aplikasi edit foto terbaik android untuk traveling
Aplikasi, Traveling

10+ Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android untuk Foto Traveling Kamu

Traveling rasanya belum lengkap tanpa mengambil foto untuk mengabadikan momennya. Sayang kadang hasil foto seringkali terlalu datar dan kurang memuaskan, terutama untuk diposting di sosial media. Padahal tidak jarang foto traveling diambil dalam jumlah atau waktu yang terbatas.

Untungnya kini ada banyak aplikasi edit foto yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan foto traveling. Tidak perlu laptop, kamu bahkan bisa melakukannya langsung di hape kamu. Foto hasil editan pun dapat langsung diposting saat itu juga.

Nah, jika kamu juga berencana untuk traveling dalam waktu dekat ini, berikut adalah beberapa aplikasi edit foto terbaik yang bisa kamu persiapkan dari sekarang.

1. Adobe Photoshop Express

Bicara masalah aplikasi edit foto pasti belum lengkap sebelum menyebut nama Adobe. Software Photoshop buatan Adobe memang terkenal sebagai salah satu tool paling powerful untuk mengedit dan memanipulasi gambar atau foto.

Selain membuat software untuk PC, Adobe juga menyediakan aplikasi edit foto untuk pengguna perangkat genggam. Meski fiturnya tidak selengkap versi desktop-nya, aplikasi Photoshop Express yang dibuat untuk hape tetap jadi salah satu yang terbaik untuk mengedit foto secara instan.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa menggunakan beragam fitur yang bisa membuat foto jalan-jalan kamu jadi tampak bagus. Mulai dari menghapus elemen yang tidak diinginkan, memperbaiki perspektif gambar, menghilangkan noise, membuat kolase foto, hingga mengurangi noda dan bintik-bintik dari foto selfie kamu.

Download Photoshop Express (Android) | Download Photoshop Express (iOS)

2. Adobe Lightroom

Aplikasi buatan Adobe lain yang juga bisa digunakan untuk membuat tampilan foto traveling kamu makin cantik adalah Adobe Lightroom. Namun beda dengan Photoshop yang bisa dipakai untuk memanipulasi foto, Lightroom lebih fokus pada koreksi warna dan pencahayaan.

aplikasi edit foto cantik adobe lightroom

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memanfaatkan banyak fitur di dalamnya untuk melakukan retouching foto untuk mendapatkan hasil akhir yang menakjubkan. Baiknya lagi, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengolah foto RAW langsung dari kamera DSLR atau mirrorless camera milikmu.

Download Adobe Lightroom (Android) | Download Adobe Lightroom (iOS)

3. VSCO

Bila kamu suka bermain filter dalam mengedit foto, maka VSCO bisa jadi aplikasi ayng tepat untukmu. Pada aplikasi ini terdapat beragam preset dan filter, serta beragam tools editing yang memungkinkan kamu memodifikasi gambar dengan cepat dan mudah.

VSCO adalah salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik yang sempurna untuk gambar fotografi produk maupun foto selfie karena kamu dapat memberikan berbagai ‘tampilan’ (vintage, sepia, warm, dll.) dengan mudah.

Fiturnya memang tidak selengkap aplikasi edit foto untuk desktop, tapi hasil yang didapat dijamin tidak kalah bagus. Selain cepat, aplikasi gratis ini juga sangat user-friendly. Dan tidak hanya bisa mengedit foto, VSCO juga bisa dipakai untuk mengedit video lho!

Download VSCO (Android) | Download VSCO (iOS)

4. Prisma Photo Editor

Prisma Photo Editor adalah aplikasi yang digunakan lebih dari 120 juta pengguna dan mendapatkan rating di atas 4.6, baik di Android maupun iOS. Jadi tentu tidak ada yang salah bila kamu menggunakan Prisma sebagai tools editing foto kamu bukan?

Satu hal yang membuat aplikasi ini populer adalah kombinasi filternya yang mencapai ratusan. Selain itu fitur-fitur dasarnya juga bekerja dengan sempurna jika kamu hanya ingin sedikit memperbaiki kualitas gambar yang kamu ambil.

Satu hal yang menarik, Prisma memilki komunitas yang kuat di mana kamu bisa saling berbagi foto hasil jepretan kamu. Kamu pun bisa saling sharing pengetahuan agar ilmu fotografi kamu meningkat.

Download Prisma (Android) | Download Prisma (iOS)

5. Foodie

Sesuai dengan namanya, editor foto ini dibuat khusus untuk food blogger atau kamu yang hobi wisata kulineran. Pada aplikasi ini terdapat lebih dari 30 filter agar kamu bisa menghasilkan foto makanan berkualitas yang bisa bikin ngiler orang lain. Menariknya, filter ini bisa kamu gunakan secara real-time untuk melihat langsung hasilnya.

Tidak cuma itu, Foodies juga memiliki fitur smart guide agar gambar yang kamu ambil bisa berada pada perspektif yang pas. Selain itu terdapat timer yang bisa membantu kamu mendapatkan foto selfie yang pas.

Download Foodie (Android) | Download Foodie (iOS)

6. Pixlr

Selanjutnya ada aplikasi editor foro Pixlr yang bisa digunakan secara gratis tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengedit foto dan gambar dengan 2 juga kombinasi efek, filter, dan overlay yang sudah disediakan. Cocok untuk kamu yang sedang mencari aplikasi edit foto kekinian ala selebgram.

buat foto kekinian ala selebgram dengan aplikasi edit foto Pixlr

Yang menarik, kamu bisa dengan mudah memperbaiki kualitas foto dan meningkatkan tone warna foto dengan tools auto fix dan overlay. Kamu pun bisa membuat foto selfie kamu lebih glowing dengan menghapus noda di wajah, memutihkan gigi, dan menghilangkan error di mata atau rona mata merah (red eye).

Download Pixlr (Android) | Download Pixlr (iOS)

7. SnapSeed

Jika kamu butuh aplikasi edit foto yang benar-benar free tanpa iklan, maka SnapSeed adalah jawabannya. Meski gratis, aplikasi yang dikembangkan Google ini memiliki banyak fitur mulai dari lens blur, tonal contrast, glamour glow, double exposure, hingga beragam bingkai menarik.

Masing-masing filter dapat digunakan menggunakan kuas filter selektif yang bisa memberikan kamu kontrol yang presisi dan halus untuk menghasilkan foto berkualitas. Dan jika kamu menggunakan kamera khusus, aplikasi ini juga bisa lho mengolah gambar RAW yang dijepret kameramu!

Download SnapSeed (Android) | Download SnapSeed (iOS)

8. InShot Photo Editor

InShot jadi salah satu developer yang banyak mengembangkan aplikasi multimedia, salah satunya InShot Photo Editor yang bisa digunakan untuk mengedit video secara offline dengan mudah. Beberapa fiturnya bahkan bisa digunakan untuk editing level advanced seperti melangsingkan bentuk tubuh hingga mengubah gaya rambut.

Selain fitur-fitur dasar seperti cropping, resizing, atau rotating, aplikasi ini juga memiliki beragam efek, filter, dan fitur keren lainnya. Kamu pun bisa membuat kolase foto hingga 18 gambar dengan 100+ grids dan latar belakang unik yang disediakan secara gratis. Selesai mengedit, kamu pun bisa langsung memposting karya kamu ke Instagram, WhatsApp, Facebook, dan aplikasi media sosial lainnya.

Download InShot Photo Editor (Android) | Download InShot Photo Editor (iOS)

9. InFrame

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini lebih fokus menyediakan bingkai berkualitas tinggi agar foto-foto kamu tampak lebih indah. Masing-masing frame memiliki bentuk yang berbeda dengan warna yang bisa kamu atur sendiri.

Meski begitu aplikasi edit foto ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur editing dasar. Selain itu kamu juga bisa menambahkan teks dengan berbagai font dan warna untuk menulis cerita di baling foto yang kamu ambil. Foto yang sudah diedit pun nantinya bisa langsung diposting dengan mudah ke sosial media.

Download InFrame (Android) | Download InFrame (iOS)

10. Afterlight

Afterlight menyediakan banyak filter dan efek yang bisa digunakan untuk mengedit foto dengan cepat. Tidak kurang dari 59 filter, 60+ tekstur, serta 70+ frame yang bisa kamu gunakan untuk membuat foto kamu tampil beda.

Tidak hanya itu, Afterlight juga menyediakan 15 preset berbeda yang bisa disesuaikan dengan platform sosial media pilihanmu. Dan jika kamu mengupload foto melalui Instagram, jangan lupa berikan tagar #Afterlight. Siapa tahu foto kamu terpilih untuk ditampilkan pada platform resmi mereka.

Download Afterlight (Android) | Download Afterlight (iOS)

11. TouchRetouch

TouchRetouch adalah aplikasi yang populer karena kemampuannya untuk menghapus objek yang tidak kamu inginkan dalam foto kamu. Prosesnya pun cukup mudah dan hasilnya sangat memuaskan. Jika kamu bingung, ada video tutorial singkat yang bisa kamu tonton terlebih dahulu.

aplikasi edit foto hapus objek TouchRetouch

Namun tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperhalus foto kamu. Fitur blemish removal bisa digunakan untuk menghapus noda di wajah. Selain itu ada juga fitur clone stamp tool yang bisa dipakai untuk menghilangkan cacat dari foto kamu.

Download TouchRetouch (Android) | Download TouchRetouch (iOS)

12. Instagram

Instagram sebenarnya bukanlah sebuah aplikasi editor foto, tapi media sosial yang bisa menghubungkan kamu dengan pengguna Instagram lainnya. Meski umumnya hanya digunakan untuk berbagi foto dan video, aplikasi ini juga memiliki tools editing seperti filter artistik, penyesuaian eksposur, dan cropping.

Meski fitur editingnya tergolong ringan, hal ini bukan menjadi masalah besar. Instagram sendiri rasanya memang lebih fokus untuk menghasilkan foto dengan tingkat engagement yang tinggi dan meningkatkan brand awareness. Hal ini Dan itu bukan sesuatu yang dapat Anda katakan dengan aplikasi pengeditan foto lainnya.

Download Instagram (Android) | Download Instagram (iOS)

13. Canva

Canva adalah aplikasi desain yang bisa digunakan di desktop, Android, maupun iOS. Meski bukan aplikasi khusus untuk mengedit foto, Canva akan sangat cocok untuk kamu yang gemar membagikan foto di berbagai platform dan sosial media.

Dengan Canva, kamu bisa membuat gambar grafis untuk sosial media, atau website. Di sini kamu bisa menganti gambar latar belakang, menggunakan layout kustom, membuat foto kolase, atau menambahkan teks, emoji dan logo.

Download Canva (Android) | Download Canva (iOS)


Selain beberapa nama di atas, masih ada banyak lagi aplikasi edit foto terbaik lainnya yang juga patut kamu coba. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dan bisa dicocokkan sesuai dengan kebutuhan kamu. Yang pasti, mengedit foto traveling jadi makin mudah dan bisa dilakukan tanpa perlu membawa laptop ke mana pun kamu pergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *