Aplikasi baca novel terbaik di Android dan iOS
Aplikasi

13 Aplikasi Baca Novel Terbaik di Android dan iOS

Aplikasi baca novel pastinya jadi salah satu aplikasi wajib buat kamu yang senang baca cerita. Tidak hanya bisa dipakai untuk membaca buku yang sudah kamu download, aplikasi tersebut juga menyediakan novel gratis yang bisa kamu tambahkan ke dalam koleksi buku-buku kamu. Genrenya pun sangat beragam mulai dari horor, romantis, petualangan, dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu yang senang membaca buku digital lewat smartphone, berikut adalah beberapa aplikasi baca novel yang bisa kamu gunakan gratis, baik secara online maupun offline.

Aplikasi Baca Novel Terbaik

1. Google Play Books

Aplikasi baca novel pertama yang bisa kamu coba adalah Google Play Books yang dikembangkan langsung oleh Google. Meski kebanyakan bukunya berbayar, ada cukup banyak buku gratis yang bisa kamu baca di aplikasi ini.

Dengan koleksi jutaan buku, dijamin kamu bisa menemukan novel dengan beragam genre yang kamu sukai. Bila kamu ingin membeli buku yang kamu suka, prosesnya pun cukup mudah dan pembayaran bisa dilakukan menggunakan berbagai cara pembayaran online seperti virtual wallet atau bahkan pulsa dari beberapa operator tertentu.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan secara online. Jadi kalau kamu tidak memiliki koneksi internet yang baik mungkin akan kesulitan dengan aplikasi baca novel ini.

2. Wattpad

Wattpad jadi salah satu platform paling populer bagi mereka yang gemar membaca cerita-cerita yang seru dan menarik. Meski kebanyakan ceritanya ditulis oleh orang biasa, di Wattpad sering kali bermunculan penulis potensial yang ceritanya akhirnya bisa diangkat dalam bentuk buku, bahkan dibuat versi filmnya.

Untuk memudahkan kamu untuk menggunakannya, Wattpad memiliki aplikasi yang bisa kamu download di Android dan iOS. Di aplikasi tersebut, kamu bisa menikmati beragam novel gratis mulai dari genre science fiction, misteri, action, horror, thriller, percintaan, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa mengunduh novel yang kamu sukai agar bisa dibaca secara offline.

Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, kamu pun bisa menemukan cerita dalam berbagai bahasa lainnya di aplikasi baca novel gratis ini. Dan jika kamu punya bakat menulis, Wattpad juga menyediakan platform agar kamu bisa mem-publish cerita kamu sendiri.

3. NovelToon

Aplikasi baca novel gratis yang patut kamu coba berikutnya adalah NovelToon. Di sini kamu bisa membaca banyak novel Indonesia terbaik dengan beragam tema mulai dari yang populer hingga yang anti mainstream seperti pernikahan, CEO, reinkarnasi, time travel, hingga dunia game.

Tidak hanya bisa dipakai untuk membaca novel gratis, kamu pun bisa bergabung dengan komunitas webnovel dan saling berdiskusi mengenai cerita dan pengarang favoritmu. Kamu pun bisa mendownload novel favoritmu agar bisa dibaca secara offline di mana saja.

Dan jika kamu ingi berkonstribusi, NovelToon juga menyediakan fitur agar kamu bisa menerbitkan cerita kamu sendiri. Kamu pun berkesempatan untuk mendapatkan imbalan serta tawaran untuk mengadaptasi cerita kamu dalam bentuk komik.

4. Storial.co

Storial.co adalah aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk membaca novel bahasa Indonesia secara gratis. Dengan lebih dari 40 genre berbeda, kamu bisa menikmati novel fantasi, komedi, adult romance, sampai kumpulan puisi.

Satu hal yang menarik, di aplikasi ini kamu bisa berinteraksi langsung dengan penulis cerita favoritmu. Kamu pun bisa langsung membagikan kalimat yang kamu senangi langsung ke sosial media. Dan yang membuatnya beda dengan aplikasi baca novel terbaik lainnya adalah fitur AudioStory di mana kamu bisa mendengarkan cerita dalam bentuk audio.

Buat kamu yang punya cerita untuk dibagikan, Storial.co juga menyediakan platform untuk kreator di mana kamu bisa dibayar dan mendapatkan royalti lewat cerita premium yang kamu buat. Kamu pun bisa mengikuti kompetisi menulis yang diadakan secara rutin dengan hadiah jutaan rupiah.

5. WebNovel

WebNovel adalah aplikasi baca novel yagn sangat populer dengan rating rata-rata yang baik dan jumlah instalasi aktif di atas 10 juta. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah jumlah novelnya yang beragam dan terus diupdate setiap hari. Selain itu kamu juga bisa menemukan banyak konten ekslusif dari pengarang-pengarang terkenal.

Tidak cuma itu, aplikasi ini pun memiliki komunitas pembaca yang sangat aktif sehingga pecinta novel dapat saling berkumpul dan saling bertukar pikiran. Kamu pun bisa ikut berkontribusi dengan merilis cerita kamu sendiri melalui platform ini.

Meski kebanyakan bab-bab awal bisa kamu baca secara gratis, untuk membaca sisanya kamu harus memiliki koin terlebih dahulu. Koin ini bisa kamu dapat dengan membelinya menggunakan pulsa, atau dengan mengajak orang lain menggunakan kode referal kamu.

6. GoodNovel

Aplikasi baca novel terbaik lain yang tidak kalah populer adalah GoodNovel. Di sini kamu bisa menemukan beragam koleksi buku bacaan terbaru dan terupdate dari puluhan genre yang bisa kamu pilih secara bebas. Mereka bahkan merekrut tim penulis papan atas agar terus bisa menyediakan bacaan menarik dan berkualitas untuk kamu.

Sayangnya di aplikasi ini tidak semua cerita bisa kamu nikmati secara gratis. Untukmenjaga kualitas konten, Good Novel mngharuskan kamu untuk memiliki koin bila ingin membuka bab baru di cerita yang kamu ikuti. Koin tersebut bisa kamu dapat melalui bonus yang kamu dapat saat check in setiap harinya, atau dengan membelinya langsung melalui aplikasi.

7. Innovel

Innovel adalah aplikasi baca novel terbaik buatan Stary.ltd yang juga banyak membuat aplikasi keren lain seperti Ringdom, Dreame, dan DicFun. Dibandingkan aplikasi lain yang mereka buat, Innovel fokus pada bacaan fiksi berbahasa Indonesia.

Kamu yang menyukai novel-novel romantis atau suka dengan bacaan seputar pernikahan, kehamilan, CEO, kerajaan, dan miliarder, pasti akan menyukai aplikasi Innovel ini. Pihak Innovel pun selalu melakukan update setiap hari agar kamu bisa selalu menemukan bacaan seru, baik offline maupun online.

Tidak hanya menyediakan bacaan menarik, aplikasi ini juga memiliki fitur semacam forum yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan pengguna lain dan saling berdiskusi mengenai fitur dan bacaan yang ada di Innovel. Bila kamu tertarik, kamu bisa download Innovel melalui Google Play Store dan Apple App Store.

8. Globook

Aplikasi baca novel lain yang juga dibuat oleh pihak Stary.ltd adalah Globook. Globook sendiri merupakan rebranding dari aplikasi Pahina yang sebelumnya populer.

Dibandingkan dengan Innovel, Globook memiliki cukup banyak perbedaan.

Tidak seperti Innovel yang butuh koin untuk membuka bab yang ingin kamu baca, Globook benar-benar bisa dinikmati secara gratis meski kamu akan melihat banyak tampilan iklan sebagai gantinya.

Selain itu novel yang ada di aplikasi ini pun lebih beragam dan memiliki pilihan bahasa yang jauh lebih banyak, dan tidak terbatas pada pengguna dari Indonesia saja.

9. GoNovel

GoNovel adalah aplikasi baca novel yang bisa menjadi hiburan kamu di kala senggang. Di aplikasi ini kamu bisa mendapatkan banyak bacaan menarik serta novel dan buku online populer lainnya.

Tidak seperti aplikasi lain yang mengharuskan kamu untuk membeli koin untuk membaca bab yang kamu suka, di sini semua cerita dapat kamu nikmati secara gratis tanpa perlu keluar uang sepeser pun atau mengundang teman terlebih dahulu.

Dan jika kamu memiliki cerita menarik untuk dibagikan, GoNovel menyediakan tim editor profesional yang dapat membantu dan memandu kamu untuk menghasilkan karya yang lebih baik dan lebih memanjakan pembacamu.

10. Inkitt

Inkitt jadi aplikasi baca novel terbaik selanjutnya untuk kamu yang senang membaca buku fiksi di smartphone atau tablet. Di aplikasi ini kamu bisa menemukan banyak buku dari beragam genre seperti fantasi, Sci-fi, romantis, petualangan, horor, thriller, misteri, dan banyak buku dari kategori young adult.

Semua cerita yang dipublikasikan di aplikasi ini merupakan cerita yang banyak dipilih oleh pembaca lain di Inkitt. Makanya kamu bisa dengan mudah menemukan bacaan menarik melalui rekomendasi yang disediakan aplikasi ini.

Buku yang menarik buat kamu bisa diunduh agar kamu bisa menikmatinya secara offline. Enaknya lagi, semua bacaan di aplikasi ini bisa kamu nikmati gratis, meski kebanyakan berbahasa Inggris.

11. KBM App

KBM adalah platform khusus yang bisa kamu gunakan untuk menyalurkan ekspresi dan cerita kamu dalam bentuk tulisan. Makanya di sini kamu juga bisa membaca beragam cerita yang sesuai dengan genre yang kamu suka.

Tidak hanya bisa baca novel seru, kamu pun bisa berkomunikasi langsung dengan penulis best seller dan mendapatkan hidden gem yang tidak kamu temui di aplikasi lain.

Dan jika kamu hobi menulis, KBM App menjadi aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan banyak manfaat seperti royalti dari menjual ebook, mencetak buku hardcopy, dan masih banyak lagi.

12. Gramedia Digital

Gramedia pastinya sudah kamu kenal lama sebagai salah satu penyedia buku, koran, atau majalah terbaik di Indonesia. Untuk memudahkan kamu memilih bacaan menarik, Gramedia kini bisa diakses melalui Gramedia Digital.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa membaca koran dan majalah terlengkap dari edisi berapapun. Pilihan buku bacaan yang bisa kamu pilih pun sangat beragam mulai dari non-fiksi, biografi, buku mengenai produktivitas, serta novel dengan beragam genre.

Novel yang bisa kamu baca di aplikasi ini pun sudah dijamin kualitasnya karena sudah melalui proses editorial yang ketat. Meski begitu buku novel yang ada harus dibeli terlebih dahulu sebelum kamu bisa membacanya.

Untuk memudahkan kamu melahap semua bacaan yang ada, Gramedia Digital menyediakan skema pembayaran dalam bentuk paket sehingga kamu bisa membaca banyak buku sekaligus hanya dengan satu kali pembayaran saja. Jika masih ragu, Gramedia Digital juga menyediakan akses gratis selama 7 hari bila kamu ingin mencobanya terlebih dahulu.

13. Amazon Kindle

Kindle adalah perangkat terbaik bila kamu senang membaca buku digital (ebook). Tidak hanya menyediakan perangkat berlayar lebar yang khusus dibuat sebagai ebook reader, di dalamnya juga terdapat banyak fitur yang pastinya dapat membantu kamu memenuhi hobi membaca.

Jika kamu memiliki perangkat ini, aplikasi baca novel terbaik yang bisa kamu miliki adalah Amazon Kindle. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa terhubung dengan situs jual beli Amazon dengan mudah dan menelusuri ratusan ribu judul buku yang ada dalam koleksinya.

Satu hal yang mungkin tidak banyak diketahui, ada beberapa buku pada Amazon Kindle yang bisa kamu nikmati secara gratis. Meski begitu kebanyakan berupa novel klasik yang sempat populer pada masanya. Dan selain buku, kamu pun bisa menemukan koleksi lain seperti majalah, komik, atau audiobooks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *