aksesoris laptop yang penting dibawa saat liburan dan traveling
Gadget, Traveling

10+ Aksesoris Laptop yang Perlu Dibawa Saat Traveling

Ada beberapa aksesoris laptop yang perlu dibawa saat traveling. Jika kamu sering bepergian dengan membawa laptop, aksesoris-aksesoris ini akan membantu kamu agar lebih nyaman saat menggunakan laptop, baik di perjalanan atau setelah sampai di tempat tujuan.

Tergantung apa saja yang akan kamu lakukan di tempat tujuan dan seberapa lama kamu bepergian, beberapa aksesoris berikut ini bisa kamu pertimbangkan saat kamu akan melakukan perjalanan selanjutnya.

1. Ransel Laptop

Agar aman dan mudah dibawa kemana-mana, laptop umumnya dibawa dalam sebuah tas laptop sesuai dengan ukurannya. Namun jika kamu ingin membawa laptop saat bepergian, kamu juga bisa membawanya dengan backpack khusus yang dilengkapi dengan tempat khusus untuk menyimpan laptop.

Tidak hanya memudahkan kamu untuk membawa laptop, ransel ini juga memiliki fungsi lengkap yang akan membantu kamu menyimpan lebih banyak barang dan mengaturnya agar mudah ditemukan.

Selain itu ransel semacam ini juga memiliki desain yang tangguh dan dilengkapi dengan port USB atau jack microphone agar kamu bisa selalu terhubung dengan gadget yang kamu bawa tanpa perlu mengeluarkannya dari dalam tas.

2. Tempat Penyimpanan Data Portable

Membawa tempat penyimpanan data portable seperti memory card, flashdisk, atau external storage bisa jadi pilihan untuk mengamankan data-data yang ada pada sebuah laptop. Dengan begitu bila laptop hilang, kamu tidak akan kehilangan data penting yang kamu buat atau ambil selama perjalanan liburan. Untuk memastikan keamanan data tersebut, kamu juga bisa menyimpan tempat penyimpanan tersebut terpisah dari laptop.

3. Powerbank

Kehabisan daya jadi salah satu masalah saat kita bepergian ke tempat yang tidak memiliki outlet listrik. Jika kamu melakukan perjalanan jauh atau melakukan traveling outdoor sambil membawa laptop, ada beberapa powerbank yang bisa digunakan untuk memastikan laptop tetap bisa digunakan.

Beberapa tips memilih power bank untuk traveling yang harus diperhatikan antara lain:

  • Daya yang besar, terutama untuk laptop. Namun hati-hati saat membeli powerbank berkapasitas besar karena baterai cadangan seperti ini memiliki aturan ketat di berbagai bandara.
  • Output outlet, agar colokannya pas dengan konektor daya laptop kamu.
  • Brand, agar kamu bisa mendapatkan barang yang lebih terjamin kualitasnya.
  • Jumlah port, agar kamu bisa mengisi daya laptop dan smartphone sekaligus.

4. Wireless Mouse

Laptop sebenarnya sudah dilengkapi dengan touchpad agar kita bisa melakukan navigasi dengan mudah. Namun jujur saja track pad semacam ini tidak lebih nyaman dibanding dengan mouse biasa, apalagi jika laptop akan digunakan untuk bermain game di tempat penginapan kamu nanti.

Jadi jika kamu ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan, ada baiknya jika kamu juga menyiapkan wireless mouse khusus untuk traveling. Mouse semacam bisa digunakan tanpa kabel menggunakan koneksi bluetooth. Ukurannya pun lebih kecil sehingga tidak merepotkan saat dibawa kemana-mana.

5. Universal Adapter

Universal adapter atau colokan universal jadi aksesoris laptop penting jika kamu ingin bepergian ke luar negeri. Standar kelistrikan yang berbeda di negara lain artinya kamu akan menemukan colokan dengan bentuk yang berbeda pula. Makanya kamu butuh universal adapter agar kamu bisa menggunakan charger bawaan laptop kamu.

6. Kabel Pengaman Laptop

Kensington lock atau Targus security cable lock jadi aksesoris laptop lain yang penting jika kamu berada di ruang terbuka. Adanya pengaman laptop ini memastikan laptop kamu tidak dicuri dan diambil oleh orang lain saat kamu meletakannya di ruang publik.

7. Headphone/Earphone

Laptop sebenarnya sudah dilengkapi dengan speaker yang dapat digunakan saat menonton video dan mendengarkan audio. Namun hal ini tentu akan mengganggu orang lain bila digunakan di tempat umum. Agar kamu lebih puas mendengarkan audio dari laptop, kamu bisa membawa headphone atau earphone untuk kenyamanan kamu sendiri. Jika kamu sering mengedit konten kamu selama perjalanan, aksesoris laptop ini akan semakin penting dibawa saat traveling.

8. Speaker Bluetooth

Sebagai alternatif headphone, kamu juga bisa membawa speaker bluetooth agar kamu bisa lebih menikmati audio laptop. Aksesoris laptop ini akan sangat berguna jika kamu ingin mendengarkan lagu saat kamu bersantai di tempat istirahat. Dengan kualitas suara yang umumnya jauh lebih baik dibanding speaker bawaan laptop, kamu akan lebih nyaman saat mendengarkan audio dari laptop.

9. Anti Glare

Jika kamu akan sering menggunakan laptop di tempat terbuka saat traveling, kamu bisa melengkapi layar laptop dengan lapisan anti-glare. Adanya anti-glare akan membuat layar dapat dilihat dengan baik tanpa perlu menggunakan tingkat kecerahan yang sangat tinggi pada laptop kamu.

Meski begitu ada beberapa laptop yang sudah dilengkapi dengan anti-glare bawaan. Jadi kamu bisa memeriksanya terlebih dahulu sebelum membeli anti-glare untuk laptop.

10. Cable Case / Organizer

Heran tidak sih kenapa kabel yang diletakan di kantong atau tas seringkali menjadi berantakan saat akan digunakan? Coba bayangkan kalau kamu membawa banyak kabel saat traveling. Pasti pusing kan melihat semua gulungan kabel yang tidak beraturan di dalam ransel kita!

Untuk menjaga agar kabel laptop dan semua gadget yang kamu bawa tetap rapi, kamu bisa membeli casing atau tempat khusus untuk menaruh kabel tersebut. Dengan begitu kamu bisa menggulungnya dengan rapih dan mengaturnya agar tidak berantakan.

11. Alat Pembersih

Laptop yang sering digunakan di luar ruangan akan lebih rentan terhadap debu dan kotoran lainnya. Jika tidak rajin dibersihkan, laptop akan lebih cepat terlihat kusam hingga mempengaruhi performanya.

Untuk menjaga kebersihan laptop, kamu bisa membawa peralatan khusus untuk membersihkannya. Saat ini ada paket penjualan alat pembersih laptop yang umumnya terdiri dari kain microfiber, sikat halus, serta alat untuk meniup debu.


Jika kamu sering berurusan dengan laptop, tidak ada salahnya untuk membawa perangkat tersebut selama liburan. Agar pengalaman kamu tetap nyaman, kamu bisa membawa beberapa aksesoris laptop di atas saat traveling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *