aplikasi ebook reader terbaik untuk android
Aplikasi, Produktivitas

9 Aplikasi Ebook Reader Terbaik untuk Android

Membaca buku menjadi salah satu hal produktif yang bisa dilakukan saat menunggu atau ketika kamu memiliki waktu luang. Membaca buku dapat memberikan kita pengetahuan baru atau sekedar menjadi hiburan dengan ceritanya yang menarik.

Sayang kadang ukuran buku bisa cukup tebal tergantung jenis buku yang kamu baca. Tentu akan sangat berat membawa buku tersebut ke mana-mana, belum lagi risiko hilang atau ketinggalan di tempat umum.

Untungnya kini banyak publisher buku yang juga menyediakan buku dalam format digital. Dengan begitu kita bisa membaca buku kesukaan kita hanya melalui smartphone. Pada aplikasi tersebut juga sudah terdapat banyak fitur seperti bookmark yang memudahkan kita untuk menandai halaman yang terakhir dibaca.

Nah, buat kamu yang juga senang membaca, berikut adalah beberapa aplikasi ebook reader terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

1. Adobe Acrobat Reader

Jika kamu memiliki buku digital dalam format PDF, maka Adobe Acrobat adalah salah satu aplikasi PDF terbaik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ni dapet digunakanuntuk membuka membaca, melakukan pencarian, memperbesar, hingga membuat anotasi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang diperlukan untuk keperluan bisnis meski berbayar. Namun jika kamu hanya ingin menggunakanya sebagai PDF reader saja tidak ada biaya yang harus dikeluarkan.

Download Adobe Acrobat Reader

2. Amazon Kindle

Amazon Kindle, aplikasi ebook reader dengan segudang buku premium

Amazon Kindle adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk membaca, membeli, dan mengunduh ribuan eBook gratis dari Amazon. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa bisa menyinkronkan eBook di berbagai perangkat dan platform, memodifikasi eBook, atau bahkan dapat membaca majalah dan buku teks dalam resolusi tinggi. Aplikasi ini gratis untuk digunakan tetapi membutuhkan akun amazon jika kamu ingin membeli ebook.

Download Amazon Kindle

3. Aldiko Book Reader

Aldiko, salah satu aplikasi ebook reader tertua dan terbaik

Aldiko adalah salah satu aplikasi eReader tertua yang tersedia untuk Android. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membaca buku digital dalam format EPUB, PDF, atau Adobe DRM encrypted eBooks. Kamu pun bisa mengunduh banyak buku-buku gratis yang berasal dari public libraries yang bebas royalti.

Aplikasi Aldiko Ebook Reader juga menyediakan beragam fitur menarik seperti impor dan ekspor, kustomisasi tampilan ebook, hingga mengatur tingkat kecerahan layar. Selain itu Aldiko juga bisa mengingat halaman terakhir yang kamu baca dan memiliki fitur agar kamu dapat mengelompokan buku dengan tag dan kategori.

Download Aldiko Book Reader

4. Google Play Books

Aplikasi Google Play Buku adalah aplikasi Ebook terbaik lain yang bisa kamu coba. Seperti bisa kamu tebak dari judulnya, Google menawarkan berbagai macam buku dari play store-nya di mana kamu dapat mengunduh ebook gratis untuk android atau membeli buku-buku premium. Jutaan buku dalam format EPUB tersedia di perpustakaan Google untuk kamu jelajahi dan unduh.

Di sisi fitur, aplikasi ini tidak kalah dibanding aplikasi ebook reader lainnya. Salahs atu fitur terbaiknya adalah sinkronisasi di mana kamu bisa membaca buku yang sama di semua perangkat dan melanjutkan membaca dari halaman yang sama.

Download Google Play Boooks

5. Lithium EPUB Reader

aplikasi ebook reader sederhana lithium

Lithium adalah aplikasi khusus yang digunakan untuk membaca ebook dalam format EPUB. Saat digunakan, aplikasi ini dapat mendeteksi ebook secara otomatis dan menampilkannya dalam aplikasi.

Pada versi gratisnya, kita bisa memberi highlights dan catatan serta memilih tema gelap untuk memudahkan membaca di malam hari. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga 100% gratis tanpa iklan yang mengganggu kamu saat membaca.

Download Lithium

6. Reasily EPUB Reader

reasily epub reader

Sama seperti Lithium, aplikasi ini juga khusus digunakan untuk membaca buku digital dalam format EPUB. Meski begitu aplikasi ini memiliki jauh lebih banyak fitur, bahkan dalam versi gratisnya.

Salah satu fitur unik dari aplikasi ebook reader ini adalah kemampuannya untuk membuka beberapa buku sekaligus. Setiap buku dapat diakses seolah-olah terbuka di aplikasi yang berbeda sehingga kamu bisa berpindah dari satu buku ke buku lainnya seperti kamu pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Download Reasily

7. FBReader

FBReader, aplikasi ebook reader simpel dan ringan untuk android

FBReader atau favorite Book Reader adalah aplikasi ebook yang sudah ada sejak lama dan cocok untuk kamu yang ingin aplikasi sederhana yang support berbagai jenis konten bacaan digital.

Selain EPUB, aplikasi ini juga support AZW3 atau MOBI, FB2, RTF, DOC, HTML, atau bahkan plain text. Selain itu kamu juga bisa membaca teks dalam format DJVU menggunakan plugin gratis.

Meski gratis, aplikasi ini hadir dengan beberapa fitur menarik seperti sinkronisasi via Google Drive atau fitur terjemah yang terhubung dengan beragam kamus online.

Download FBReader

8. Moon+ Reader

Moon+ reader, aplikasi ebook reader yang bisa digunakan untuk membaca komik

Moon+ Reader adalah pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin mencari aplikasi ebook reader dengan fitur yang lengkap. Melalui aplikasi ini kamu bisa membaca buku dengan beragam format. Selain itu kamu juga bisa membaca komik atau manga yang seringkali tersimpan dalam format kompresi CBZ, CBR, RAR, atau ZIP.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sangat modern dengananimasi scrolling dan 10 tema lebih yang bisa dipilih sesuai dengan pilihan kamu. Kamu pun bisa mensinkronkan bacaan melalui opsi Backup/Restore via Dropbox maupun WebDav.

Satu hal yang menarik, kamu bisa memodifikasi swipe dan click untuk mengaktifkan operasi tertentu seperti bookmark, melakukan pencarian, mengubah tema, membuka menu navigasi, mengubah ukuran font, dan masih banyak lagi.

Download Moon+ Reader

9. Eperpusdikbud

Eperpusdikbud, perpustakaan digital pemerintah yang dilengkapi ebook reader

Aplikasi ebook reader lain yang bisa kamu gunakan adalah Eperpusdikbud yang merupakan aplikasi resmi perpustakaan digital milik Kemendikbud RI.

EPerpusdikbud sendiri memiliki ribuan koleksi ebook yang dilengkapi dengan eReader agar kamu bisa membaca ebook secara nyaman. Di sini kamu bisa memilih kategori buku yang sesuai dan menemukan judul favorit yang kamu inginkan. Setelah menemukan buku yang menari, kamu bisa meminjam dan membacanya melalui smartphone secara cepat, dimana saja, kapan saja dan tanpa ada batasan.

Download Eperpusdikbud


Membaca bisa jadi salah satu cara kamu untuk bisa produktif di waktu senggang. Untungnya kita tidak perlu menenteng buku ke mana-mana untuk bisa melakukannya. Cukup dengan aplikasi ebook reader terbaik di atas, kamu bisa membaca buku di mana saja dan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *