Aplikasi keperawatan dan pertolongan pertama terbaik di Android
Aplikasi

9 Aplikasi Keperawatan dan Pertolongan Pertama di Android

Aplikasi pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) akan sangat berguna saat kamu traveling, mengingat kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, termasuk saat kamu liburan.

Dengan memberikan pertolongan pertama, kita bisa mencegah luka atau sakit agar bertambah parah sambil menunggu tim medis tiba. Risiko yang lebih besar pun bisa dihindari jika kita memiliki pengetahuan yang baik.

Untungnya kini ada banyak aplikasi pertolongan pertama yang bisa kita gunakan. Tidak hanya membantu di saat darurat, aplikasi ini juga cocok untuk tenaga medis dan keperawatan yang banyak berhubungan dengan kasus kesehatan.

Nah, buat kamu yang butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi keperawatan dan pertolongan pertama terbaik yang bisa kamu download di hp Android.

Aplikasi Pertolongan Pertama Terbaik di Android

1. Panduan P3K New Lengkap

Aplikasi Panduan P3K New Lengkap

Panduan P3K New Lengkap buatan TuriPutih Studio jadi aplikasi pertolongan pertama yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini memiliki materi yang lengkap mulai dari penjelasan tindakan pertama, perawatan korban, evakuasi korban, fungsi masing-masing komponen pada kotak P3K, serta nomor telepon darurat yang bisa dihubungi saat terjadi kecelakaan.

Dengan kumpulan materi tersebut, kamu bisa belajar banyak mengenai pertolongan pertama dan siap jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat. Tidak hanya cocok dibawa bepergian, aplikasi ini juga pas untuk kamu yang belajar keperawatan atau sebagai panduan ekskul PMR (Palang Merah Remaja).

2. Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Aplikasi pertolongan pertama pada kecelakaan

Aplikasi berikutnya adalah Pertolongan Pertama pada Kecelakaan buatan Surabaya Studio. Sama seperti sebelumnya, di sini kamu bisa melihat materi seputar P3K seperti pedoman CPR, cara pembalutan luka, prosedur keselamatan kerja di lab, sampai teknik sederhana yang bisa jadi pertolongan pertama saat demam.

Materi yang ada dijelaskan dengan singkat dan jelas dan bisa jadi panduan bagi kamu yang ingin belajar atau sebagai materi PMR pertolongan pertama dan panduan keselamatan kerja.

3. Pertolongan Pertama – IFRC

Aplikasi Pertolongan Pertama Palang Merah Internasional Bahasa Indonesia

Aplikasi dari International Federation of Red Cross (IFRC) jadi aplikasi pertolongan pertama yang lengkap dan dapat memberikan kamu informasi yang perlu diketahui tentang menangani pertolongan pertama pada keadaan darurat.

Aplikasi ini sendiri dikembangkan langsung oleh Pusat Kesiapan Bencana Global (Global Disaster Preparedness Center/GDPC) dan didukung oleh komunitas nasional serta Palang Merah Indonesia (PMI).

Setiap materi dalam aplikasi dijelaskan dengan lengkap berserta ilustrasi gambar, video, dan animasi agar pelajaran lebih mudah dimengerti. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan tips saat terjadi cuaca ekstrim atau bencana alam agar kamu bisa mempersiapkan diri.

Semua materi yang ada bisa diakses secara offline tanpa koneksi internet atau WiFi. Selain itu aplikasi ini juga sepenuhnya terintegrasi dengan nomor telepon darurat agar kamu bisa meminta bantuan lewat aplikasi, meski saat berada di luar negeri.

4. First Aid and Emergency Techniques

First Aid and Emergency Techniques

First Aid and Emergency Techniques dari Fatbelly jadi salah satu aplikasi pertolongan pertama yang cukup populer dan masih terus diupdate hingga kini. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan agar luka atau penyakit tidak bertambah parah.

Menariknya, semua konten yang ada dimasukan dalam beberapa kategori tertentu agar kamu bisa mengaksesnya sesuai dengan kondisi yang ada, mulai dari pertolongan pertama di rumah, outdoor events, insiden serius, kecelakaan di jalan raya, atau pertolongan pertama di tempat kerja.

5. First Aid

Aplikasi First Aid

First Aid dari ESTEPS adalah ensiklopedia lengkap berisi materi pertolongan pertama dan tindakan yang bisa dilakukan di saat darurat. Dengan begitu orang non-medis pun dapat melakukan tindakan cepat dan tepat saat dibutuhkan.

Pada aplikasi ini kamu bisa melihat informasi mengenai kecelakaan dan tindakan darurat serta penjelasan lengkap mengenai darah. Selain itu kamu juga bisa belajar mengenai fungsi kotak P3K dan cara menggunakannya, serta melihat daftar nomor telepon darurat yang bekerja di seluruh dunia.

6. P3K Kesehatan

Aplikasi P3K Kesehatan

P3K Kesehatan adalah aplikasi yang cocok untuk semua kalangan karena setiap materi dilengkapi dengan panduan bertahap dan gambar agar mudah dipahami siapa saja. Materi yang ada pun bisa diakses secara offline dan cocok untuk dibawa kemana-mana.

Pada palikasi ini kamu bisa mendapatkan pelatihan pertolongan pertama, mulai dari kasus ringan hingga yang lebih berat dan serius. Untuk memudahkan kamu, aplikasi ini juga memberikan fitur pencarian agar kamu bisa menemukan materi dengan cepat dan akurat.

7. Panduan P3K Lengkap

Aplikasi Panduan P3K Lengkap

Panduan P3K Lengkap adalah aplikasi Android berisi panduan singkat mengenai tata cara pertolongan pertama sambil menunggu tenaga medis tiba. Pada aplikasi ini terdapat beragam info agar kamu dapat memberikan bantuan pertama pada korban yang mengalami kecelakaan, gangguan pernapasan, pendarahan, fraktur, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, aplikasi pertolongan pertama ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur yang bisa membantu traveler. Salah satunya adalah daftar nomor darurat serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri lengkap dengan peta agar kamu mudah menemukannya.

8. First Aid Kit

First Aid Kit

First Aid Kit jadi aplikasi pertolongan pertama dengan fitur yang lebih lengkap dibanding kebanyakan aplikasi serupa lainnya. Selain menyediakan info kesehatan lengkap, setiap materi juga memiliki tahapan yang dijelaskan dengan mudah serta panduan video agar lebih cepat dimengerti. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur text to speech (TTS) yang bisa membantu kamu membacakan instruksi yang ada.

Hal lain yang tidak kalah menarik, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam jejak medis kamu. Kamu pun bisa menghitung body mass index menggunakan kalkulator BMI mereka. Tidak ketinggalan, aplikasi ini juga menyedakan berita dan tips seputar kesehatan yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan pola hidup yang lebih sehat.

9. WebMD

webmd

WebMD adalah aplikasi kesehatan yang tidak hanya bisa memberikan kamu info mengenai pertolongan pertama, tapi juga info lengkap seputar kesehatan yang cocok untuk tenaga medis atau kamu yang sedang belajar di bidang keperawatan.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memeriksa penyakit berdasarkan symptomps, memeriksa obat dan kandungan di dalamnya, sampai mengingatkan kamu untuk meminum obat sesuai dengan anjuran dokter.


Aplikasi pertolongan pertama jadi aplikasi offline terbaik untuk traveling yang bisa kamu persiapkan sebelum berangkat. Dengan aplikasi ini, kamu tidak akan bingung saat terjadi musibah dan kecelakaan di tempat tujuan. Kamu pun bisa menelpon layanan darurat, bahkan ketika kamu berada di luar negeri sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *