aplikasi pencatat pengeluaran saat traveling dan jalan-jalan
Aplikasi, Keuangan, Traveling

Mau Traveling? Instal Aplikasi Ini Agar Kamu Tidak Boros!

Traveling bisa jadi hobi yang menguras isi kantong, mulai dari membeli tiket perjalanan, akomodasi, hingga membayar semua keperluan selama bepergian.

Makanya, kita harus pintar mengelola keuangan saat traveling, apalagi jika kita hanya memiliki budget yang terbatas.

Untungnya kini ada banyak aplikasi pencatat pengeluaran yang bisa kita gunakan. Beberapa bahkan dibuat khusus untuk traveler sehingga mereka bisa mengontrol pengeluaran selama liburan.

Nah, jika kamu juga berencana untuk jalan-jalan ke tempat wisata, berikut adalah beberapa aplikasi pencatat pengeluaran traveling agar biaya perjalanan kamu tetap terkendali dan tidak boros.

7 Aplikasi Pencatat Pengeluaran Traveling

1. Money Lover

Jika kamu butuh aplikasi pengelola keuangan terbaik untuk kebutuhan pribadi dan rumah tangga, maka Money Lover wajib kamu pertimbangkan.

Selain bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mencatat hutang dan piutang, membuat pengingat tagihan, dan melakukan sinkronisasi melalui cloud storage Dropbox.

Khusus untuk traveling, kamu bisa menggunakan fitur budgeting pada aplikasi ini atau menggunakan Mode Perjalanan yang memang dibuat khusus untuk turis dan pelancong agar lebih mudah dalam memantau pengeluaran mereka selama jalan-jalan.

2. Trail Wallet Travel Budget Ap‪p

aplikasi pencatat pengeluaran traveling terbaik di iOS, trail wallet

Trail Wallet adalah aplikasi pencatat pengeluaran yang cocok untuk traveler. Dibuat oleh mantan travel blogger, aplikasi ini kini menjadi andalan traveler lainnya untuk mengelola pengeluaran mereka selama jalan-jalan.

Degnan aplikasi ini, kita bisa mencatat pengeluaran dan mengaitkannya dengan perjalanan dan tanggal agar kita bisa dengan mudah melihat total pengeluaran berdasarkan waktu atau trip yang dilakukan. Selain itu kita juga bisa membagi pengeluaran di beberapa tanggal agar kita bisa melihat total biaya untuk perjalanan tertentu. Fitur ini akan berguna agar biaya perjalanan yang dikeluarkan tidak keluar dari budget yang sudah ditentukan.

Satu fitur menarik lainnya adalah adanya variasi mata uang yang bisa digunakan. Hal ini akan berguna jika kita menggunakan beberapa mata uang sekaligus saat bepergian, misalnya pembayaran tiket dan akomodasi dalam Dollar tapi makan-makan dengan Euro.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan di iOS saja. Setiap pengguna iPhone memiliki free trial yan gbisa digunakan untuk 25 item pengeluaran untuk satu perjalanan. Untuk pengguna Android, cek aplikasi selanjutnya yah!

3. Travel Budget – Offline Expense Tracker

travel budget, aplikasi budgeting untuk jalan-jalan

Travel Budget menjadi aplikasi yang paling sederhana untuk kamu yang tidak mau ribet mencari aplikasi untuk mencatat semua pengeluaran kamu selama liburan. Aplikasi ini bisa digunakan secara offline sehingga kamu tidak butuh koneksi internet untuk mulai menggunakannya.

Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat budgeting untuk 5 kategori. Masing-masing bisa digunakan untuk mendata biaya perjalanan dengan cara yang mudah. Di akhir perjalanan, terdapat laporan singkat agar kita bisa melihat biaya rata-rata sebuah perjalanan yang nantinya bisa kamu bagikan kepada orang lain.

4. TravelSpend – Track Travel Expenses & Trip Budget

travelspend untuk melacak pengeluaran saat bepergian

TravelSpend dibuat khusus oleh orang yang memang mengerti rumitnya mengelola keuangan saat bepergian. Aplikasi yang bisa dipakai di ponsel iOS dan Android ini bisa digunakan secara offline. Kamu pun bisa menambahkan pengeluaran dalam berbagai mata uang yang nantinya akan dikonversi secara otomatis ke mata uang default kita.

Aplikasi ini juga menyediakan laporan keuangan yang dilengkapi dengan grafik agar kita bisa melihat pengeluaran rata-rata, total, serta harian kita dengan cepat. Kita bahkan bisa menandai pembelian yang dilakukan dengan tempat kita melakukannya.

Aplikasi ini bisa digunakan sepenuhnya secara gratis. Namun jika kamu menggunakan versi premiumnya, akan ada fitur tambahan lain seperti berbagi biaya perjalanan dengan orang lain, melacak penggunaan kartu kredit, mengekspor data ke CSV, dan masih banyak lagi.

5. Tripcoin – Travel budge‪t‬

Tripcoin adalah aplikasi sederhana yang bisa digunakan untuk melacak semua pengeluaran selama kita melakukan perjalanan. Sama seperti Trail Wallet, untuk sekarang aplikasi ini hanya bisa dipakai di iPhone atau iPad saja.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mencatat dan mengaitkan pengeluaran pada kategori tertentu, serta memasukan lokasi, tanggal, dan skrinsut untuk memudahkan kita melacak pengeluaran tersebut.

Aplikasi ini memiliki fitur filter yang sangat bai. Kita dapat mencari dan melihat pengeluaran berdasarkan tanggal, kategori, metode pembayaran, atau bahkan negara tertentu. Selain itu terdapat pula konverter mata uang yang bisa diatur secara manual ataupun menggunakan data real-time.

Yang tidak kalah menarik, kita bisa mencadangkan data dari aplikasi ini secara otomatis ke cloud storage Dropbox. Dengan begitu data-data pengeluaran kita akan aman dan bisa diakses kembali dengan mudah saat data di ponsel terhapus.

6. Splitwise

spliotwise, aplikasi untuk membagi biaya traveling beramai-ramai dalam grup

Jika kamu pergi bersama teman atau berada dalam group tour, Splitwise adalah aplikasi yang cocok untuk kamu. Tidak hanya untuk mengatur biaya perjalanan, kamu bahkan bisa menggunakannya untuk membagi pengeluaran di antara teman sekamar atau hanya pembelian sehari-hari dengan teman.

Aplikasi ini memiliki fitur yang unik di mana kamu bisa meminta teman atau anggota keluarga untuk bergabung dengan grup dan setiap orang dapat memasukkan semua biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan bersama tersebut.

Setelah itu aplikasi ini akan merinci pengeluaran dan memberi tahu setiap individu berapa banyak biaya yang harus mereka tanggung secara adil. Kamu bahkan bisa menentukan pengeluaran mana yang harus dibagi di antara individu-individu tertentu. Seperti aplikasi lain di daftar ini, kamu juga bisa menyertakan gambar dan catatan untuk setiap pengeluaran yang dimasukkan.

7. Tricount – Split bills & manage group expenses

tricount

Sama seperti Splitwise, Tricount adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang bepergian beramai-ramai. Aplikasi ini mendukung banyak mata uang dan memungkinkan kamu mengambil gambar atau tanda terima untuk melengkapi setiap biaya yang dimasukkan.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membagi pengeluaran di antara beberapa orang di dalam grup yang kamu buat. Setiap orang nantinya dapat menambahkan pengeluaran mereka sendiri dan menentukan jumlah tertentu (atau persentase) untuk setiap individu dalam grup. Di akhir perjalanan, kamu akan menerima rincian mengenai biaya perjalanan dan hutang setiap orang satu sama lain.


Itu dia beberapa aplikasi pencatat pengeluaran yang bisa kamu gunakan saat traveling. Selain membantu membuat budgeting, aplikasi ini juga memastikan kamu memperhatikan pengeluaran agar tidak boros saat sedang liburan. Dengan begitu kamu bisa lebih banyak berhemat atau membeli lebih banyak oleh-oleh untuk orang-orang tercinta di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *