aplikasi monitor detak jantung untuk memeriksa kesehatan jantung
Aplikasi, Gadget

6 Aplikasi Monitor Detak Jantung Terbaik di Android

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit serius yang banyak mengakibatkan kematian di seluruh dunia. Makanya, mengontrol dan memeriksa kesehatan jantung wajib dilakukan secara teratur.

Untuk melakukannya, sekarang kita tidak melulu perlu pergi ke dokter kalau cuma ingin memeriksa denyut jantung. Dengan aplikasi monitor detak jantung, kita dapat mengecek kinerja jantung secara mandiri dari mana saja. Yang lebih menarik lagi, kita tidak membutuhkan gadget tambahan untuk memakai aplikasi ini.

Bila kamu tertarik untuk memakai aplikasi monitor detak jantung, beberapa nama ini dapat kamu coba sekarang.

Aplikasi Cek Kesehatan Jantung di Android

1. myWorkouts Heart Rate Monitor

Aplikasi monitor detak jantung terbaik lainnya untuk Android adalah MyWorkouts. Aplikasi ini bukan hanya aplikasi pelacak saja, tetapi lebih dari itu. Selain memiliki fitur pelacakan kesehatan untuk penggunanya, aplikasi ini juga cocok untuk hiking dan tujuan lain. Melalui aplikasi ini kita dapat menyimpan peta offline yang dapat digunakan untuk keperluan nanti.

Dalam hal kesehatan, pengguna dapat melacak detak jantung, konsumsi kalori, dan bahkan lokasi mereka. Jadi jika kamu mencari aplikasi monitoring jantung yang serba bisa, myWorkouts bisa jadi pilihan kamu.

2. Heart Rate Monitor

Heart Rate Monitor akan memberi kita pengukuran denyut jantung yang tepat. Untuk memakai aplikasi ini, kita hanya perlu menempatkan jari di kamera hape, dan setelah beberapa saat aplikasi ini akan secara otomatis memperlihatkan hasil monitoring detak jantung kita.

Untuk mengamati kinerja jantung secara keseluruhan, kita bisa melihat grafik yang disajikan aplikasi ini. Pada keterangan aplikasi ini kita juga bisa memprediksi kalori yang terbakar per jam dan mengenali zona pelatihan detak jantung yang berbeda. Enaknya lagi, kita tidak membutuhkan perangkat keras tambahan untuk mengukur detak jantung.

Aplikasi ini mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi detak jantung sehingga memberikan pengukuran yang akuratnya. Heart Rate Monitor sangat mudah dipakai dan tersedia bebas di google play store.

3. Heart Rate Plus

Dengan aplikasi Heart Rate Plus, kita dapat memantau kinerja jantung di mana saja, kapan saja. Yang perlu kita lakukan adalah menaruh jari telunjuk pada flash ponsel atau kamera selama beberapa detik. Setelah itu aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi denyut nadi kita.

Aplikasi ini juga support smartwatch atau Android Wear yang memungkinkan kita untuk mengukur denyut nadi lewat alat tersebut. Tidak Cuma itu, aplikasi akan berhenti mengukur denyut jantung Kamu setelah 15 detik untuk mencegah gangguan. kita bahkan dapat mengontrol pengingat yang akan memberi pemberitahuan pada kita untuk mengukur detak jantung secara rutin.

4. Instant Heart Rate

Instant Heart Rate merupakan salah satu aplikasi terbaik yang ada di Google Play Store yang akan memberi kita pengukuran jantung yang akurat. Kita hanya perlu menaruh jari di belakang kamera dan dalam beberapa detik, aplikasi ini akan menampakkan hasilnya.

Di aplikasi ini kita bahkan bisa melihat hasil pengecekan melalui diagram PPG untuk mengamati pengukuran detak jantung secara tepat. Selain itu, kita dapat memakai aplikasi ini tiap hari untuk pengukuran yang tepat. Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk berbagi informasi dengan keluarga serta dokter. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga support Google Fit.

5. Cardiograph

Cardiograph akan membantu mengukur dan menghitung detak jantung memakai pendekatan yang serupa seperti yang dipakai oleh peralatan medis profesional. Kita bahkan bisa mendengarkan detak jantung dengan dukungan aplikasi ini. Kita dapat merekam seluruh hasil monitoring di satu tempat dengan membuat lebih dari satu profil.

Untuk memakai aplikasi ini, kita hanya perlu menekan jari ke kamera handphone. Selain itu, kita dapat memakai cahaya matahari atau sumber sinar lainnya bila flash kamera belakang tidak tersedia. Seluruh data kita nantinya secara otomatis diletakkan ke riwayat pribadi sehingga kita dapat melacak hasil pemeriksaan dari masa ke masa.

Aplikasi ini juga mensupport Android Wear yang pada akhirnya memungkinkan kita untuk mengukur denyut nadi lewat smart watch.

6. Qardio Heart Health

Qardio Heart Health merupakan salah satu aplikasi kesehatan terbaik yang pernah memenangkan 3CES awards. Aplikasi ini sangat mudah dipakai dan memungkinkan kita untuk membuat jurnal kesehatan sendiri.

Satu fitur menarik di aplikasi ini yaitu adanya feedback visual yang bisa memberikan kita informasi mendalam mengenai hasil pemeriksaan yang dilakukan. Kita juga bisa memakai aplikasi ini untuk menyesuaikan data dari aplikasi di perangkat lain. Kita bahkan bisa mengelola pengingat dan membagikan data kesehatan jantung kita dengan anggota keluarga dan juga dokter.

Satu hal yang tidak kalah penting, kita bisa mengunduh aplikasi ini secara cuma-cuma dari google play store tanpa ada permintaan pembelian dalam aplikasi.


Itulah daftar aplikasi monitor detak jantung terbaik untuk Android yang patut diunduh. Seluruh aplikasi monitor detak jantung ini akan memberi kita hasil pengukuran yang cepat dan tepat. Selain itu aplikasi kesehatan ini juga mudah dipakai tanpa perlu alat tambahan.

Meski begitu, kita tidak dapat sepenuhnya bergantung pada aplikasi ini sebab bagaimanapun analisis dokter tetap jadi prioritas penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *