Asuransi mobil terbaik dan terpercaya di Indonesia
Keuangan, Otomotif

7 Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Asuransi mobil mungkin jadi salah satu hal yang tidak terlalu dipikirkan saat kita memilki mobil. Kalau punya uang lebih rasanya lebih enak bila digunakan untuk membeli aksesoris mobil yang bisa menunjang keperluan sehari-hari atau malah memodifikasi mobil agar tampil beda dari mobil sejenis.

Padahal adanya asuransi mobil akan membuat kita merasa tenang saat kita memiliki masalah dengan kendaraan roda empat tersebut. Manfaat asuransi mobil yang utama tentu sebagai bentuk proteksi pada mobil dari kerusakan akibat benturan, kecelakaan, atau bahkan bencana alam. Namun selain itu kita juga bisa menikmati beragam fasilitas tambahan yang disediakan oleh penyedia asuransi mobil tersebut.

Di Indonesia sendiri kini ada cukup banyak perusahaan yang menyediakan beragam skema asuransi mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Secara umum, asuransi kendaraan sendiri terbagi menjadi dua jenis,

Total Loss Only (TLO)

Asuransi jenis ini akan memberikan jaminan perlindungan ketika terjadi kerusakan atau malah hilang akibat tindak kejahatan. Sesuai dengan namanya, pengajuan klaim hanya akan diterima bila kerugian yang dialami bernilai besar. Nilai minimum kerusakan umumnya sebesar 75% dari harga total kendaraan sebelum terjadi kerusakan atau kehilangan.

All-Risk

Asuransi jenis ini akan memberikan perlindungan penuh ketika mobil mengalami kerusakan, baik kecil maupun besar. Selain itu asuransi jenis ini juga bisa memberi perlindungan saat mobil hilang dengan beberapa syarat tertentu.

Karena perlindungan diberikan untuk setiap kerusakan, umumnya asuransi jenis ini memiliki premi yang lebih besar dibanding asuransi kendaraan TLO.

Asuransi Mobil Terbaik

1. Sinar Mas

Pilihan asuransi mobil terbaik pertama yang patut kamu pertimbangkan adalah Asuransi Mobil Sinarmas. Sinar Mas menawarkan beberapa produk asuransi mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari gabungan all-risk dan Third Party Liability (TPL), TLO dan TPL, serta TPL saja. Asuransi gabungan dapat memberi perlindungan hingga mobil berumur 10 tahun, sementara asuransi TLO bisa memberikan jaminan perlindungan hingga mobil berusia 20 tahun.

Pada produk asuransi gabungan, kerugian yang ditanggung berupa kecelakaan, tindakan kriminal, kebakaran, bencana alam, serta kerusakan saat terjadi penarikan mobil ke bengkel.

Sedangkan asuransi TLO akan memberikan jaminan perlindungan berupa biaya perbaikan kendaraan, atau bahkan pergantian bila kerusakan yang terjadi sama atau lebih dari nilai kendaraan yang diasuransikan.

Dan untuk asuransi TPL, pihak Sinarmas menyediakan jaminan berupa tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang secara langsung dirugikan oleh kendaraan yang ditanggung asuransi. Jaminan yang ditanggung oleh polis ini mulai dari kerusakan harga benda, biaya pengobatan, hingga kematian.

2. Allianz Utama Indonesia

Rekomendasi asuransi mobil terbaik selanjutnya adalah Asuransi Mobil Allianz Utama Indonesia. Tidak hanya memberikan perlindungan pada kendaraan, Allianz Utama Indonesia juga menyediakan banyak fasilitas untuk pemilik polis seperti akomodasi taksi, bantuan darurat, dan masih banyak lagi.

Perusahaan yang sudah berpengalaman selama lebih dari tiga dekade ini menawarkan beragam produk asuransi mulai dari Allianz Mobilku Grand, Allianz Mobilku Eco, dan Allianz Mobilku Non Paket.

Pemilik asuransi Allianz Mobilku Grand akan mendapatkan jaminan perlindungan akibat kecelakaan, tindak kejahatan, kebakaran, serta bencana alam. Biaya pengganti akan diberikan jika nilai kerugian sama atau lebih besar dari 75% dari nilai kendaraan sebelum terjadi kerusakan.

Untuk asuransi Allianz Mobilku Eco, nasabah akan mendapatkan jaminan perlindungan terhadap kecelakaan, kerusakan yang menyebabkan mobil mogok, bencana alam, serta pengobatan cidera badan sebesar 10% dari limit santunan kecelakaan diri.

Sedangkan untuk asuransi Allianz Mobilku Non Paket, pemilik asuransi akan mendapatkan perlindungan dari kerugian yang ditimbulkan oleh kecelakaan, mogok, bencana alam, serta pencurian terhadap benda yang berada di dalam kendaraan dengan nilai maksimal Rp10 juta untuk setiap kendaraan.

3. Garda OTO

Asuransi kendaraan terbaik selanjutnya adalah Garda OTO yang merupakan anak perusahaandari Asuransi Astra Buana. Garda OTO menyediakan produk asuransi mobil yang bisa disesuaikan dengan jenis proteksi yang diinginkan mulai dari all-risk, TLO, atau TLP.

Dengan produk asuransi garda OTO, mobil kamu bisa terlindungi dari berbagai masalahmulai dari kecelakaan hingga huru-hara dan bencana alam. Tidak hanya itu, kamu pun akan mendapatkan banyak fitur tambahan seperti layanan perbaikan di bengkel Garda di seluruh Indonesia, layanan antar-jemput saat mobil kamu berada di bengkel, garansi bengkel 6 bulan, layanan darurat, hingga layanan call-center yang selalu siap 24 jam nonstop.

Untuk membeli asuransi mobil Garda OTO, kamu bisa mendaftar melalui aplikasi Garda Mobile Otocare, telepon ke Garda Akses yang sedia 24 jam, melalui website resmi Garda OTO, atau melalui Unit Layanan Strategis yang tersebar di banyak titik di seluruh wilayah Indonesia.

4. AXA Mandiri Mobil

AXA Mandiri Mobil adalah salah satu produk asuransi untuk kendaraan bermotor dari Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Sesuai dengan namanya, AXA Mandiri Mobil bisa digunakan untuk memberikan jaminanperlindungan terhadap mobil saja, baik untuk mobil pribadi maupun komersial milik perusahaan.

Asuransi mobil AXA Mandiri menawarkan dua tipe perlindungan, yaitu komprehensif (all-risk) dan Total Loss Only (TLO). Asuransi komprehensif akan memberikan perlindungan terhadap segala jenis kerusakan, baik kecil, sedang, maupun berat. Kendaraanakan mendapatkan perlindungan hingga usia maksimal kendaraan 10 tahun.

Sementara asuransi TLO akan memberikan jaminan kehilangan atau kerusakan senilai 75% dari harga mobil sebelumnya. Asuransi ini dapat memberikan perlindungan hingga usia maksimal kendaraan 15 tahun.

Untuk setiap asuransi, kamu akan mendapatkan benefit tambahan seperti akses ke jaringan bengkel rekanan yang tersebar luas di kota-kota besar di Indonesia, gratis derek, serta investasi perawatan yang dapat membantu merawat kerusakan kecil yang dapat meningkatkan harga kendaraan.

5. Adira Autocillin

Selanjutnya ada asuransi mobil dari Adira Dinamika yang bernama Autocillin Auto Insurance. Kamu bisa memilih jenis asuransi comprehensive atau Total Loss Only sesuai dengan bentuk perlindungan yang kamu inginkan.

Jika ingin mendapatkan perlindungan tambahan, Adira Autocillin juga memiliki produk comprehensive plus yang memberikan perluasan perlindungan pada kerusakan akibat bencana alam (angin topan, banjir, longsor, gempa bumi, dsb) serta memberi pertanggung jawaban atas kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.

Tidak hanya memberikan perlindungan terhadap kecelakaan dan kehilangan, Adira Autocillin juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memanjakan pemilik kendaaraan. Sebagai contoh, ada fitur emerfency roadside assistance yang siap membantu kamu di mana saja selama 24 jam saat ada masalah pada kendaraan. Selain itu proses klaim asuransi pun dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Autocillin Mobile Service.

6. KB Insurance Indonesia

KB (Kookmin Best) Insurance Indonesia merupakan rebranding dari PT LG Simas General Insurance setelah kepemilikan saham mayoritasnya berpindah tangan ke KB Kookmin Insurance Co. asal Korea Selatan.

KB Insurance Indonesia menyediakan dua jenis asuransi kendaraan bermotor, yaitu Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total (TLO), yang dapat melindungi mobil dari berbagai risiko kerusakan akibat banjir, gempa bumi, terorisme dan sabotase, serta kerusuhan dan huru-hara.

Selain mendapatkan jaminan perlindungan, KB Insurace juga memberikan banyak manfaat lain seperti layanan antar-jemput saat klaim di bengkel rekanan, jaminan kerusakan saat derek mobil, penggantian kendaraan lama dengan kendaraan baru dengan usia maksimal 6 bulan, serta layanan cepat yang sedia 24 jam nontsop setiap harinya.

7. ACA Otomate

ACA Otomate adalah produk asuransi kendaraan dari PT Asuransi Central Asia. Tidak hanya untuk kendaraan pribadi baru dan bekas, asuransi ini juga bisa digunakan untuk kendaraan komersil seperti minibus, truk, pickup, atau bus.

Asuransi mobil ACA memiliki tiga plan berbeda, yaitu Otomate dan Otomate Smart untuk asuransi kendaraan TLO dan Otomate Solitaire untuk asuransi all risk. Asuransi mobil Otomate dan Otomate Smart sendiri memiliki manfaat pertanggungan yang sama, namun Otomate Smart menawarkan uang pertanggungan atau jaminan yang lebih kecil.

Usia kendaraan maksimum yang dapat diasuransikan dengan jaminan Otomate dan Otomate Solitaire adalah 7 tahun, sementara usia maksimum kendaraan untuk Otomate Solitaire adalah 15 tahun.


Itu dia beberapa asuransi mobil terbaik yang bisa kamu gunakan untuk kendaraan pribadi kamu. Dengan adanya asuransi mobil, kendaraan roda empat kamu dapat terlindungi dari berbagai risiko. Kamu pun bisa mendapatkan beragam manfaat penting lain yang pastinya berguna saat kamu menghadapi kendala dengan mobilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *