aplikasi office gratis terbaik untuk Android
Aplikasi, Produktivitas

7 Aplikasi Office Gratis Terbaik untuk Android

Aplikasi office adalah salah satu aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas, baik untuk karyawan, guru, maupun murid. Melalui aplikasi tersebut, kita bisa mengolah dokumen teks, memasukan data dalam spreadsheet, atau membuat slide untuk presentasi.

Membuat dokumen office bisa dilakukan menggunakan aplikasi office dari Microsoft yang diinstal pada komputer. Tapi dengan semakin canggihnya smartphone, hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dari perangkat genggam.

Untuk melakukannya, kita hanya perlu menginstal salah satu aplikasi office terbaik berikut ini.

1. Microsoft Office

Microsoft Office desktop menjadi aplikasi standar pada pembuatan dokumen, makanya tidak heran bila aplikasi Androidnya juga menjadi salah satu aplikasi office terbaik untuk smartphone. Selain mengunduhnya sesuai kebutuhan (Word, Excel, Power Point), kamu juga bisa mengunduh aplikasi Microsoft Office untuk membuka ketiganya.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan file, menggunakan alat pengeditan, dan menggunakan OneDrive untuk menyinkronkan file desktop. Meski ada beberapa fitur berbayar, fitur dasar tersedia dalam versi gratis dan sudah cukup untuk penggunaan umum.

Download Microsoft Office

2. Google Drive

Google Drive adalah alternatif aplikasi Microsoft Office terbaik dan paling banyak digunakan. Meski sebenarnya lebih dikenal sebagai cloud storage,Google Drive dilengkapi aplikasi office sehingga mampu membuka dan mengedit file seperti PDF, Google Doc, Spreadsheet, Slide, dan Drive.

Selain itu aplikasi tersebut juga kompatibel dengan dokumen Microsoft Word sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk membukanya. Saat membuka dokumen melalui drive, maka aplikasi yang sesuai akan digunakan untuk mengaksesnya. Enaknya lagi, fitur yang ditawarkan sangatlah melimpah dibanding aplikasi office lainnya. Dan kamu pun bisa menggunakannya secara gratis sekaligus mendapatkan tempat penyimpanan online.

Download Google Drive

3. Office Suite

aplikasi office suite

Office Suite adalah layanan yang mendukung hampir semua format seperti DOC, DOCX, XLS, XLSX, PDF, ODT, OOS, dan ODP. Melalui aplikasi ini, kamu dapat mengakses dan menyinkronkan file di OneDrive, Google Drive, Amazon Cloud Drive, Dropbox, Box, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memiliki versi berbayar dan gratis. Jumlah versi berbayar mulai dari $19,99 hingga $29,99, yang memungkinkan pemindaian PDF, kemampuan Obrolan, dan fungsi lainnya. Namun, versi gratisnya memiliki semua fitur dasar yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Download Office Suite

4. Smart Office

aplikasi smart office android

Jika kamu mencari aplikasi yang bisa memenuhi semua harapan kamu, maka kamu harus menggunakan Smart Office. Smart Office adalah aplikasi kantor gratis dengan semua fitur dasar seperti dukungan untuk Word, Spreadsheet, presentasi, dan banyak lagi.

Dengan Smart Office, kamu juga bisa melihat dan menyimpan file PDF, file gambar, dan file jenis WMF, EMF. Jika kamu butuh aplikasi office sederhana, aplikasi ini adalah yang terbaik untuk digunakan, dan memiliki tampilan antar muka yang minimalis dan sangat mudah digunakan.

Download Smart Office

5. Polaris Office

aplikasi polaris office android

Polaris Office menawarkan banyak fitur dasar, dan pencarian dokumen, file terenkripsi, serta mendukung berbagai format dokumen populer hingga PDF. Dengan Polaris Office, kamu bisa melihat dan menyinkronkan file dan dokumen. Selain itu kamu juga bisa mengakses file di aplikasi lain seperti Google Drive, Dropbox, Box, dan OneDrive.

Pada versi gratis akan ada tampilan iklan yang cukup mengganggu, namun kamu bisa menghilangkannya dengan membayar biaya bulanan. Selain menghapus tampilan iklan, kamu juga bisa mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti penyimpanan cloud ekstra, dan kamu bisa memakainya di lebih dari tiga perangkat.

Download Polaris Office

6. WPS Office

aplikasi wps office android yang bisa digunakan sebagai pdf reader

WPS Office adalah salah satu aplikasi office paling populer dengan semua fitur utama MS Office dan Google Drive. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat serta mengedit presentasi dan spreadsheet. Kamu dapat dengan mudah menyimpan dan mengakses file dan dokumen seperti presentasi dan spreadsheet di mana pun kamu ingin menyimpannya.

Selain itu, aplikasi ini juga support format PDF sehingga kamu bisa menggunakannya sebagai aplikasi PDF reader. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan editor dan konverter PDF sehingga kamu bisa memodifikasi dan menambahkan tanda tangan kamu ke dalam file PDF.

Download WPS Office

7. Docs To Go

aplikasi docs to go

Seseorang dapat dengan mudah menggunakannya di perangkat Android karena aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat dan menyinkronkan file ke penyimpanan cloud. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk membuka dan mengedit file dan dokumen di melalui ponsel. Kamu bisa berbagi dan menerima lampiran email melalui Gmail dan alat email lainnya.

Di aplikasi ini, sangat mudah untuk menemukan dan mengganti dokumen dan mengeditnya secara gratis. Versi pro memungkinkan kamu untuk menggunakan kata sandi pada file Word, Excel, PowerPoint, dan PDF untuk mengamankannya agar tidak mudah diubah orang lain.

Download Docs To Go


Itu dia beberapa aplikasi office terbaik yang bisa kamu instal di Android. Dengan beragam fitur di dalamnya, aplikasi tersebut tidak kalah baiknya dibanding aplikasi office untuk desktop. Jadi, kamu pun bisa mengakses dokumen office dari mana saja dan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *