aplikasi pdf reader terbaik untuk android
Aplikasi, Produktivitas

7 PDF Reader Terbaik untuk Android

Portable Document Format (PDF) menjadi salah satu format dokumen terpopuler. Salah satu kelebihannya adalah portabilitasnya sehingga file ini bisa dibuka di perangkat apapun.

Smartphone sendiri juga bisa digunakan untuk membuka file PDF. Namun untuk melakukannnya kita harus menginstal PDF reader terlebih dahulu. Tidak hanya bisa membacanya saja, beberapa aplikasi PDF reader juga hadir dengan banyak fitur tambahan lain yang bermanfaat.

Nah, jika kamu sedang mencari aplikasi PDF reader terbaik untuk Android, berikut adalah beberapa nama yang patut dipertimbangkan.

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Reader adalah pilihan paling umum bagi banyak pengguna yang ingin membaca dan mengedit PDF. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membaca file PDF apa pun yang tersimpan di kartu SD, Google Drive, email, atau bahkan memori telepon.

Adobe Acrobat Reader memindai semua PDF di perangkat kamu dan meyimp[annya di bawah tab “Lokal”. Selain melihatnya, kamu juga bisa mengedit file PDF, menambahkan komentar teks, manambahkan highlight, menandatangani dokumen, dll.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan support untuk Dropbox sehingga kamu bisa menyimpan, mengakses dan mengeditnya langsung. Tidak hanya itu, kamu pun bisa membuat akun Adobe Document Cloud di dalam aplikasi yang memungkinkan kamu menyimpan file secara online.

Download Adobe Acrobat Reader

2. Foxit PDF Editor

Foxit PDF editor, aplikasi pdf reader alternatif terbaik adobe acrobat

Foxit PDF Reader dikenal lama sebagai salah satu alternatif terbaik Adobe Acrobat Reader. Tidak heran bila aplikasi ini cukup populer di Google Play Store dan mendapatkan rating yang baik.

Aplikasi ini dapat membuka PDF dengan cepat. Kamu pun dapat mengontrol orientasi dengan mudah, mengubah ukuran teks, menyesuaikan kecerahan layar, hingga mengubah latar belakang agar teks lebih nyaman untuk dibaca.

Fitur anotasi sederhana membantu dalam menambahkan catatan, menyorot teks, atau menggambar di halaman PDF. Selain itu, teknologi Connected Foxit memungkinkan berbagi komentar dan perubahan dengan orang lain secara real-time.

Download Foxit PDF Editor

3. Xodo PDF Reader

Xodo PDF Reader memiliki mesin tampilan PDF yang cepat dan menawarkan navigasi yang mulus. Pengguna dapat mengakses file PDF dari dokumen atau halaman web, membuat file PDF baru, dan menambahkannya ke folder baru.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat membuka dokumen, menyorot dan menggarisbawahi teks, menambahkan tanda tangan, panah, lingkaran, menghapus atau memutar halaman, dll. Selain itu aplikasi ini juga secara otomatis menyinkronkan file PDF yang diedit ke Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

Aplikasi ini bisa menampilkan dokumen dalam format multi-tab atau mode layar penuh. Selain itu terdapat pula fitur bookmark, mode malam, dan pengaturan mode tidur layar. Dan yang tidak kalah penting, aplikasi ini juga bebas iklan.

Download Xodo PDF Reader

4. Librera

Librera, aplikasi pdf reader sekaligus ebook reader

Librera adalah salah satu aplikasi pembaca PDF yang cukup menarik. Tidak hanya bisa membuka format PDF, Librera juga bisa digunakan untuk membaca format ebook populer lain seperti EPUB, EPUB3, MOBI, DJVU, ZIP, TXT, dll.

Ini juga menampilkan desain modern, mode siang dan malam untuk membaca lebih mudah di malam hari, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat mendengarkan buku menggunakan Text-To-Speech jika Anda mau. Aplikasi ini sedikit buggier daripada kebanyakan yang lain dalam daftar ini, tetapi juga sepenuhnya gratis (dengan iklan). Mereka memiliki pembaca PDF lain di Google Play. Ini berjalan dengan nama hambar PDF Reader dan juga bekerja dengan cukup baik.

Download Librera

5. All PDF

All PDF, aplikasi pdf reader gratis untuk android

All PDF adalah aplikasi PDF menarik yang gratis untuk digunakan. Meskipun sekilas mirip dengan aplikasi lainnya, All PDF dilengkapi dengan beberapa fitur yang umumnya merupakan fitur premium di aplikasi lain.

Salah satu fitur yang jarang ditemui pada PDF reader gratis adalah menu untuk menggabungkan atau membagi file PDF. Selai itu All PDF juga memungkinkan kamu untuk mengonversi PDF menjadi gambar, mengontrol pencetakan dan berbagi dari aplikasi, dan mengurangi ukuran file.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberi tanda pada file yang paling penting dan menampilkan semua PDF dalam tampilan grid. Saat menutup dan membuka kembali file, kamu akan diarahkan langsung menuju halaman terakhir tempat kamu meninggalkannya, jadi tidak perlu memulainya lagi dari awal.

Download All PDF

6. PDF Reader

PDF reader classic yang ringan dan cepat

PDF Reader Classic adalah aplikasi PDF untuk Android yang kurang dikenal namun memiliki fitur PDF yang diperlukan dan bekerja dengan cukup baik. Saat membuka file apa pun, kamu dapat memilihnya dari tiga mode membaca yang berbeda.

Aplikasi ini bisa menjadi ebook reader yang baik dan mendukung banyak format file lain seperti EPUB, MOBI, DjVu, HTML, RTF, dll. Selain itu kamu juga dapat melihat presentasi, komik, dan lembaran musik. Ini termasuk tampilan dokumen multi-tab, dukungan text-to-speech, mode malam, favorit, bookmark, dll.

Download PDF Reader

7. PDF Viewer Lite

PDF viewer lite untuk membuka pdf dengan cepat

PDF Viewer Lite ditawarkan sebagai aplikasi pembaca PDF ringan yang memiliki ukuran ringan dan tidak membutuhkan banyak resource. Dengan begitu kamu bisa membuka file PDF secepat kilat tanpa perlu menunggu lama.

Meski begitu, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup banyak seperti kompres PDF, memberi password pada file PDF, menghapus halaman, mengubah gambar ke PDF, atau menggabungkan file PDF. Hebatnya lagi, aplikasi ini merupakan open source yang tidak disuguhi iklan sama sekali.

Download PDF Viewer Lite

8. Ebook Droid

Ebook droid, aplikasi pdf reader yang support berbagai macam format ebook lain

EBookDroid adalah salah satu aplikasi PDF reader yang ringan dan bebas iklan untuk Android. Selain membaca dokumen PDF, aplikasi ini juga bisa dipakai sebagai aplikasi ebook reader untuk membuka banyak format ebook populer seperti DjVu, PDF, XPS, EPUB, RTF, MOBI, dan banyak lagi.

Aplikasi PDF reader Android ini menawarkan tampilan halaman terpisah, memotong margin secara manual, memilih atau menyorot teks, menambahkan catatan, anotasi tulisan tangan, dll. Selain itu, ia memiliki banyak opsi yang dapat disesuaikan. Kamu juga dapat mengubah gaya antarmuka, menyesuaikan pintasan gerakan (swipe), menyesuaikan format, dll.

Download Ebook Droid

9. WPS Office

WPS Office, aplikasi office yang bisa digunakan untuk membuka PDF

WPS Office adalah salah satu aplikasi office terbaik untuk Android, yang menawarkan fitur membaca PDF yang terintegrasi dengan baik. Kamu bisa membuka file PDF apa pun dari media penyimpanan, memotongnya, menambahkan bookmark, mencetak, atau menyimpannya ke penyimpanan Cloud.

WPS Office memungkinkan kamu untuk memindai dokumen kertas ke PDF menggunakan kamera ponsel. Selain itu, kamu juga bisa mengonversi dokumen dan file kantor yang dibuat dalam MS Word, Excel, PowerPoint, dll., ke dalam format PDF.

Bila kamu menggunakan versi premium, kamu bisa membuka fitur tambahan seperti tanda tangan pada PDF, menggabungkan PDF, dll. Selain itu kamu juga jadi bebas untuk menggunaan aplikasi tanpa iklan.

Download WPS Office


Itu dia beberapa apliaksi PDF reader terbaik untuk Android yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika hanya ingin membaca file PDF, kamu bisa memilih aplikasi yang ringan agar file lebih cepat terbuka. Namun jika kamu ingin melakukan banyak hal lainnya, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi yang menawarkan banyak fitur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *