atau nelayan yang butuh modal tambahan bisa menggadaikannya.


Menggadaikan barang yang kita miliki menjadi salah satu senjata ampuh jika kita ingin mendapatkan uang dengan mudah. Kita pun tidak perlu kehilangan barang yang kita sayangi karena kita bisa menebusnya kembali setelah kebutuhan kita terpenuhi.

Pegadaian menjadi salah satu tempat terpercaya untuk menggadaikan barang-barang kita. Meski begitu kita harus memahami barang-barang yang bisa digadaikan di Pegadaian terlebih dahulu agar pengajuan dana kita disetujui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *