Aplikasi apotek Vmedis
Aplikasi

Mudahnya Mengelola Apotek dengan Aplikasi Vmedis

Mengelola apotek tentu bukan hal yang mudah. Banyaknya jenis barang yang dijual di apotek pastinya akan cukup merepotkan pemilik apotek, apalagi saat opname barang. Untungnya kecanggihan teknologi membuat hal tersebut menjadi mudah dengan adanya software atau aplikasi apotek.

Dengan adanya software apotek, baik yang berupa aplikasi atau berbasis web, pemilik apotek dapat mengelola bisnis tersebut dengan lebih mudah. Hanya melalui PC atau HP, pemilik apotek dapat mengetahui stok obat dengan cepat. Dengan begitu barang bisa dipesan sebelum kehabisan stok di gudang.

Tidak cuma itu, beberapa software apotek juga menawarkan fitur yang dapat membantu pemilik apotek untuk membuat laporan keuangan lengkap. Jadi serasa memiliki asisten pribadi yang mampu mengerjakan banyak hal bukan?

Nah, salah satu aplikasi apotek terbaik yang direkomendasikan adalah Vmedis. Dengan lebih dari 800 klien di seluruh provinsi di Indonesia, aplikasi ini patut dipertimbangkan pemilik apotek lainnya yang ingin mengelola usaha mereka secara digital.

Apa itu Vmedis?

Vmedis adalah aplikasi buatan PT. Virtual Medis Indonesia yang berbasis di Surabaya.

Vmedis sendiri menyediakan dua software yang bisa membantu pemilik apotek dan klinik dalam menjalankan usaha mereka. Sejauh ini, keduanya telah berhasil membantu 1600+ apotek dan klinik dari 34 provinsi di Indonesia.

Sekilas, aplikasi apotek Vmedis memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi kasir, POS, atau aplikasi manajemen gudang pada umumnya. Bedanya, aplikasi Vmedis sudah dirancang khusus untuk apotek sehingga pemilik usaha tersebut tidak perlu lagi melakukan kustomisasi dan bisa langsung menggunakannya.

Dengan beragam fitur di dalamnya, pemilk apotek bisa mendapatkan banyak manfaat mulai seperti beberapa contoh berikut ini.

Kelebihan Aplikasi Apotek Vmedis

1. Menghitung stok secara otomatis

Mengetahui jumlah stok barang adalah salah satu kunci dalam menajemen gudang. Dengan mengetahui stok barang yang ada, pemilik apotek dapat memprediksi kapan harus melakukan pemesanan ulang, serta mengetahui barang terlaris yang berhasil mereka jual.

Dengan software apotek Vmedis, pemilik usaha apotek dapat melihat setiap pergerakan stok keluar masuk barang-barang tersebut. Dengan begitu pemilik apotek dapat melihat stok barang dengan mudah, serta mengetahui adanya potensi kesalahan input dengan lebih cepat.

2. Stok opname tanpa tutup apotek

Melakukan opname untuk mengetahui sisa barang atau mencocokannya dengan catatan bukanlah hal yang mudah. Makanya tidak jarang opname akan sangat memakan waktu dan tenaga dan membuat usaha harus ditutup seharian.

Dengan aplikasi Vmedis, hal ini dapat dihindari. Opname akan berjalan lebih cepat dan mudah karena setiap catatan stok barang akan tersinkronisasi dengan alur penjualan. Dengan begitu pemilik apotek hanya perlu memeriksa fisik barang saja untuk memastikan tidak ada cacat berarti pada produk yang mereka jual.

3. Smart forcasting

Vmedis menyediakan lapotan grafik di mana pemilik apotek dapat melihat laporan pembelian obat, pembelian obat, serta obat terlaris.

Dengan data-data ini, pemilik apotek dapat mengetahui naik turunnya penjualan obat tertentu, serta mengetahui obat mana yang paling banyak menyumbangkan untung. Hal ini bisa menjadi evaluasi bagi apotek untuk mengembangkan bisnis mereka agar mendapatkan lebih banyak untung dan memotong potensi kerugian akibat obat yang tidak laku.

4. Buat laporan keuangan secara real time

Laporan keuangan yang tersusun rapi jadi salah satu elemen penting untuk usaha, tidak terkecuali apotek. Untungnya penguna aplikasi Vmedis tidak perlu repot dengan hal ini karena laporan keuangan dapat mereka pantau secara real time.

Tidak cuma melihat neraca keuangan harian saja, pengguna Vmedis pun bisa mendapatkan laporan pajak lho!

5. Memantau apotek langsung dari hp

Selain menyediakan software apotek berbasis web, Vmedis juga memiliki aplikasi yang dapat diinstal di smartphone apapun melalui Google Play Store atau App Store.

Data yang ada pada setiap perangkat pun sudah disinkronisasi. Dengan begitu pemilik apotek dapat memantau langsung kinerja apotek mereka dari mana saja dan kapan saja langsung dari hape mereka.

6. Jadi aplikasi kasir mobile

Aplikasi apotek Vmedis bisa jadi solusi bagi pengguna yang ingin menggunakan smartphone mereka sebagai alat untuk mencatat transaksi. Selain itu aplikasi tersebut juga bisa jadi solusi ketika pada listrik yang membuat komputer di apotek tidak bisa digunakan.

Dengan database yang sudah disinkronkan, data yang ada pada aplikasi smartphone akan tetap sama dengan perangkat lain yang digunakan pemilik apotek.

Tidak cuma itu, aplikasi Vmedis pun dapat dikoneksikan dengan mudah dengan printer bluetooth struk 58 mm. Jadi meski hanya dengan smartphone, kasir tetap bisa mencetak struk penjualan dengan mudah.

7. Go Digital

Aplikasi Vmedis juga akan sangat berguna bagi pemilik usaha apotek yang ingin go digital. Semua perlengkapan yang diperlukan untuk menjual obat secara online sudah tersedia di software ini, seperti fitur pembayaran dengan dompet digital, atau opsi pengiriman obat menggunakan jasa kurir.

Harga Vmedis

Dengan semua kelebihan yang disebutkan di atas, pemilik apotek bisa berlangganan Vmedis dengan biaya Rp700 ribu per bulannya.

Dengan biaya tersebut, pengguna dapat memakai aplikasi Vmedis di banyak perangkat (PC, Laptop, dan smartphone), mendapatkan support 24/7, serta garansi seumur hidup selama berlangganan.

Tidak cuma itu, pengguna pun bisa mendapatkan printer blutooth gratis agar tidak perlu lagi mencari printer yang cocok dengan aplikasi Vmedis.

Dengan biaya yang jauh lebih murah dibanding menggaji karyawan tambahan, aplikasi Vmedis jadi solusi yang lebih terjangkau bagi pemilik apotek yang ingin mengembangkan usaha mereka.

Bila ingin mencobanya terlebih dahulu, pemilik apotek bisa menghubungi Vmedis untuk mendapatkan demo gratis dulu lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published.