aplikasi chatting yang populer di indonesia
Aplikasi

7 Aplikasi Chatting yang Populer di Indonesia, Bukan Cuma WhatsApp

Bicara aplikasi chatting yang populer di Indonesia rasanya tidak bakal jauh dari WhatsApp. Selain gratis, aplikasi ini juga mudah digunakan dan memiliki banyak fitur keren yang tidak ada pada aplikasi pesan dan telepon bawaan hape.

Saking populernya, WhatsApp rasanya menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus ada di hp.

Selain WhatsApp, sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi chatting lain yang juga tidak kalah menarik. Tidak hanya bisa berkirim pesan chat, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengirim file, membuat grup, melakukan panggilan telepon, atau video call.

Meski begitu, tidak semua aplikasi chat tersebut populer dan banyak digunakan di Indonesia.

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja aplikasi chatting terbaik yang bisa jadi alternatif WhatsApp, simak dafarnya berikut ini yuk

Aplikasi Chatting Terbaik yang Populer di Indonesia

1. WhatsApp

Aplikasi WhatsApp ini rasanya tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Tidak hanya populer di Indonesia, aplikasi pesan ini juga jadi aplikasi chatting terbaik di dunia.

Salah satu faktor yang membuat aplikasi ini begitu populer adalah kemudahannya. Untuk menambah kontak baru, kita hanya perlu mengetahui nomor orang lain saja. Selain itu WhatsApp juga dilengkapi dengan beragam fitur mulai dari panggilan telepon, video call, conference, mengirimkan file, serta membuat grup.

Satu hal lagi, aplikasi ini digunakan oleh jutaan orang di Indonesia. Jadi kamu tidak akan kesulitan untuk mencari orang yang menggunakan aplikasi yang sama.

2. Telegram

aplikasi chatting terbaik telegram

Telegram adalah aplikasi chatting selain WhatsApp yang juga sangat populer di Indonesia. Fitur yang ada di dalamnya tidak jauh berbeda seperti panggilan telepon, video call, atau mengirim attachment berupa pdf, audio, video, dan masih banyak lagi. Namun untuk saling terhubung, kamu harus mengetahui nomor ID orang lain terlebih dahulu.

Satu hal yang menjadi poin plus aplikasi ini adalah masalah keamanannya. Telegram mengklaim kalau aplikasi mereka menjadi aplikasi teraman dan sulit untuk diretas sehingga percakapan kamu akan aman.

Selain itu fitur lain yang cukup menarik adalah grup. Beda dengan WA yang jumlahnya terbatas, di Telegram kamu bisa membuat grup dengan jumlah anggota yang tidak terbatas.

3. Signal

Signal mendadak menjadi salah satu aplikasi pesan yang populer karena kebijakan baru WhatsApp yang mengharuskan data dari aplikasi tersebut untuk dikirim ke Facebook. Padahal selama ini Facebook dikenal rentan diretas dan membuat data yang tersimpan di dalamnya menjad tidak aman.

Signal sendiri merupakan aplikasi buatan salah satu mantan co-founder WhatsApp yang sering mengkritisi kebijakan privasi WA. Meski kini masih dalam tahap pengembangan, fitur-fitur yang ada tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lainnya dan memang patut dipertimbangkan sebagai alternatif WhatsApp.

4. LINE

Buat kamu yang senang chattingan dan menambahkan stiker serta emoji lucu, kamu harus coba LINE. Tidak cuma itu, kamu juga bisa memakai berbagai efek dan filter bawaan aplikasi ini supaya percakapanmu makin seru dan menyenangkan.

Tidak cuma chat menggunakan teks saja, di LINE kamu juga bisa melakukan panggilan telepon dan ngobrol dengan 200 teman di grup secara berbarengan. Selain itu kamu juga bisa mengirimkan pesan video dan audio pada temanmu yang sama-sama menggunakan LINE.

5. Skype

Skype adalah aplikasi milik Google yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau pengguna skype lainnya. Tidak hanya untuk hape Andrdoid saja, kamu juga bisa menggunakan Skype di iPhone, Mac, Windows, dan perangkat lain yang bisa mengakses browser.

Satu fitur yang menjadi unggulan Skype adalah fitur panggilan video yang diklaim lebih baik dan stabil dibanding aplikasi chatting lainnya. Melalui aplikasi ini, kamu bahkan bisa meeting online dengan 50 orang berbeda lho!

6. KakaoTalk

aplikasi chat orang korea kakaotalk

Buat yang sering nonton video kpop atau drama Korea pasti tidak asing lagi dengan aplikasi pesan yang satu ini. Wajar, karena KakaoTalk jadi aplikasi chat yang banyak digunakan orang Korea.

Sebagai buktinya, kamu bisa login ke beberapa game asal Korea dengan menggunakan akun ini. Selain itu kamu juga bisa follow idol kesayangannmu yang ada di platform ini.

Dan jangan khawatir kamu tidak bisa menggunakannya di Indonesia karena layanan ini bisa diakses siapa saja di seluruh dunia. Makanya kalau kamu sedang liburan ke negara tersebut, KakaoTalk jadi aplikasi untuk traveling ke Korea yang harus kamu punya.

5. WeChat

WeChat mungkin tidak sepopuler aplikasi chatting lain sebelumnya di daftar ini. Namun di Cina, WeChat adalah aplikasi chatting populer yang terintegrasi dengan banyak layanan yang mereka gunakan sehari-hari.

Fitur-fiturnya sendiri tidak jauh berbeda dengan WhatsApp. Di sini kamu bisa mengirim pesan, melakukan panggilan suara, hingga melakukan conference call dengan 9 peserta lainnya. Kamu bahkan bisa membuat semacam story dan mempostingnya agar semua orang bisa melihatnya.

6. SnapChat

Di Indonesia, SnapChat mungkin tidak memiliki tingkat ketenaran seperti Amerika Serikat. Padahal aplikasi ini suda diunduh lebih dari satu miliar kali melalui Google Play Store.

Seperti aplikasi media sosial lain yang juga bisa digunakan untuk chattingan, Snapchat juga bisa digunakan untuk saling berkomunikasi dengan sesama pengguna Snapchat lainnya.

Fitur chat yang ada pada Snapchat tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting pada umumnya. Selain saling bertukar pesam, kamu juga bisa membuat panggilan video dengan 16 teman sekaligus. Selain itu kamu juga bisa menambahkan filter pada sesi video call agar panggilan video kamu semakin menarik.

7. Facebook Messenger

Kita mengenal Facebook sebagai aplikasi sosial media. Namun di dalamnya, kamu bisa juga menemukan aplikasi pesan Facebook Messenger. Dengan jumlah pengguna yang banyak, kamu tidak akan sulit untuk mencari orang lain yang memakai aplikasi ini.

Meski awalnya hanya bisa digunakan di dalam Facebook, kini Facebook Messenger juga bisa digunakan sendiri. Untuk menggunakannya kita hanya perlu akun Facebook saja.

Selain mengirim teks, kamu juga bisa menambahkan stiker atau emoji agar obrolanmu makin seru. Tidak cuma itu, kamu juga bisa mengirim file seperti gambar, audio, video, dan masih banyak lagi.

8. Tinder

aplikasi chat untuk jomblo tinder

Terakhir ada Tinder yang bisa jadi aplikasi chat untuk jomblo yang sedang mencari teman atau bahkan calon pacar. Di sini kamu bisa memillih untuk berteman dengan siapa saja cukup dengan swipe kanan atau kiri saja.

Jika kamu cocok/match, maka kamu bisa memulai obrolan dengan orang lain. Jadi jangan khawatir kamu akan mendapatkan pesan dari orang yang tidak kamu sukai.


Bagaimana, ada banyak kan aplikasi chat yang populer di Indonesia? Untuk keperluan komunikasi biasa, WhatsApp masih jadi rajanya aplikasi pesan karena yang pakai juga sangatlah banyak. Namun jika kamu mencari alternatif, Telegram atau LINE punya fitur yang tidak kalah keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *