7 Alat Pengaman agar Mobil Aman dari Maling

alat pengaman mobil anti maling

Kasus pencurian kendaraan bermotor cukup marak di Indonesia. Meskipun sudah dilengkapi dengan teknologi canggih, masih ada saja celah bagi pencuri untuk menjalankan aksinya. Untuk itulah penting bagi pemilik mobil untuk menambahkan alat pengaman agar mobil aman dari maling dan tidak mudah dicuri.

Untungnya saat ini ada cukup banyak alat pengaman yang bisa kita beli dengan mudah. Meski tidak 100% membuat mobil kita aman, penggunaan alat tambahan akan menekan risiko kehilangan mobil dengan cukup drastis.

Nah, buat kamu yang sedang mencari alat apa saja yang bisa dipakai agar mobil aman dari maling, berikut adalah beberapa pengaman yang bisa digunakan.

Alat Pengaman Mobil Anti Maling

1. Alarm Mobil

Hampir semua mobil keluaran terbaru sudah memiliki fitur alarm mobil. Dengan adanya alarm ini, mobil akan berbunyi dengan keras saat ada yang berusaha mendobrak masuk ke dalam mobil secara paksa.

Tidak hanya mengeluarkan bunyi kencang, mobil juga akan secara otomatis menyalakan lampu berkedip-kedip agar mudah dikenali saat sedang diganggu.

Maka dari itu, sebagai langkah pertama kita bisa memastikan alarm berfungsi dengan sempurna agar mobil selalu aman. Sebagai langkah tambahan, kita bisa menghubungkan alarm dengan speaker mobil agar mobil tetap bisa menyalak meski kabel klakson diputus oleh pencuri.

2. Kunci Setir

Kunci setir menjadi alat pengaman yang bisa ditambahkan agar mobil aman dari maling. Selain mudah digunakan, harganya pun relatif murah untuk sebuah alat pengaman.

Dengan adanya kunci setir, kemudi mobil tidak akan dapat digerakan dengan mudah dan selalu terkunci pada posisinya saat itu. Hal ini tentu akan menyulitkan pencuri yang hendak membawa kabur mobil kita karena mobil jadi tidak bisa dibelokkan.

3. Kunci Roda

kunci roda mobil agar mobil aman dari maling

Penggunaan kunci roda (theft lock) mungkin akan sedikit estrim jika digunakan di tempat umum. Namun penggunaan alat ini akan membuat pencuri berpikir dua kali untuk mengambil mobil kesayangan kita.

Kunci roda sendiri adalah alat yang dikaitkan pada velg mobil agar roda mobil tidak bisa berputar. Dengan material yang keras dan tebal, akan sulit untuk melepas dan memotong alat ini.

4. Pemutus Listrik

Mobil membutuhkan aliran listrik agar bisa dinyalakan untuk pertama kalinya. Jadi jika aliran listrik tesebut diputus, tentu tidak akan mudah untuk menyalakan mobil bukan?

Untuk melakukannya, kita bisa memasang saklar rahasia yang bisa memutus aliran listrik mobil dengan satu tombol saja. Dengan begitu pencuri akan kebingungan dan mungkin akan mengurungkan niatnya karena lamanya waktu yang diperlukan untuk menyalakan mobil.

5. Sekring

Sekring adalah bagian penting dalam sistem kelistrikan mobil. Untuk itu kita bisa memanfaatkan komponen ini untuk mengamankan mobil dari tindak kejahatan.

Metodenya sendiri tidak jauh berbeda dengan sistem pemutus listrik sebelumnya. Namun jika kamu menggunakan cara ini, pastikan kamu tidak kehilangan sekring agar kamu bisa menyalakan mobil dengan mudah.

6. Immobilizer

JIka kamu memiliki mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik, maka penggunaan immobilizer bisa jadi alat pengaman tambahan yang sempurna untuk mobil kamu.

Dengan adanya immobilizer, kita harus mencocokan kode kunci mobil dengan perangkat pada mobil. Jika kode yang dimasukan salah, maka mobil tidak akan bisa dibuka dan dihidupkan.

7. Sling Baja

Kamu mungkin pernah melihat tali pengaman baja ini di mobil-mobil berat dan mobil angkutan lainnya. Dengan material yang kuat, tali pengaman ini tidak akan mudah diputus dan menjadi alat pengaman yang tepat untuk kendaraan kita.

8. Chip Sensor

Alat pengaman berikutnya adalah chip yang mengandalkan sistem sensor. Jika sensor mendekteksi hal yang janggal, maka alarm akan berbunyi keras untuk memberitahu pemilik mobil.

Chip sensor sendiri terdiri dari berbagai jenis dan bisa dipasang di beberapa tempat berbeda di area mobil. Jadi pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan pemakaiannya.

9. GPS

alat pengaman mobil dengan sistem GPS untuk melacak lokasi mobil

Kamu mungkin sudah mengenal GPS (Global Positioning System) yang bisa memudahkan kamu untuk sampai ke tempat tujuan tertentu. Namun teknologi ini juga bisa membantu kita sebagai pengaman agar mobil aman dari maling.

Dengan memanfaatkan sistem satelit, kita bisa dengan mudah menemukan lokasi mobil dari mana saja. Jadi jika suatu saat kita kehilangan mobil, kita bisa menemukannya lagi dengan cepat.


Mobil adalah barang berharga yang bernilai mahal. Jadi selain memodifikasinya agar tampak lebih bagus, perhatikan juga sistem keamanannya agar mobil aman dari maling dan dapat terus kita miliki hingga waktu yang lama.

Salah satu cara mengamankan mobil adalah dengan menggunakan alat pengaman tambahan seperti alarm, kunci setir atau sensor chip. Dengan begitu pencuri akan berpikir dua kali sebelum menggasak mobil kita dan barang-barang berharga di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *