aplikasi pengelola keuangan pribadi dan rumah tangga terbaik
Aplikasi, Keuangan

10 Rekomendasi Aplikasi Pengelola Keuangan Rumah Tangga Terbaik

Aplikasi pengatur keuangan sudah sepantasnya ada pada setiap orang yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengelola keuangan dengan lebih baik agar cash flow tetap terjaga dan kita bisa merencanakan banyak hal untuk berbagai keperluan.

Tidak perlu pena dan kertas lagi, semua transaksi keuangan yang kita lakukan kini bisa dicatat dengan mudah menggunakan smartphone. Aplikasi ini pun menyediakan laporan keuangan yang bisa membantu kita untuk melihat pos pengeluaran terbesar, pengeluaran tetap bulanan, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kamu butuh rekomendasi aplikasi pengetur keuangan pribadi dan rumah tangga terbaik, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan di hp Android maupun iOS.

1. Google Sheet

File Excel mungkin menjadi pilihan banyak orang dalam mengatur keuangan rumah tangga mereka, terutama sebelum aplikasi keuangan pribadi booming seperti sekarang.

Tergantung skill Excel yang kamu miliki, software ini sangat flexibel untuk digunakan dalam pencatatan pengeluaran, budgeting, hingga membuat laporan keuangan bulanan.

Jika kamu masih ingin tetap mempertahankan cara lama menggunakan file Excel, tidak ada salahnya untuk meneruskannya karena file dengan format ini kini juga bisa diakses dengan mudah dari hp menggunakan aplikasi tambahan atau secara online melalui aplikasi Google Drive/Docs yang memiliki program bawaan bernama Google Sheet untuk membuka file dengan ekstensi XLS/XLSX.

2. AndroMoney

aplikasi pengelola keuangan pribadi terbaik di Android dan ios

AndroMoney jadi salah satu aplikasi pengelola keuangan populer pertama yang bisa kamu coba terlebih dahulu. Aplikasi ini memiliki rating rata-rata yang sangat bagus, baik di Play Store maupun App Store.

Meski memiliki tampilan yang sederhana, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap mulai dari mencatat pengeluaran, sinkronisasi dengan perangkat lain, budgeting, laporan keuangan berbentuk grafik, dan backup data ke Excel.

Semua fitur yang ada pada AndroMoney bisa kamu gunakan secara gratis sepenuhnya meski akan memunculkan iklan. Jika kamu tidak ingin memunculkan iklan, kamu bisa menggunakan versi Pro yang juga memiliki fitur yang sama persis dengan versi gratisnya.

3. MoneyLover

MoneyLover jadi aplikasi keuangan berikutnya yang bisa kamu coba. Di dalam aplikasi ini terdapat bergam fitur keuangan mulai dari catatan hutang piutang, tagihan, pencatatan transaksi harian, dan masih banyak lagi. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan diagram keuangan yang bisa membantu menganalisis kondisi keuangan bulanan kita.

Satu hal yang menarik, aplikasi ini memiliki Mode Perjalanan yang akan cocok untuk kamu yang hobi jalan-jalan dan butuh aplikasi pencatat pengeluaran untuk traveling. Data-data aplikasi ini pun nantinya bisa kamu simpan pada cloud storage Dropbox agar kamu bisa mengaksesnya dari perangkat apa saja.

4. DompetKu

DompetKu adalah aplikasi keuangan sederhana khusus Android yang bisa digunakan untuk mengontrol pengeluaran dan mengetahui kesehatan keuangan rumah tangga kita.

Dengan aplikasi ini, kita akan lebih mudah dalam mencatat pendapatan dan pengeluaran harian, serta hutang dan pinjaman yang kita berikan kepada teman dan keluarga kita.

Meski sederhana, aplikasi ini menyediakan fitur Multiple Account (Rekening) bagi kamu yang memiliki banyak rekening maupun e-wallet. Catatan keuangan kamu pun akan lebih aman dengan adanya fitur privasi keamanan berupa PIN.

5. Monefy

aplikasi untuk mencatat pengeluaran harian dan bulanan

Monefy adalah aplikasi finansial yang cocok untuk kamu yang ingin mengatur keuangan rumah tangga bersama pasangan. Setiap data yang dicatat melalui aplikasi ini bisa disinkronkan melalui Dropbox agar pasangan kamu dapat memantau data keuangan secara real-time.

Dengan aplikasi ini kita bisa mencatat seluruh pengeluaran dengan mudah melalui interface-nya yang sederhana. Setiap pengeluaran pun dapat dimasukan pada kategori tertentu agar kita bisa dengan mudah melihat pos pengeluaran terbesar dalam keuangan rumah tangga kita.

6. Finansialku

Aplikasi Finansialku sedikit berbeda dengan aplikasi keuangan rumah tangga lain pada umumnya. Selain bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran, aplikasi ini juga menyediakan fitur lain seperti edukasi keuangan, menyediakan produk-produk keuangan seperti asuransi dan ivestasi, serta adanya fitur financial health check up yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan kita.,

Satu hal yang menarik, aplikasi Finansialku menjadi satu-satunya aplikasi yang juga menyediakan jasa konsultasi keuangan gratis secara online. Hasil konsultasi pun bisa dipercaya karena dilakukan dengan perencana keuangan yang sudah tersertifikasi CFP® (Certified Financial Planner).

7. Wallet

Selanjutnya ada aplikasi Wallet dari BudgetBakers yang juga bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran dan melakukan budgeting. Selain itu kamu juga bisa mengimpor data transaksi atau rekening dari file CSV atau Excel. Di dalamnya juga terdapat fitur perencanaan pembayaran di masa depan, lengkap dengan pengingat agar kamu tidak lupa.

Selain itu kamu juga bisa melakukan sinkronisasi dengan akun online banking dari berbagai bank. Dengan begitu aplikasi Wallet bisa merekam transaksi yang kamu lakukan secara otomatis agar kamu tidak perlu mencatatnya secara manual.

8. Mint

Mint menjadi salah satu rekomendasi aplikasi pengatur keuangan pribadi yang sangat populer dengan fitur keuangan yang sangat lengkap. Tidak hanya melalui hp Android dan iPhone, aplikasi ini juga bisa diakses melalui web (desktop).

Melalui aplikasi ini, kita bisa secara otomatis memperbaharui dan membuat kategori pengeluaran, sehingga akan ada data pengeluaran secara real time.

Selain itu kita juga akan memiliki akses yang leluasa untuk membuat kategori pengeluaran sebanyak mungkinagar kita dapat mengatur keuangan secara detail dan terperinci.

Transaksi yang tercatat nantinya bisa dibagi-bagi sesuai kategori. Kita pun bisa melacak tagihan dan menambahkan pengingat pada tagihan tersebut sebelum jatuh tempo.

9. 1Money

aplikasi keuangan rumah tangga terbaik

1Money adalah aplikasi yang menggabungkan fitur pencatat pengeluaran, budgeting ringan, dan pengelolaan keuangan.

Dengan tampilan muka yang sederhana, kita bisa mencatat pengeluaran dengan mudah dan meletakanannya pada kategori tertentu agar kita bisa melacaknya dengan mudah.

Fitur anggarannya dapat membantu kita merencanakan pendapatan dan pengeluaran denagn mudah dan cepat. Dengan begitu kita akan terbantu untuk menghindari membuat pembelian yang tidak disengaja dan melebihi budget yang telah ditentukan.

10. GoodBudget

Rekomendasi selanjutnya aplikasi pengelola keuangan yang terakhir adalah Goodbudget. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini cenderung fokus pada budgeting agar kita bisa mengatur pengeluaran agar tidak boros.

Saat hal yang membuat aplikasi ini unik adalah fitur Amplop yang dapat membantu kita untuk membagi pendapatan bulanan berdasarkan kategori pengeluaran tertentu. Selain itu kita juga bisa membuat Amplop yang bisa kita gunakan untuk menyimpan uang atau sebagai tabungan untuk keperluan tertentu.


Itu dia beberapa aplikasi keuangan rumah tangga terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis. Dengan aplikasi finansial tersebut, kamu bisa mencatat pengeluaran, melakukan budgeting, dan mengontrol arus kas rumah tangga dengan mudah dan terperinci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *