Aplikasi offline terbaik untuk traveling
Aplikasi, Traveling

11 Aplikasi Offline Terbaik untuk Kamu yang Hobi Traveling

Memilih aplikasi yang bisa digunakan secara offline akan sangat membantu jika kita tidak sedang terhubung dengan koneksi internet atau jaringan WiFi. Hal ini akan lebih berguna lagi saat kita melakukan perjalanan atau liburan ke tempat wisata.

Meski teknologi sudah semakin canggih, koneksi internet yang stabil masih menjadi kendala saat bepergian. Apalagi jika kita pergi ke tempat-tempat yang tidak umum dan jauh dari pusat kota. Padahal dalam smartphone kita mungkin ada banyak aplikasi traveling yang sudah kita siapkan.

Nah, agar liburan kamu tetap menyenangkan dan sesuai dengan rencana, kamu mungkin perlu mengganti aplikasi traveling kamu dengan beberapa aplikasi offline terbaik berikut ini.

Aplikasi Offline Terbaik

1. Google Maps

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau aplikasi navigasi terbaik ini bisa juga digunakan dalam keadaan offline. Sejak update besar di tahun 2018-2019, aplikasi ini menyempurnakan fitur agar kamu dapat menyimpan lokasi dan navigasi agar kamu bisa mengakses aplikasi ini tanpa terhubung dengan internet.

Dengan begitu, kamu bisa memilih kota dan wilayah lainnya, mensinkronkannya ke hape kamu, lalu menggunakannya untuk mendapatkan jalur terbaik, bahkansaat diakses dalam mode penerbangan.

Meski begitu ada beberapa fitur yang tidak bisa kamu gunakan dalam keadaan offline seperti info moda transportasi, atau fitur GPS untuk melacak pergerakan kamu.

2. Here We Go

Here We Go, aplikasi peta offline untuk traveling

Selain Google Map, aplikasi peta lain yang juga bisa diakses secara offline adalah Here We Go yang awalnya dikembangkan oleh Nokia. Tidak seperti Google Maps, di aplikasi ini kamu masih bisa mendapatkan petunjuk jalan, bersepeda, atau bahkan transportasi publik, meski diakses secara offline.

Proses pengunduhan data untuk wilayah tertentu pun dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Meski begitu kamu patut waspada terhadap besarnya data yang akan kamu unduh, terutama bila kamu ingin memiliki peta offline untuk kota tertentu.

3. Google Translate

Saat bepergian ke negara lain, bahasa biasanya jadi kendala terbesar, apalagi jika mereka lebih banyak menggunakan bahasa lokal selain Inggris.

Nah, salah satu aplikasi penerjemah terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Google Translate yang tersedia pada hp Android dan iPhone. Tidak cuma bisa diakses secara online, Google Translate juga memungkinkan kamu unguk mengunduh lebih dari 50 paket bahasa agar kamu bisa menggunakannya secara offline.

Saat diakses secara offline, kamu bisa menggunakan semua fitur Google Translate dengan baik. Jadi selain mengartikan kata atau kalimat tertentu, kamu juga bisa mengarahkan kamera kamu ke tulisan tertentu dan mengartikannya secara real-time.

4. TripIt

TripIt adalah salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk membuat itinerary. Enaknya lagi, kamu bisa menggunakannya tanpa perlu terhubung dengan internet.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa melihat dan mem-booking hotel, penerbangan, rental mobil, dan masih banyak lagi hanya dari satu aplikasi saja. Bukti pembelian yang kamu lakukan bisa disimpan dan diakses secara offline bila diperlukan.

Tidak hanya itu, kamu bisa memonitor email untuk booking travel dan mendapatkan updates. Kamu bahkan bisa meneruskan konfirmasi dan aplikasi ini akan mengerjakannya setelah terhubung dengan internet.

5. TripAdvisor

TripAdvisor, aplikasi itinerary dan travel planer offline

Sama seperti TripIt, TripAdvisor adalah aplikasi itinerary lain yang bisa digunakan secara offline. Dengan aplikasi offline ini, kamui bisa membuat rencana liburan dengan memilih restoran, akomodasi, hingga atraksi berdasarkan review pengguna. Enaknya lagi, semua tempat yang ingin kamu kunjungi bisa kamu simpan agar kamu tidak ketergantungan internet untuk melihatnya.

6. Pocket

Pocket adalah aplikasi unik yang dapat menyimpan beragam konten dari berbagai situs agar kamu bisa mengkurasi dan membacanya saat offline.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memiliki bacaan seru di perjalanan yang mungkin tidak sempat kamu baca. Selain itu Pocket juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan info-info menarik seputar lokasi wisata yang akan kamu kunjungi. Agar lebih tertata rapi, kamu bisa memberikan tag dan kategori untuk memudahkan kamu memilah-milih bacaan yang kamu simpan.

7. XE Currency

XE Currency - aplikasi kurs mata uang gratis yang bisa dipakai offline

XE Currency adalah aplikasi penukaran mata uang yang sangat berguna jika kamu bepergian ke luar negeri. Dengan begitu kamu bisa mengkonversi mata uang dengan mudah dan mendapatkan harga yang sesuai saat melakukan pembayaran.

Jika kamu ingin mengunjungi negara tertentu, pastikan kamu sudah menambahkan mata uang negara tersebut agar kamu bisa menggunakannya secara offline. Meski begitu kamu perlu mengupdatenya secara berkala agar kurs mata uang kamu selalu mengikuti perubahan terbaru.

8. Money Lover

Buat kamu yang bepergian dengan budget minim, menggunakan aplikasi keuangan bisa jadi solusi agar kamu tidak menghabiskan uang melebihi budget kamu. Dengan aplikasi semacam ini, kamu bisa mencatat semua pengeluaran dengan mudah dan memberikannya kategori untuk melihat pos pengeluaran paling boros selama traveling.

Salah satu aplikasi keuangan yang bisa digunakan saat traveling adalah Money Lover. Pada aplikasi ini terdapat Mode Perjalanan yang dibuat khusus untuk turis agar lebih mudah memantau pengeluaran selama bepergian.

Jika sudah terhubung dengan internet, kamu bisa sinkronisasi data dengan Dropbox agar kamu bisa mengaksesnya nanti dari perangkat apa saja.

9. Evernote

Sekilas Evernote tampak tidak berhubungan dengan traveling sama sekali. Tapi aplikasi jurnal ini akan sangat berguna untuk mengumpulkan semua catatan perjalanan kamu mulai dari daftar itinerary, tempat-tempat yang harus dikunjungi, foto tiket dan akomodasi, hingga mencatat semua kegiatan yang kamu lakukan selama liburan lengkap dengan fotonya.

10. Wifi Map

Wifi Map - aplikasi pencari wifi hotspot gratis

WiFi bisa jadi koneksi internet yang bisa kamu andalkan selama dalam perjalanan. Untuk mencari lokasi WiFi gratis terdekat, kamu bisa menggunakan aplikasi Wifi Map.

Selain bisa digunakan secara online, WiFi Map juga bisa diakses secara offline dengan mengunduh peta Wifi mereka untuk wilayah yang akan kamu kunjungi. Tidak hanya letaknya, kamu juga bisa mendapatkan info mengenai username dan password yang digunakan.

Sayangnya mode offline hanya terdapat pada versi premium. Namun jika kamu sering bepergian sepanjang tahun, akses ke 150 juta Wifi Hotspot tentunya jadi harga yang sepadan bukan?

11. First Aid – IFRC

Keselamatan jadi hal penting yang harus mendapatkan perhatian saat bepergian. Sayangnya kecelakaan dapat terjadi tiba-tiba dan bisa menjadi hal yang serius bila tidak ditangani dengan cepat.

Karena itulah, penting untuk mengetahui beberapa pengetahuan dasar mengenai pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Apalagi jika kamu mengunjungi alam bebas atau tempat yang cukup sepi pengunjung. Dengan begitu kamu tidak panik dan tahu apa yang harus dilakukan.

Salah satu aplikasi offline yang bisa membantu kamu adalah First Aid yang dikembangkan secara resmi oleh IFRC (International Federation of Red Cross). Selain memiliki instruksi sederhana yang dilengkapi dengan video dan animasi, aplikasi ini juga bisa terhubung dengan nomor telepon darurat di seluruh dunia dan sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.


Itulah dia beberapa aplikasi offline terbaik untuk traveling yang bisa menemani liburan kamu dan membuat perjalanan kamu nyaman. Dengan aplikasi offline di atas, kamu bisa menyusun jadwal liburan dengan lebih baik serta memudahkan kamu saat berada di lokasi wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *