Aplikasi cuaca gratis Android untuk traveling
Aplikasi, Traveling

9 Aplikasi Cuaca Terbaik untuk Traveling

Ada banyak hal yang dapat mengganggu traveling kamu, salah satunya adalah cuaca yang tidak terduga di tempat tujuan. Untungnya ada banyak aplikasi cuaca terbaik yang bisa kita pasang di hape Android maupun iPhone.

Dengan aplikasi prakiraan cuaca, kita bisa mengatur jadwal perjalanan dengan mudah dan mengantisipasi keadaan di destinasi wisata yang kita tuju. Kita bahkan bisa mengatahui kapan waktu terbaik untuk mengunjungi sebuah tempat.

Nah, buat kamu yang sedang berencana untuk jalan-jalan ke berbagai kota di Indonesia atau ke luar negeri, berikut adalah beberapa aplikasi cuaca terbaik dan gratis yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi Ramalan Cuaca Gratis

1. Weather Bug

Weather Bug, aplikasi cuaca terbaik di Android

Ingin aplikasi cuaca yang lengkap dan akurat? coba deh download Weather Bug. Meski bagi sebagian orang info di aplikasi ini cukup berlebihan, Weather Bug memiliki kinerja yang baik pada setiap informasi yang mereka tampilkan.

Pada aplikasi in kamu bisa menemukan beragam fitur dasar seperti cuaca saat ini, perkiraan cuaca untuk beberapa hari ke depan, tekanan barometrik, potensi petir, dan lainnya. menariknya, kamu juga bisa menemukan info mengenai heat level dan pollen level untuk negara-negara tertentu.

Notifikasi yang diberikan aplikasi ini pun sangat baik. Dengan begitu kamu bisa mengetahui semua peringatan cuaca tanpa perlu mengakses aplikasi ini. Bila perlu, kamu juga bisa lho melacak dua tempat sekaligus. Sangat berguna bila kamu perlu mengetahui kondisi cuaca di rumah dan di tempat tujuan kamu berikutnya.

2. Weather Channel

Weather Channel, aplikasi cuaca luar negeri terbaik

Jika kamu ingin aplikasi cuaca yang memiliki tampilan antarmuka yang lebih sederhana, The Weather Channel adalah aplikasi yang cocok.

Pada dasbor kamu bisa melihat informasi lengkap mengenai cuaca di lokasi yang tercatat di GPS kamu. Selain suhu dan tingkat kelembaban, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap seperti jumlah curah hujan hanya dengan satu ketukan.

Dibanding aplikasi lain, The Weather Channel memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan akan terus mengupdate info cuaca setiap beberapa menit sekali. Dan jika kamu pergi ke tempat yang sering dilanda cuaca ekstrim, aplikasi ini cocok untuk digunakan karena dapat memberi kamu info mengenai badai, angin topan, dan badai salju.

3. AccuWeather

accuweather, aplikasi cuaca terbaik di Android

Aplikasi prakiraan cuaca terbaik lain yang tidak kalah populer adalah AccuWeather. Di sini kamu bisa mendapatkan info cuaca lengkap yang disajikan dalam format yang jelas dan sederhana.

Prakiraan cuaca per jam ditampilkan dengan menarik dalam format grafik dan teks, sedangkan ramalan cuaca hariannya bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ada cuaca ekstrim yang berpotensi menggangu liburan kamu.

Satu hal menarik dari aplikasi ini adalah fitur unik bernama AccuWeather MinuteCast. Fitur ini menyajikan ringkasan mengenai jenis dan intensitas presipitasi, serta awal dan akhir waktu presipitasi selama 120 menit ke depan. Sayangnya fitur ini masih baru bisa dipakai di beberapa negara maju meski ada rencana untuk memperbanyak lokasinya.

4. 1Weather

1weather, aplikasi cuaca lengkap dan akurat

1Weather adalah aplikasi cuaca akurat yang tersedia untuk hp Android dan iPhone. Melalui tampilan dasbor yang sederhana, kamu bisa melihat prakiraan terkini, harian, dan mingguan untuk lokasi kamu saat ini, atau di berbagai lokasi di belahan dunia manapun.

Informasi yang ada disajikan dengan jelas, dan kamu dapat melihat perkiraan tertinggi, terendah, dan umum untuk minggu depan secara sekilas. Rincian untuk hari ini termasuk kecepatan angin, kelembaban, kemungkinan hujan pada jam berikutnya, dan banyak lagi.

Untuk mempermudah akses ke aplikasi ini, kamu bisa menggunakan widget yang bisa diatur dengan fleksibel. Selain menampilkan data yang akurat, aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis dan bekerja dengan baik di seluruh dunia.

5. Yahoo Weather

Yahoo Weather, aplikasi cuaca gratis untuk semua lokasi di seluruh dunia

Sekilas Yahoo nampaknya tidak berhubungan dengan cuaca, dan kita akan lebih mengingatnya sebagai salah satu mesin pencari paling populer sebelum era Google. Nyatanya, Yahoo juga memiliki aplikasi Yahoo Weather yang cukup baik dalam memprediksi cuaca di lokasi manapun di dunia.

Jika kamu membuka aplikasi ini, satu hal yang mungkin akan jadi pusat perhatian adalah tampilannya yang sederhana dengan foto menarik sebagai latar belakangnya. Setelah itu kamu bisa melihat suhu dan prakiraan cuaca di bagian kiri bawah.

Saat di-scroll ke bawah, kamu bisa melihat lebih banyak info detail seperti prakiraan cuaca per jam, atau 10 hari ke depan, peta regional, prediksi angin dan hujan, serta waktu matahari terbit dan terbenam. Jika kamu geser ke kanan atau kiri, kamu bisa melihat lokasi lainserta rangkaian widget yang sama menariknya dan fungsional.

6. Weather Underground

Weather Underground, aplikasi cuaca gratis android

Aplikasi cuaca gratis lain yang bisa kamu gunakan untuk merencanakan traveling adalah Weather Underground. Cikal bakal aplikasi ini sudah ada sejak tahun 1995 dimana mereka masih menggunakan internet untuk menyiarkan siaran cuaca lokal di situs wunderground.com.

Selain menyediakan radar interaktif dan menu ramalan cuaca lainnya, Weather Underground juga memiliki fitur prakiraan cuaca hiperĀ­lokal yang diklaim paling akurat di dunia. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari komunitas penggemar cuaca dari lokasi mereka masing-masing.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juugua menyediakan pet kesehatan yang dapat memantau kualitas udara, bahaya sinar UV, serta wabah flu lokal yang sedang menyebar di lokasi tertentu. Hal ini tentu berguna bagi para traveler agar bisa lebih mempersiapkan diri saat akan bepergian.

7. Info BMKG

Info BMKG, aplikasi cuaca aling akurat untuk wilayah Indonesia

Jika kamu hanya berencana untuk bepergian di dalam negeri saja, maka Info BMKG jadi salah satu aplikasi cuaca akurat untuk wilayah Indonesia. Sama seperti aplikasi lain, Info BMKG juga menyediakan laporan cuaca lengkap, hingga beberapa hari ke depan. Selain itu mereka juga menyajikan info iklim seperti Hari Tanpa Hujan, serta Analisis dan Prakiraan Hujan Bulanan.

Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan informasi menarik lainnya seperti Cuaca Maritim di Perairan Indonesia yang cocok untuk kamu yang ingin memancing atau bepergian melalui jalur laut. Selain itu ada pula rangkuman Siaran Pers BMKG, info gempa bumi, serta info kebakaran hutan dan lahan dan hotspot (titik panas) yang ditimbulkannya.

8. Nautide

Nautilde, aplikasi cuaca untuk memancing dan melalut

Nautide adalah aplikasi cuaca yang cocok untuk kamu yang tinggal atau sering beraktivitas di laut dan pesisir pantai. Dengan lebih dari 10 ribu stasiun pesisir di seluruh dunia, kamu bisa mendapatkan data yang lebih akurat saat akan pergi melaut, memancing, scuba diving, berselancar, atau sekedar menikmati pemandangan pantai yang indah.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi cuaca lainnya, di Nautide kamu bisa menemukan info seputar laut seperti tabel pasang surut harian, fase matahari dan bulan, aktivitas ikan, hingga tinggi, arah, dan frekuensi ombak per jam.

9. Wisuki

Wisuki, aplikasi cuaca air laut yang akurat

Aplikasi lain yang juga sama-sama bisa dipakai untuk memonitor cuaca air laut adalah Wisuki. Melalui aplikasi ini kita bisa memantau arah dan kecepatan angin, ketinggian ombak dan air laut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya sebagai aplikasi cuaca, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas untuk saling bertukar informasi, belajar lebih lanjut mengenai cuaca dan cara membuat prakiraan cuaca, serta sebagai jejaring sosial media.


Itulah beberapa aplikasi cuaca terbaik untuk traveling yang bisa kamu pasang di hape Android (dan iOS). Dengan adanya aplikasi tersebut, kamu bisa merencakanan liburan kamu dengan lebih matang dan memastikan perjalanan kamu tidak terhalang cuaca di tempat tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *