aplikasi kalender terbaik untuk android
Aplikasi, Produktivitas

9 Aplikasi Kalender Terbaik untuk Android

Hari-hari ketika kita menggunakan ponsel hanya untuk komunikasi saja kini sudah berlalu. Saat ini ponsel cerdas kita juga bisa digunakan untuk mengatur seluruh hidup kita.

Sebagai contoh, aplikasi kalender bisa digunakan untuk mengatur semua jadwal dan tugas kita. Mulai dari merencanakan janji temu, mencatat jadwal rapat atau sekedar mengingatkan tanggal ulang tahun yang akan datang.

Sebagai pengguna Android, ada banyak opsi untuk membantu kita mengatur rutinitas sehari-hari tersebut. Agar kamu lebih mudah memilih kalender yang sesuai, berikut adalah beberapa aplikasi kalender terbaik untuk Android yang bisa kamu coba.

Aplikasi Kalender Terbaik

1. Google Calendar

Jika kamu memiliki smartphone atau tablet Android, sudah pasti kamu juga menggunakan akun Google. Oleh karena itu, rekomendasi aplikasi kalender terbaik yang pertama tidak jauh dari produk buatan raksasa mesin pencari tersebut, yaitu Google Calendar.

Secara alami, integrasi ke dalam semua layanan Google dilakukan dengan sangat baik. Antarmukanya menarik dan ada widget yang dapat digulirkan untuk menampilkan jadwal kita di layar beranda.

2. Microsoft Outlook

Outlook adalah aplikasi yang dibuat dengan memadukan beberapa teknologi yang diakuisisi oleh Microsoft. Di dalamnya terdapat fitur seperti email client yang berasal dari Acompli, to-do list dari Wunderlist, dan fitur kalender yang menggunakan template dari kalender Sunrise yang dulu sangat populer.

Meski tidak khusus digunakan sebagai aplikasi kalender, Outlook akan sangat memudahkan kamu untuk lebih produktif hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. Dan jika kamu sering menggunakan produk-produk Microsoft, kamu pasti akan terbantu dengan adanya Outlook.

3. Any.do

Sama seperti Outlook, Any.do sebenarnya bukanlah aplikasi kalender khusus, melainkan sebuah aplikasi to-do list. Meski begitu Any.do kini dilengkapi dengan fitur kalender setelah sebelumnya mereka memasarkannya secara terpisah dengan nama Cal. Dengan integrasi ini, kamu bisa mengintegrasikan aplikasi pengingat tugas dengan kalender. Kamu pun tiak akan sulit memantau semua tugas kamu.

4. SimpleCalendar

simple calendar, aplikasi kalender terbaik android dengan tampilan sederhana

Sesuai dengan namanya, SimpleCalendar adalah aplikasi kalender sederhana yang bisa dipakai untuk mengatur semua jadwal kamu secara mudah dan gratis. selain itu aplikasi ini juga bisa berfungsi ganda sebagai aplikasi to-do list.

Tugas bisa diatur dengan mudah menggunakan daily planner. Kita cukup memilih waktu untuk membuat jadwal tugas baru. Bila perlu, kita juga bisa memberi catatan atau memasang penanda waktu agar kita tidak melewatkan jadwal yang sudah kita buat.

5. DigiCal Kalender

DigiCal adalah aplikasi kalender lain yang bisa kamu pertimbangkan. Dengan tampilan antarmuka yang simpel, kamu bisa menambahkan tugas dan melihat semua jadwal baik langsung melalui aplikasi atau widget di beranda.

Satu hal yang menarik, kamu bisa dengan mudah mensinkronkan data kamu dengan Google Calendar, Outlook, dan Exchange. Selain itu terdapat akses ke beragam kalender seperti kalender hari libur nasional, kalender olahraga, atau jadwal TV dari seluruh dunia.

6. Business Calendar 2

Business Calendar 2 akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki jadwal padat. Denga aplikasi ini kamu bisa mengatur rencana dan membuat jadwal dengan mudah dan cepat. Semua jadwal kamu pun bisa dipantau dalam bentuk kalender dengan tampilan harian, mingguan, atau tahunan.

Jika kamu menggunakan Google Tasks, maka aplikasi ini bisa dengan mudah diintegrasikan dengan aplikasi to-do list tersebut. Selain itu kamu juga bisa menyetel notifikasi agar kamu tidak ketinggalan jadwal kamu selanjutnya.

Satuhal unik dari aplikasi ini adalah fitur heat map yang dapat membantu kamu menemukan slot kosong untuk menemukan hari bebas tugas kamu.

7. TimeTree

aplikasi kalender android timetree fokus pada kolaborasi

TimeTree adalah aplikasi kalender unik yang fokus pada fitur kolaborasi. Dengan aplikasi ini, kamu bisa berbagi jadwal dengan keluarga, teman sekolah, atau rekan kerja di kantor. Cara mengundah anggota untuk masuk ke aplikasi ini pun mudah dan bisa dilakukan via email, FB Messenger, WhatsApp, atau LINE.

Pada aplikasi ini terdapat fitur sinkronisasi yang memunginkan semua anggota melihat jadwal yang sama. Selain itu terdapat pula fitur chatting agar setiap anggota yang terhubung bisa saling berkomunikasi untuk membahas jadwal yang sudah ditentukan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat memo dan membagikannya ke anggota lainnya.

8. Jorte

Jorte menjadi salah satu aplikasi kalender yang cukup unik. Selain bisa digunakan untuk mengatur semua jadwal kita, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai buku harian/diary. Selain bisa digunakan untuk membuat catatan, fitur Diary Jorte ini juga bisa diintegrasikan ke kalender jika kita ingin menyertakan foto di dalamnya. Dan jika kamu menggunakan Evernote, kamu juga bisa mensinkronkan data di dalamnya dengan Jorte.

9. Kalender Jawa

Aplikasi Kalender Jawa menjadi aplikasi kalender yang paling sederhana di daftar ini. Beda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk melihat kalender saja, baik dalam format penanggalan nasional atau penanggalan jawa.

Satu-satunya fitur lain yang disediakan adalah adanya catatan yang bisa kita tambahkan pada setiap tanggal dan bisa dikirim melalui email.


Aplikasi kalender penting untuk dimiliki jika kamu ingin lebih produktif dan dapat mengatur semua jadwal tugas kamu dengan mudah. Selain itu fitur notifikasinya juga bisa membantu kita agar tidak melewatkan semua jadwal yang sudah kita buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *