aplikasi freelance terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan
Aplikasi, Keuangan

10 Aplikasi Freelance Terbaik Untuk Cari Uang Tambahan

Bekerja sebagai freelancer menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Cara ini akan cocok untuk kamu yang memiliki skill tertentu yang dibutuhkan oleh orang lain mulai dari edit video, terjemah, voice over, design, dan masih banyak lagi.

Salah satu cara untuk mendapatkan job freelance adalah melalui situs freelance. Melalui website tersebut, kamu bisa mencari job yang sesuai dengan keahlian kamu. Selain itu pekerjaan kamu pun terjamin dengan adanya sistem escrow yang memastikan kenyamanan pelanggan dan penyedia jasa.

Untungnya banyak dari situs penyedia job freelance yang juga memiliki aplikasi, baik di Android maupun iOS. Jadi kamu bisa memantau job baru dan melakukan bidding langsung dari hape.

Nah, buat kamu yang juga berminat untuk menjadi freelancer, berikut adalah beberapa aplikasi freelance terbaik yang bisa kamu instal di smartphone kamu.

1. LinkeIn

LinkedIn sebenarnya bukanlah situs penyedia pekerjaan freelance, melainkan sebuah platform di mana kamu bisa menampilkan perjalanan karir profesional serta pencapaian yang telah kamu dapat.

Meski begitu aplikasi ini bisa menghubungkan kamu dengan banyak profesional lainnya dan hal ini menjadi kesempatan besar jika kamu ingin memasarkan skill yang kamu miliki.

Agar calon klien tertarik dengan jasa yang kamu tawarkan, kamu bisa menampilkan semua achievement dan portfolio hasil pekerjaan kamu. Selain itu kamu juga bisa membagikan artikel yang sesuai dengan jasa yang kamu tawarkan dan membangun authority agar klien semakin percaya.

Dibandingkan aplikasi freelance lainnya, kamu diharuskan untuk aktif mencari klien sendiri. Pembayaran pun dilakukan langsung tanpa ada potongan meski risikonya juga semakin besar. Namun kamu berpeluang untuk mendapatkan untung lebih besar serta kesempatan untuk bekerja sama dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Download LinkedIn (Android) | Download LinkedIn (iOS)

2. Fastwork.id

Fastwork mengklaim diri sebagai platform penyedia jasa frelance terbaik dengan ratusan ribu pengguna dari berbagai negara di Asia tenggara. Melalui aplikasi ini kamu bisa menawarkan berbagai macam skill mulai dari desain, pembuatan artikel, pembuatan website, pemograman, pemasaran, konsultasi, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan pekerjaan, kamu tidak perlu melakukan bidding terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menyediakan portfolio menarik yang bisa menarik perhatian calon pelanggan. Jika ada klien yang tertarik, kamu bisa mendiskusikan proyek melalui fitur chat yang telah disediakan.

Download Fastwork (Android) | Download Fastwork (iOS)

3. Sampingan

Sesuai dengan namanya, Sampingan adalah aplikasi yang dapat menghubungkan kamu dengan berbagai macam pekerjaan sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu pun dapat memiih beragam pekerjaan dan mengerjakannya di mana saja dan kapan saja.

Beda dengan aplikasi freelance lainnya, kebanyakan pekerjaan di aplikasi ini tidak membutuhkan skill khusus. Kerja sampingan yang bisa dilakukan terbaik menjadi beberapa kategori seperti mengumpulkan data atau melakukan kerja harian.

Menariknya, kamu juga bisa memulai bisnis online dengan menjadi reseller produk-produk yang ditawarkan oleh Sampingan. Dan jika kamu mencari pekerjaan tetap, aplikasi ini juga menyediakan menu Bursa Kerja untuk membantu kamu mewuudkannya.

Download Sampingan (Android)

4. Fiverr.com

Fiverr adalah salah satu situs freelance terbaik dengan klien dan penyedia jasa dari berbagai dunia. Di sini kamu bisa menawarkan beragam jasa mulai dari edit Photoshop, membuat website berbasis WordPress, SEO. data entry, hingga menjadi model.

Sama seperti Fastwork, di sini kamu juga tidak perlu melakukan bidding untuk mendapatkan pekerjaan. Cukup buat profil yang meyakinkan lengkap dengan alasan yang bisa meyakinkan klien agar mau menyewa jasamu.

Menariknya, kamu juga bisa menawarkan jasa tambahan untuk melengkapi gig yang kamu buat di Fiverr. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan ekstra untuk setiap langkah tambahan yang harus kamu lakukan.

Download Fiverr (Android) | Download Fiver (iOS)

5. Upwork

Upwork adalah salah satu website freelancer terbesar dengan jutaan freelancer dan klien dari berbagai negara. Meski persaingannya bisa cukup ketat, peluang untuk mendapatkan pekerjaan pun menjadi semakin besar.

Satu hal yang menarik dari Upwork adalah sistem pembayarannya. Kamu bisa dibayar per proyek ataupun per jam sesuai dengan kebutuhan kerja.

Selain itu situs ini juga menyediakan beragam tools yang bisa menunjang karir kamu sebagai freelancer seperti collaborative space atau invoice maker.

Download Upwork (Android) | Download Upwork (iOS)

6. Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia adalah kepanjangan tangan dari situs Freelancer.com yang berbasis di Australia agar dapat mengakomodir pengguna serta klien dari Indonesia. Di sini kamu bisa menawarkan beragam jenis jasa mulai dari marketing hingga yang berhubungan dengan teknologi.

Setiap pekerjaan yang ada di sini menggunakan sistem lelang yang artinya kamu harus melakukan bidding agar bisa mendapatkan sebuah job. Selain itu ada juga kontes yang bisa kamu ikuti di mana pemenang langsung dipiih oleh pembuat kontes tersebut.

JIka ada satu hal yang disayangkan, Freelancer memungut bayaran untuk menjadi anggotanya. Namun kamu bisa mencoba layanan ini hingga delapan proposal pertama untuk melihat apakah aplikasi freelance ini cocok untuk kamu atau tidak.

Download Freelancer (Android)

7. PeoplePerHour

PeoplePerHour adalah situs frelancer yang menyediakan aplikasi freelance yang bisa digunakan secara gratis. Kamu pun bisa menawarkan beragam jasa yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Persaingan di aplikasi ini boleh dibiliang cukup ketat. Selain memiliki banyak freelancer, PeoplePerHour juga memilki sistem rating yang memungkinkan klien untuk mencari freelancer terbaik.

Namun jangan khawatir karena aplikasi freelance ini sudah menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang dapat merekomendasikan kamu pada calon klien selama kamu mengisi profil dengan tepat.

Download PeoplePerHour (Android) | Download PeoplePerHour (iOS)

8. Behance

Sama seperti LinkedIn, Behance bukanlah aplikasi freelance khusus untuk mencari job tambahan. Namun melalui platform ini kamu bisa memajang beragam karya digital mulai dari fotografi, ilustrasi vektor, arsitektur, product design, fashion, typography, game designs, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa mendapatkan masukan dari jutaan member Behance lainnya agar kuallitas karya kamu semakin baik.

Menariknya, kamu bisa melakukan live streaming atau menontonnya dari member lain untuk mempelajari teknik yang mereka gunakan. Selain itu Behance juga menyedikan sarana komunikasi di mana kamu bisa mendiskusikan peluang kerja dari calon klien yang tertarik dengan karya yang kamu buat.

Download Behance (Android) | Download Behance (iOS)

9. Panggilin

Paggilin jadi solusi bagi mereka yang tidak bisa mengerjakaan banyak hal sendirian. Hal ini menjadi peluang bagi pencari kerja untuk mendapatkan job serta penghasilan tambahan sesuai dengan skill yang mereka miliki.

Melalui aplikasi freelance ini kamu bisa memilih untuk menjadi Hero (freelancer) dalam bidang design, komputer, sales marketing, finance, data statistic, konsultasi, dan masih banyak lagi. Transaksi pun dijamin aman karena ada sistem rekening bersama yang menguntungkan kedua belah pihak.

Menariknya, aplikasi ini juga memiliki Hero Academy yang bisa digunakan untuk meningkatkan skill yang dimiliki dengan beragam kelas yang berbeda. Kamu bahkan bisa mencari pekerjaan tetap melalui fitur Lowongan Kerja Exclusive yang disediakan aplikasi Panggilin.

Download Panggilin (Android)

10. Gigworks

Aplikasi freelance terbaik lainnya adalah Gigworks yang mengklaim diri sebagai yang terbesar di Asia. Dengan konsep platform sosial, kamu bisa terhubung dengan jutaan orang lain yang sedang membutuhkan bantuan dalam berbagai bidang mulai dari bisnis, desain, pemasaran, perangkat lunak, menulis, atau audio visual. Pembayaran pun bisa dilakukan per jam atau per proyek sesuai dengan tugas yang disediakan.

Aplikasi ini hadir dengan beragam fungsi yang memudahkan freelancer dalam memposting dan memasarkan jasa yang mereka tawarkan. Pihak penyewa pun dapat menghubungi freelancer melalui fitur built-in chat dan melacak pesanan yang mereka buat. Selain itu freelancer juga bisa mengatur lokasi untuk mendapatkan pekerjaan lepas di sekitar mereka.

Download Gigworks (Android) | Download Gigworks (iOS)


Itulah beberapa aplikasi freelance terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebenarnya selain nama-nama di atas masih ada banyak lagi website lokal yang menyediakan platform bagi freelancer untuk mendapatkan job seperti Sribu, Sribulancer, atau Projects.co.id. Sayangnya website tersebut hanya bisa diakses melalui browser saja tanpa aplikasi.

Jadi jika kamu lebih memilih untuk mendapatkan pekerjaan freelance secara online melalui aplikasi dan mendapatkan notifikasi terbaru, maka beberapa aplikasi freelance gratis di atas bisa jadi alternatif terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *