aplikasi penerjemah terbaik alternatif google translate
Aplikasi, Traveling

9 Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android Selain Google Translate

Aplikasi penerjemah jadi salah satu aplikasi traveling terbaik yang perlu kamu persiapkan, terutama jika kamu bepergian ke negara yang jarang menggunakan bahasa Inggris dan tulisan latin seperti Thailand, India, Jepang, Cina, atau negara-negara Timur Tengah.

Dengan menggunakan aplikasi terjemah, keterbatasan bahasa kamu tidak menjadi masalah. Kamu pun bisa membaca papan nama jalan, menu makanan, brosur, dan tulisan lainnya dengan mudah. Beberapa aplikasi penerjemah terbaik bahkan memiliki fitur untuk mengartikan kalimat secara real-time dan bisa digunakan untuk percakapan.

Bicara aplikasi penerjemah terbaik, kita mungkin akan terbayang Google Translate. Padahal di Android dan iOS ada banyak aplikasi penerjemah selain Google Translate yang juga tidak kalah bagusnya.

Nah, buat kamu yang sedang bersiap-siap untuk bepergian ke luar negeri, berikut adalah beberapa aplikasi penerjemah terbaik dan alternatif Google Translate yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi Terjemah Terbaik

1. Google Translate

Google Translate jadi aplikasi penerjemah paling populer sejagat, dengan support lebih dari 100 bahasa di aplikasi smartphone. Tidak hanya mengartikan kata atau kalimat saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan cara pengucapan kata asing, menerjemahkan tulisan dari foto/gambar, dan masih banyak lagi.

Satu tips Google Translate penting yang perlu kamu ketahui, aplikasi penerjemah ini juga bisa lho digunakan secara offline. Dengan begitu kamu tetap bisa menggunakannya meski tidak terhubung dengan jaringan internet atau WiFi.

Satu fitur keren lain dari Google Translate yang penting saat traveling adalah mode Conversation-nya. Dengan begitu kamu bisa ngobrol dengan lawan bicaramu meski menggunakan bahasa yang berbeda. Sayangnya memang fitur ini belum sempurna karena kamu harus berbicara dengan bahasa formal dan dilakukan dengan perlahan. Tapi untuk ukuran aplikasi gratis, Google Translate tetap jadi aplikasi penerjemah terbaik yang bisa kau miliki.

2. Microsoft Translator

microsoft translator jadi aplikasi penerjemah kalimat bahasa inggris offline terbaik selain google translate

Microsoft Translator rasanya jadi aplikasi penerjemah offline selain Google Translate terbaik yang bisa kamu gunakan dengan fitur yang tidak jauh berbeda. Selain mempu menerjemahkan teks, audio, atau gambar, kamu juga bisa menyimpan hasil terjemahan untuk referensi di kemudian hari.

Hasil terjemahannya sendiri mungkin tidak akan senatural Google, tapi fitur Phrasebook di dalamnya membuat aplikasi ini patut jadi pertimbangan.

Sama seperti buku panduan bahasa tertentu untuk perjalanan pada umumnya, fitur tersebut memungkinkan kamu untuk melihat kata dan kalimat yang akan sering kamu gunakan. Dengan begitu kamu tidak perlu mengetik untuk mengucapkan beberapa kalimat umum, seperti “di mana lokasi ATM terdekat”, “bagaimana cara untuk sampai ke …”, dan masih banyak lagi.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa membuat phrasebook kamu sendiri atau menggunakan daftar kalimat yang sering digunakan dalam berbagai bidang mulai dari travel, kesehatan, teknologi, hingga keadaan darurat.

3. Speak & Translate

Speak & Translate jadi aplikasi penerjemah audio dan percakapan langsung terbaik di iOS

Bagi pengguna iPhone, Speak & Translate adalah aplikasi penerjemah bahasa otomatis terbaik yang bisa kamu gunakan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini fokus pada percakapan dan bisa menerjemahkan audio secara langsung.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengartikan teks dari 117 bahasa, serta mengartikan audio dari 54 bahasa. Kamu pun bisa mengintegrasikan layanan ini dengan Apple Watch agar lebih mudah digunakan.

Pada versi gratisnya, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur dasar yang cukup untuk penggunaan biasa. Jika kamu menggunakan versi premium, kamu bisa menerjemahkan lebih banyak kata, menggunakan aplikasi secara offline hingga 10 bahasa, serta menghilangkan tampilan iklan.

4. SayHi

SayHi adalah alternatif Google Translate untuk menerjemahkan audio dan percakapan

Jika kamu butuh alternatif Speak & Translate yang juga bisa digunakan di hp Android, kamu bisa download aplikasi SayHi. Sama seperti aplikasi penerjemah lainnya, kamu bisa menggunakan beragam input, meski aplikasi ini dioptimalkan untuk percakapan langsung.

Salah satu hal yang membuat aplikasi ini unik adalah adanya support terhadap beberapa dialek tertentu seperti bahasa Arab yang diucapkan dengan dialek Arab Saudi, Mesir, atau Maroko. Bahasa Spanyol dengan dialek dari berbagai negara di Amerika Selatan, atau bahasa Mandarin Cina dan Taiwan.

Satu kekurangan aplikasi ini adalah tidak adanya dukungan offline sehingga kamu harus selalu terhubung dengan internet untuk menggunakannya. Namun aplikasi ini sepenuhnya gratis dan cocok untuk digunakan sebagai alternatif Google Translate.

5. Papago

Naver Papago jadi aplikasi penerjemah bahasa Korea terbaik

Papago adalah aplikasi translate buatan Naver yang bisa diakses lewat hp Android, iPhone, atau secara online melalui browser. Aplikasi ini jadi salah satu penerjemah yang akurat selain Google Translate, terutama untuk bahasa Korea.

Selain menerjemahan kata dari teks, audio, atau gambar, Papago bahkan menyediakan toggle on/off untuk mengaktifkan gelar kehormatan (honorifics) yang banyak digunakan saat berbicara atau mengirim pesan teks pada orang yang lebih tua atau senior.

Aplikasi ini mampu menerjemahkan banyak hal mulai dari percakapan biasa hingga lirik lagu Kpop. Kamu bahkan bisa mengartikan artikel hanya dengan menyalin link URL-nya saja. Dan selain bahasa Korea, aplikasi ini juga baik untuk menerjemahkan bahasa lain serta support bahasa Indonesia, sehingga kamu bisa translate bahasa Inggris ke Indonesia atau Mandarin ke Indonesia dengan mudah.

6. Pleco

Pleco adalah aplikasi penerjemah bahasa mandarin terbaik

Bila kamu berencana untuk mengunjungi negara yang menggunakan bahasa Mandarin atau Kanton, maka Pleco jadi aplikasi penerjemah bahasa Cina yang bisa kamu gunakan.

Pleco sendiri lebih mirip dengan aplikasi kamus mandarin. Namun di sini kamu bisa menggunakan fitur optical camera recognition (OCR) untuk melihat arti dari kata-kata yang ada pada tanda jalan, menu, tulisan tangan, dan bentuk tulisan lainnya. Hasil terjemahan pun cukup akurat mengingat Pleco menggunakan informasi dari Oxford, Longman, dan penerjeman lainnya.

Tidak hanya mendapatkan artinya, kamu juga bisa melihat contoh penggunaannya dalam kalimat serta cara pengucapannya. Audionya pun menggunakan suara native speaker sehingga kamu bisa mengucapkan kata dengan lebih baik. Satu hal yang menarik, kamu bisa mengubah kata dari kamus ini menjadi flashcards untuk menjadi bahan belajar kamu.

7. SpanishDict Translator

SpanishDict Translator jadi penerjemah yang akurat selain Google Translate khusus untuk bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol menjadi salah satu mega language yang banyak di banyak negara, terutama di benua Amerika. Makanya belajar bahasa Spanyol akan sangat membantu kamu saat berkunjung ke Spanyol atau beberapa negara di Amerika Tengah dan Selatan.

Meski ada banyak aplikasi bahasa Spanyol, kamu bisa mempertimbangkan SpanishDic Translator sebagai aplikasi penerjemah bahasa Spanyol terbaik sebagai alternatif Google Translate. Selain bisa diakses lewat web, layanan ini juga tersedia di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Selain bisa dipakai untuk menerjemahkan bahasa Spanyol, SpanishDic juga menyediakan sarana belajar dan panduan grammar lengkap yang meliputi banyak topik. Selain itu ada juga phrasebook dari berbagai kategori yang bisa membantu kamu lebih cepat menguasai kalimat dasar dalam bahasa Spanyol sehari-hari.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis, meski akan menampilkan iklan. Jika kamu ingin menghilangkannya, kamu bisa membeli versi premium yang hadir dengan fitur tambahan seperti offline quiz atau cheat sheets.

8. Arabic Dictionary and Translator

Arabic Dictionary & Translator adalah aplikasi selain Google Translate khusus untuk bahasa Arab

Jika kamu berencana untuk mengunjungi negara di kawasan Timur Tengah, aplikasi penerjemah bahasa Arab pastinya akan sangat membantu. Aplikasi penerjemah bahasa Arab ke Indonesia sendiri sebenarnya cukup banyak, namun kebanyakan menawarkan fitur yang sama dan hanya berbeda tampilannya saja.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan aplikasi Arabic Dictionary & Translator yang dapat menerjemahkan bahasa Arab ke Inggris dan sebaliknya.

Pada aplikasi ini kamu bisa mendapatkan terjemahan yang akurat mengambil data dari Google, Microsoft, Yandex, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa mendapatkan sinonim, antonim, serta kata-kata yang berhubungan di setiap hasil pencarian kamu.

Selain baik untuk mempersiapkan diri sebelum traveling, aplikasi ini juga bisa membantu kamu untuk belajar kata-kata baru dalam bahasa Arab dengan membuat flashcard.

9. Yandex Translator

Yandex Translator jadi Aplikasi penerjemah bahasa Rusia terbaik selain Google Translate

Aplikasi penerjemah selain Google Translate lain yang juga bisa kamu andalkan adalah Yandex Translator. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengartikan kata dan kalimat dari 100 bahasa berbeda mulai dari bahasa Perancis, Italia, Turki, Spanyol, dan masih banyak lagi. Meski begitu aplikasi ini bekerja jauh lebih baik dari Google Translator untuk bahasa Rusia.

Tidak hanya mengartikan kata dalam bentuk teks saja, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan audio atau suara kamu secara langsung. Cukup bicara melalui aplikasi ini, maka Yandex Translator akan menerjemahkannya langsung untuk kamu dan lawan bicaramu. Beberapa bahasa pun bisa diunduh agar bisa dipakai tanpa internet dan jadi aplikasi offline terbaik untuk kamu yang hobi traveling.

Selain itu aplikasi ini juga bisa mengartikan tulisan menggunakan kamera, menerjemahkan isi website, serta menyimpan terjemahan dalam menu Favorites. Menariknya, kamu bisa memasang aplikasi ini dengan Android Wear untuk mempermudah pemakaian.


Meski Google Translator memiliki fitur lengkap yang membuatnya populer, masih ada banyak aplikasi penerjemah terbaik lain selain Google Translator yang ternyata tidak kalah canggih. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu tentu bisa mempersiapkan diri lebih baik saat ingin traveling ke luar negeri bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *