aplikasi fitness tracker terbaik di Android
Aplikasi

9 Aplikasi Fitness Tracker Terbaik di Android

Aplikasi fitness tracker adalah aplikasi yang tidak hanya membantu kita membuat jadwal olahrga dengan mudah, tapi juga memantau perkembangan dan kemajuan yang kita lakukan.

Dengan aplikasi semacam ini, kita bisa mengetahui jumlah denyut nadi, menghitung jumlah kalori yang terbakar, serta mengetahui jarak tempuh saat berlari, berenang, atau bersepeda.

Menariknya, aplikasi semacam ini bisa dengan mudah dipasangkan dengan smartwatch. Dengan begitu olahraga menjaid aktivitas yang lebih menyenangkan dan bisa membuat kamu tetap termotivasi.

Nah, buat kamu yang sedang mencari aplikasi fitness tracker terbaik, berikut adalah beberapa pilihan terbaik untuk hp Android kamu.

Aplikasi Fitness Tracker Gratis Terbaik

1. Google Fit: Health and Activity Tracking

Aplikasi fitness tracker pertama yang patut kamu pertimbangkan adalah Google Fit, yang tidak hanya tersedia untuk Android tapi juga iPhone. Sesuai dengan namanya, aplikasi kebugaran ini resmi dibuat dan dikemabangkan oleh Google. Asiknya lagi, semua fitur yang ada di aplikasi ini benar-benar gratis.

Melalui aplikasi ini, kita bisa menghitung kecepatan, rute, jarak, ketinggian, hingga mencatat beragam aktivitas kebugaran kita. Yang lebih menarik, semua data-data tersebut akan dilakukan secara real-time. Untuk memudahkan kita mencapai target tertentu, kita bahkan dapat menentukan sendiri jumlah langkah, jarak, waktu, atau jumlah kalori yang ingin kita bakar.

Bagi kamu yang memiliki smartwatch, aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan mudah. Selain itu data yang didapat melalui aplikasi ini juga bisa disimpan dan disinkronkan dengan aplikasi kebugaran lainnya.

2. Strava: Track Running, Cycling & Swimming

Aplikasi fitness tracker terbaik selanjutnya adalah Strava. Strava akan sangat cocok untuk kamu yang senang melakukan olahraga jogging, berlari, atau bersepeda.

Dengan menggunakan Strava, kita bisa melakukan latihan dan meningkatkan efektifitasnya dengan 3 cara pintar. Pertama, kita bisa merekam rute, jarak, dan menganalisa jumlah kalori yang berhasil kita bakar. Selain itu kita juga bisa memetakan rute agar rutinitas olahraga kita tidak membosankan.

Satu hal yang paling unik, di aplikasi ini kamu juga bisa bersaing dengan pengguna Strava lain dalam sebuah kompetisi dan bersaing untuk menjadi yang terbaik.

3. Runkeeper – GPS Track Run Walk

aplikasi untuk menghitung jarak lari sepeda dan jogging runkeeper

Runkeeper adalah aplikasi fitness tracker yang tersedia untuk ponsel Android maupun iOS. Dengan fiturnya yang lengkap, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi kebugaran yang paling populer dengan lebih dari 50 juta pengguna.

Aplikasi Runkeeper dapat digunakan untuk menghitung kecepatan lari dan bersepeda, mengetahui jarak tempuh dan ketinggian sebuah rute, hingga menghitung jumlah kalori yang terbakar. Data-data tersebut pun akan tersimpan rapi dan bisa kamu lihat untuk menganalisa kemajuan kamu.

Satu hal yang menarik, kamu bisa membuat menu latihan kamu sendiri melalui aplikasi ini. Selain itu kamu juga bisa mengikuti challenges agar kamu tetap semangat dalam berolahraga.

Dan tidak kalah pentingnya, kamu juga bisa mengintegrasikan Spotify agar kamu bisa mendengarkan track favoritmu saat berolahraga. Kamu juga bisa mengintegrasikan Runkeeper dengan aplikasi kesehatan lainnya seperti FitBit, MyFitnessPal, dan masih banyak lagi.

4. Adidas Running App

Adidas Running App adalah aplikasi pelacak kebugaran gratis yang cocok untuk kamu yang suka berolahraga setiap hari. Aplikasi ini memanfaatkan GPS untuk melacak rute berlari, berjalan, bersepeda, dan jogging. Adidas Running app nantinya akan menggunakan informasi ini untuk membuat grafik dan tabel terperinci agar kita bisa melihat progress yang kita buat.

Menariknya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini di treadmill atau peralatan olahraga lainnya. Selain itu, ada banyak fitur keren lain seperti voice coaching, live tracking, cheering, hingga fitur untuk menetapkan tujuan lari.

Aplikasi ini support penggunaan smartwatch dan mendukung Google WearOS. Kamu juga bisa membagikan hasil olahraga di Facebook dan Twitter langsung dari jam tangan pintar tersebut.

5. Nike Run Club

Tidak mau kalah dari Adidas, Nike juga mengeluarkan aplikasi run tracker mereka sendiri bernama Nike Run Club. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store serta Apple App Store dan bisa digunakan gratis sepenuhnya.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan data-data terperinci mengenai jarak, kecepatan lari, rute GPS, denyut nadi, dan masih banyak lagi. Dan untuk kamu yang memiliki target tertentu, aplikasi ini menyediakan banyak menu latihan yang bisa membantu kamu untuk sekedar lebih fit atau mempersiapkan diri untuk lomba lari.

Agar kamu lebih termotivasi, Nike Run Club menyediakan panduan dan inspirasi yang berasal dari atlit dan pelatih yang berada di bawah naungan Nike. Selain itu kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Nike untuk menantang diri kamu sendiri dan berkompetisi dengan orang lain. Dan untuk setiap milestone, kamu bisa mendapatkan lencana dan trofi agar kamu lebih bersemangat mengatasi batasan diri kamu sendiri.

6. JEFIT Workout Tracker, Weight Lifting, Gym Log

JEFIT adalah aplikasi pelatih kebugaran dan fitness tracking gratis yang menyediakan program kebugaran untuk membantu meningkatkan level fitness kamu. Aplikasi ini memiliki lebih dari 1.300 latihan terperinci yang dilengkapi dengan animasi agar mudah diikuti.

Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa mendapat laporan kemajuan, waktu istirahat, log latihan, membuat goal, dan masih banyak lagi. Selain itu aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyinkronkan semua data dengan cloud meski akan tetap berfungsi bahkan saat offline.

Aplikasi ini memiliki banyak program yang cocok untuk setiap tingkatan seperti 5×5, 531, stronglifts, binaraga, angkat besi, powerlifting atau kettlebell. Untuk kamu yang tidak berolahraga di gym, aplikasi ini juga menyediakan program khusus agar kamu bisa berolahraga menggunakan berat badan atau ruang yang terbatas.

7. Map My Run

aplikasi lari terbaik map my run

Map My Run adalah aplikasi lari yang dikembangkan oleh Under Armour. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk lebih dari 600 aktivitas berbeda mulai dari berlari, bersepeda, berjalan kaki,cross training, gym workout, yoga, dan masih banyak lagi.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memilih rutinitas olahraga yang sudah dibuat oleh performance specialist dari Under Armour dan didesain agar bisa dilakukan dengan peralatan yang minim. Selain itu kamu juga bisa membuat menu latihan kamu sendiri agar sesuai dengan level dan goal yang kamu tuju.

8. Calorie Counter – MyFitnessPal

Calorie Counter dari MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi kebugaran terbaik yang secara khusus membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dilakukan dengan dengan melacak apa yang kamu makan sepanjang hari agar kamu bisa menghitung jumlah kalori harian.

Untuk mempermudah perhitungan kalori, aplikasi ini memiliki data lebih dari 6 juta jenis makanan yang termasuk makanan siap saji dan masakan global. Makanan yang kamu makan nantinya bisa dimasukan secara manual atau dengan menggunakan pemindai barcode.

Tidak hanya membantu mengitung kalori, kamu juga bisa memilih dari lebih dari 350 menu latihan atau membuat aktivitas kamu sendiri. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menetapkan goal dan melihat grafik riwayat latihan agar kamu bisa melihat kemajuan yang kamu buat. Aplikasi ini bisa digunakan gratis meski berisi iklan dan pembelian dalam aplikasi.

9. Komoot — Cycling, Hiking & Mountain Biking Maps

Aplikasi fitness tracker terakhir yang perlu kamu coba adalah Komoot. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memilih rute untuk bersepeda, jogging, atau hiking. Khusus untuk hiking, kamu bahkan bisa memilih rute dengan permukaan tertentu, tingkat kesulitan, jarak, hingga tingkat kecuramannya.

Setelah kamu memilih track yang sesuai, navigasi suara dari aplikasi ini akan memandu kamu secara presisi agar kamu bisa menikmati kegiatanmu tanpa perlu terdistraksi mengenai rute.

Satu hal yang menarik, kamu bisa mengunduh semua rute dan topografinya agar kamu bisa menggunakan aplikasi ini saat berada di outdoor tanpa adanya koneksi internet yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *