aplikasi email terbaik untuk meningkatkan produktivitas kerja
Aplikasi, Produktivitas

7 Aplikasi Email Terbaik yang Bikin Kamu Makin Produktif

Meski kini sudah ada WhatsApp dan beragam aplikasi chatting lain yang mempermudah komunikasi, email masih jadi salah satu sarana komunikasi lain yang masih banyak digunakan, terutama di kalangan profesional yang berhubungan dengan pekerjaan.

Baik iPhone maupun hp Android sendiri sebenarnya juga memiliki aplikasi email bawaan yang bisa digunakan untuk membuka dan membaca email kapan pun. Kebanyakan HP Android bahkan memiliki aplikasi Gmail yang umumnya sudah secara otomatis terpasang dan memberikan penggunanya fitur lebih dari sekedar membuka email.

Meski begitu ada saja banyak orang yang mencari alternatif yang lebih baik dengan beberapa fitur yang dirasa bisa menunjang aktivitas kirim-mengirim surat elektronik mereka. Sementara yang lainnya hanya ingin sebuah email client yang bisa menjamin kerahasiaan data mereka.

Nah, buat kamu yang sedang mencari aplikasi email terbaik yang bisa jadi alternatif aplikasi bawaaan hape kamu, berikut adalah beberapa aplikasi email yang bisa meningkatkan produktivitas kamu.

1. Gmail

Gmail jadi aplikasi email terbaik yang bisa kamu pasang dan umumnya sudah terinstal secara default pada hape Android, jadi kamu tidak perlu mencari aplikasi email lain untuk mulai menggunakannya. Tampilannya pun sangat baik dan memudahkan kamu untuk mencari email terbaru ataupun email yang sudah kamu tandai sebelumnya.

Aplikasi Gmail support multiple inbox dan bisa digunakan untuk membuka email dari beberapa akun sekaligus. Dan meski berasal dari Google, aplikiasi ini juga bisa diintegrasikan dengan beragam email lain dari Yahoo, Microsoft Outlook, dan masih banyak lagi. Selain itu fitur-fitur baru terus ditambahkan secara berkala untuk membuat pengalaman email kamu lebih baik.

2. Outlook

Microsoft Outlook untuk Android jadi salah satu aplikasi email alternatif terbaik untuk Gmail. Aplikasi ini dapat membantu kamu tersambung dengan semua akun email, kalender, serta file hanya dari satu tempat saja.

Melalui aplikasi ini kamu bisa melihat kotak masuk prioritas yang membuat pesan penting akan selalu terlihat paling atas. Kamu pun bisa beralih antara email dan kalender untuk membuat jadwal hanya dengan beberapa ketukan saja.

Satu hal yang menarik, Outlook untuk Android berfungsi dengan beberapa aplikasi seperti Microsoft Exchange, Outlook.com, Gmail, dan Yahoo Mail. Selain itu kamu juga bisa bekerja dengan beberapa file secara native dalam format Word, Excel, atau Power Point.

3. K-9 Mail

K-9 Mail adalah salah satu aplikasi email alternatif yang memiliki sejarah cukup panjang di Android. Dengan tampilannya yang sederhana, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuka beberapa email sekaligus dan support IMAP, POP3, serta Exchange 2003/2007.

Dibandingkan aplikasi email lain yang lebih baru, tampilan K9 Mail mungkin akan terlihat sedikit ketinggalan jaman. Namun semua fitur-fiturnya dijamin bekerja dengan baik dan bisa diandalkan untuk mengatur semua email penting yang kamu butuhkan.

Menariknya, aplikasi ini bersifat open source dan kamu pun bisa berkontribusi pada komunitas melalui Github. Jadi jika kamu butuh aplikasi email yang ringan dan benar-benar gratis, aplikasi K-9 Mail patut kamu pertimbangkan.

4. Blue Mail

Blue Mail jadi salah satu aplikasi email terbaik yang bisa kamu jadikan alternatif Gmail bawaan hape Android kamu. Selain punya tampilan yang keren, aplikasi ini juga support beragam email provider mulai dari Gmail, Yahoo Mail, Outlook, Office 365, serta email lain yang suppport POP3, IMAP, atau Exchange Clients.

Meski bisa digunakan secara gratis, aplikasi Blue Mail hadir dengan fitur yang cukup powerful. Selain mampu menyediakan notifikasi terpisah untuk masing-masing akun, kamu juga bisa menghubungkan aplikasi ini dengan Android Wear. Tidak hanya itu, Blue Mail juga menyediakan tema gelap serta beragam fitur pintar yang bisa diaktifkan dengan satu ketukan saja.

5. Spark Email

Mulai diluncurkan pada awal tahun 2019, Spark email termasuk aplikasi email baru namun berhasil meraih respon dan review positif dari para penggunanya. Pada aplikasi ini kamu bisa menemukan banyak fitur dasar seperti menunda email, mengirim email untuk waktu tertentu, reminder, bahkan membatalkan email yang sudah terkirim.

Semua fitur tersebut hadir dalam tampilan yang modern dan intuitif serta bisa digunakan untuk melihat email dari beberapa akun terpisah. Satu hal yang menarik, Spark Email dilengkapi dengan fitur smart inbox yang dapat memilah milih email yang penting dan tidak. Dengan begitu kamu bisa fokus pada email pekerjaan yang berprioritas tinggi dan menunda email marketing yang mungkin hanya akan menjadi distraksi di waktu kerja kamu.

6. TypeApp Email

Aplikasi email terbaik lain yang bisa kamu gunakan adalah TypeApp Email. Pada aplikasi ini kamu bisa menemukan fitur yang umum pada sebuah layanan email seperti unified inbox, push notification, wireless printing support, serta mengkomposisi email dalam rich text format.

Tidak hanya itu, aplikasi TypeApp Email juga dilengkapi dengan mode gelap, menu kustomisasi yang melimpah, serta support Wear OS agar aplikasi ini bisa dihubungkan dengan smartwatch kamu. Tampilannya pun sudah menggunakan Material Design UI yang pastinya membuat kamu betah dalam menggunakannya.

7. Proton Mail

Proton Mail adalah email client terbaik yang cocok untuk kamu yang peduli dengan masalah privasi dan keamana data-data email kamu. Salah satu kelebihan email ini dibanding penyedia email lain adalah level enkripsinya yang diklaim jauh lebih baik.

Dengan sistem enkripsi tersebut, yang bisa membaca email yang kamu kirim hanya kamu dan orang yang menerima email tersebut saja. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga support OpenPGP, pemberian label, serta dapat digunakan untuk mengirimkan email yang dapat hancur sendiri (self-desctructing email).


Itu dia beberapa aplikasi email yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja kamu di kantor. Meski Gmail bekerja baik untuk setiap orang, tidak ada salahnya melihat beberapa alternatif lainnya yang juga tidak kalah baik dan menawarkan beberapa fitur tambahan untuk menunjang kinerjamu di sekolah maupun di kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *