aplikasi peta navigasi gps terbaik di smartphone android
Aplikasi, Traveling

8 Aplikasi Peta dan Navigasi GPS Terbaik di Smartphone Android

Aplikasi peta sekaligus navigasi GPS menjadi salah satu aplikasi wajib bagi kamu yang ingin mengunjung lokasi baru. Dengan adanya aplikasi ini, kita tidak perlu lagi melihat peta secara manual atau khawatir tersasar di tengah jalan.

Selain mengetahui pasti lokasi tujuan, aplikasi peta kini juga sudah dilengkapi dengan menu navigasi GPS sehinga kita bisa meminta untuk dipandu agar sampai ke tempat tujuan. Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, fitur ini akan sangat membantu karena kamu tidak perlu lagi sering-sering melihat hp untuk melihat update lokasi.

Nah, buat kamu yang ingin bepergian atau sedang merencanakan jalan-jalan, berikut adalah beberapa aplikasi peta dan navigasi GPS terbaik untuk smartphone Android yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Google Maps

Bicara aplikasi peta terbaik rasanya tidak bakal jauh dari Google Maps. Selain memiliki fitur yang sangat lengkap, Google Maps juga mampu menampilkan peta wilayah di 220 negara berbeda. Dan tidak hanya untuk kota besar saja, peta Google Maps bahkan memiliki tingkat akurasi yang tinggi saat digunakan di daerah terpencil.

Informasi yang bisa didapat di Google Maps juga tidak hanya terbatas pada akses jalan saja. Di sini kamu juga bisa melihat lokasi restoran terdekat, pom bensin, rumah ibadah, hingga aktivitas lokal.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline sehingga kamu bisa menelusuri dan bernavigasi tanpa koneksi internet. Selain itu terdapat pula street view yang memudahkan kamu untuk melihat sebuah lokasi dengan jelas dan peta lantai agar kamu bisa menemukan jalan dengan tempat di beberapa lokasi seperti mall atau bandara.

2. Waze

Selain Google Maps, aplikasi peta dan navigasi GPS lain yang juga sangat populer di seluruh dunia adalah Waze.

Satu hal yang membuat Waze menarik adalah komunitas penggunanya yang sama-sama berkontribusi dengan melaporkan hal-hal di sekitar mereka. Dengan begitu kamu bisa mengetahui lebih banyak info mengenai jalanan mulai dari aturan ganjil-genap, kecelakaan, razia polisi, penutupan jalan, dan masih banyak lagi. Info-info ini pun akan terus terupdate sesuai dengan laporan real-time yang masuk dari para kontributornya.

Sama seperti Google Maps, kamu juga bisa mendapatkan informasi lokasi lainnya seperti sekolah, restoran, atau tempat bisnis. Lokasi kamu pun bisa di-share dengan mudah ke pengguna lainnya. Menariknya, kamu bisa mengetahui lokasi SPBU termurah di rute yang kamu lalui.

3. MAPS.ME

Maps.Me jadi salah satu aplikasi peta yang popularitasnya meningkat dan memiliki rating yang baik serta dipercaya oleh lebih dari 140 juta pelancong di seluruh dunia. jadi jika kamu memiliki rencana traveling ke negara lain, aplikasi Maps.Me bisa jadi andalan kamu di tempat wisata tersebut.

Salah satu hal yang membuat aplikasi ini menarik minat traveler adalah adanya fitur yang bisa digunakan untuk merencanakan perjalanan kamu. Aplikasi ini bekerja sama dengan pembuat konten perjalanan terbaik agar kamu bisa membuat itinerary kamu sendiri pada banyak destinasi populer.

Tidak hanya itu, peta Maps.Me juga bisa diakses secara online sehingga kamu tidak perlu bingung saat kehilangan sinyal. Lokasi yang kamu tuju pun bisa kamu Suka dan dibagikan kepada keluarga dan teman-teman kamu.

4. MapFactor Navigator

MapFactor Navigator mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Padahal aplikasi ini memiliki rating rata-rata yang sangat baik dan memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif. Selain itu aplikasi navigasi GPS ini juga support peta Indonesia dan bisa diakses secara offline.

Dibandingkan Google Map, aplikasi ini mungkin akan kurang lengkap karena peta diambil dari sumber open source Open Street Maps. Namun fiturnya cukup lengkap di mana kamu bisa memperkirakan jarak tempuh antara dua titik dan mengaktifkan panduan agar kamu bisa berangkat menuju lokasi dengan bantuan GPS dan voice navigation.

Selain itu peta ini juga bisa memiliki beberapa menu menarik seperti mode siang/malam yang bisa ditampilkan secara real-time atau pilihan peta berbentuk 3D pada beberapa wilayah tertentu agar kamu bisa melihar tampilan sebuah lokasi dalam bentuk yang realistis.

5. Sygic GPS Navigation & Offline Maps

Sygic GPS Navigation bisa jadi aplikasi gps koordinat terbaik yang bisa kamu andalkan sebagai navigasi offline agar kamu tidak mudah tersasar saat tidak memiliki koneksi internet yang memadai.

Satu hal yang menjadi daya tarik aplikasi ini adalah fitur keselamatannya agar kita bisa mengemudi di wilayah asing agar lebih aman. Selain memberi peringatan batas kecepatan, ada Asisten Lajur Dinamis yang bisa memandu kita agat tetap berada di jalur yan gbenar.

Selain itu ada fitur HUD (Head Up Display) yang bisa memproyeksikan navigasi ke kaca depan mobil agar kita bisa lebih aman berkendara di malam hari. Selain itu aplikasi ini juga bisa menjadi dashcam untuk merekam jalan di depan dan menyimpannya sebagai barang bukti saat terjadi kecelakaan.

Sayangnya semua fitur premium yang ada hanya bisa dinikmati selama 7 hari pertama saja. Jika kamu tidak ingin menggunakannya, fitur dasar Sygic sudah lebih dari cukup untuk berkendara dengan baik di dalam kota.

6. HERE WeGo – Navigasi Kota

HERE WeGo jadi aplikasi gratis yang memudahkan kita bepergian di berbagai kota-kota besar di dunia. Kamu pun bisa menggunakannya secara offline mulai dari Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Kanada, Australia, dan lebih dari 100 negara lainnya.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk memberitahukan beragam informasi mengenai perjalanan mulai dari harga karcis transportasi umum dan tarif taksi, menemukan tempat untuk parkir, serta mengetahui penundaan lalu lintas pada setiap perjalanan.

Dan jika kamu sedang terburu-buru, kamu juga bisa booking taksi atau kendaraan lainnya untuk segala keperluan. Aplikasi HERE WeGo nantinya akan memberikan rekomendasi cara/rute yang dapat ditempuh untuk menuju destinasi tersebut. Kamu pun tinggal membandingkan dan pilih rute yang terbaik.

7. Polaris GPS Navigation

Polaris GPS Navigation menjadi salah satu aplikasi yang cukup unik karena mereka lebih fokus pada navigasi GPS untuk lokasi yang tidak memiliki rute yang jelas seperti jalan raya. Dengan begitu, aplikasi ini akan cocok untuk kamu yang berencana untuk pergi memancing di laut, hiking, dan kegiatan outdor/off-road lainnya.

Untuk kelengkapan peta pun tidak perlu diragukan lagi karena aplikasi ini mengambil data dari beragam aplikasi peta lainnya seperti Google Maps, OpenStreetMap, Topographic Maps, Cycle Route and Hiking Maps, NOAA Marine Charts, dan masih banyak lagi. Kemampuan aplikasi ini bahkan membuat Polaris GPS Navigation menjadi salah satu aplikasi yang banyak diandalkan tim SAR dan Militer untuk melengkapi unit navigasi utama mereka.

8. KakaoMap

Jika kamu memiliki rencana untuk pergi ke Korea, maka Kakao Map jadi salah satu aplikasi untuk traveling ke Korea yang harus kamu Install. Dengan ketatnya peraturan mengenai informasi publik yang bisa diakses oleh aplikasi di luar Korea, Kakao Map menyediakan layanan peta dan navigasi GPS yang jauh lebih baik daripada Google Map sekalipun.

Selain mengetahui denah lokasi yang akan kamu tuju, Kakaomap juga bisa menunjukan kamu beragam tempat menarik seperti restoran atau festival terdekat lengkap dengan review dari pengunjung.

Tidak hanya itu, Kakao Map juga dilengkapi dengan beragam addon yang bisa menambahkan fitur baru seperti informasi bus secara real-time, peta subway, dan menyimpan lokasi tertentu dalam daftar favorit.


Itu dia beberapa aplikasi peta yang dilengkapi navigasi GPS yang akan sangat bermanfaat untuk memandu kamu traveling dan bepergian ke lokasi baru. Tidak hanya berguna agar kamu tidak nyasar, aplikasi tersebut juga bisa memberi banyak rekomendasi tempat bagus. Dengan begitu kamu bisa mengeksplorasi dunia dan pulang dengan rasa puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *