aplikasi pomodoro terbaik untuk android ios windows dan mac
Aplikasi, Produktivitas

10 Aplikasi Pomodoro Terbaik untuk Web, Android, dan iOS

Teknik Pomodoro menjadi salah satu metode populer bagi mereka yang ingin lebih produktif. Kata Pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti Tomat. Hal ini merujuk pada timer berbentuk tomat yang digunakan oleh Francisco Cirillo, orang yang mempopulerkannya.

Teknik ini sendiri sangat sederhana. Kita hanya perlu mengerjakan tugas dalam interval waktu 15-25 menit yang diikuti dengan waktu istirahat antara 2-10 menit. Lakukan hal ini berulang-ulang dan gunakan waktu istirahat yang lebih lama setelah 4 sesi.

Dengan adanya waktu break secara berkala, tubuh dan pikiran akan mendapat istirahat yang cukup. Dan adanya batas waktu membuat kita terpacu untuk bekerja lebih cepat dalam menyelesaikan tugas yang ada.

Untuk melakukan teknik ini, kita sebenarnya hanya memerlukan timer sederhana. Namun jika kamu mau, ada beberapa aplikasi Pomodoro gratis yang bisa kamu gunakan.

Tidak hanya berfungsi sebagai timer, beberapa aplikasi Pomodoro juga menawarkan fitur tambahan lain seperti integrasi dengan aplikasi to-do list atau membuat laporan penggunaan aplikasi tersebut untuk mengetahui kemajuan yang kamu lakukan.

Nah, jika kamu butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi Pomodoro terbaik yang bisa kamu gunakan di Android, iPhone, atau melalui browser (web).

Aplikasi Pomodoro Terbaik

1. Focus To-Do

Aplikasi Pomodoro terbaik pertama yang bisa kamu coba adalah Focus To-Do. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menggabungkan teknik Pomodoro pada sebuah aplikasi to-do list. Dengan begitu kamu bisa membuat daftar tugas dan mengerjakannya memakai teknik Pomodoro.

Aplikasi ini bisa kamu akses melalui android, iPhone, atau web browser yang tersedia di Windows dan Mac. Selain membuat daftar tugas dan timer Pomodoro, aplikasi ini juga bisa menyediakan laporan, mensinkronkan data dari beberapa perangkat berbeda, serta memberi reminder pada masing-masing tugas.

Satu hal yang menarik, aplikasi ini menyediakan fitur gamification berupa pohon yang akan terus tumbuh selama kamu bisa mengerjakan semua tugas yang sudah kamu buat. Dengan begitu kamu bisa lebih termotivasi untuk menyelesaikan semua tugas yang ada.

2. Pomotodo

pomotodo adalah aplikasi yang menggabungkan teknik pomodoro dengan aplikasi to-do list

Pomotodo adalah aplikasi yang menggabungkan fitur Pomodoro dan sebuah to-do list. Tidak hanya bisa dipakai melalui smartphone, aplikasi ini juga bisa digunakan di PC Windows, Mac, atau melalui ekstensi Google Chrome.

Melalui aplikasi ini, kita bisa membuat daftar tugas harian atau bulan dan memakai kategori atau tag untuk mengelompokannya. Setelah itu kita bisa mengerjakan tugas yang ada dengan timer Pomodoro. Meski bisa menggabungkan kedua metode produktivitas tersebut, kamu juga bisa menggunakan salah satu cara saja, entah membuat to-do list atau hanya timer Pomodoro saja.

Menariknya, kamu bisa mendapatkan laporan mengenai hari terproduktif kamu selama satu minggu. Dan jika kamumengupgrade ke versi pro, kamu bisa mendapat fitur tambahan seperti sinkronisasi dengan Google Calendar atau menambahkan tugas yang berulang.

3. Pomodor

Bagi kamu yang hanya ingin timer Pomodoro sederhana dan tidak ingin memasang aplikasi tambahan pada hp atau PC, maka Pomodor bisa jadi aplikasi Pomodoro yang patut kamu perhitungkan.

Melalui layanan online ini, kamu bisa menambahkan label pada setiap timer. Selain itu kamu juga bisa mengatur lama sebuah sesi dan mengatur jumlah sesi yang kamu inginkan.

Dan meski bisa digunakan gratis sepenuhnya, Pomodor hadir dengan fitur tambahan seperti statistik yang bisa memberi laporan mengenai waktu paling produktif hingga mengevaluasi performa kamu dibanding hari-hari sebelumnya.

4. Marinara Timer

Sama seperti Pomodor, kamu bisa menggunakan Marinara Timer tanpa menginstal apapun di hp atau PC kamu. Cukup akses situsnya dari browser, kamu pun bisa mengakses timer yang disediakan di situs ini.

Untuk menggunakannya, kamu tidak perlu login terlebih dahulu. kamu pun bisa memilih salah satu mode timer seperti Pomodoro, Custom Timer, dan Kitchen Timer tergantung kebutuhan.

Salah satu poin plus dari Marinara Timer adalah fitur untuk saling berbagi timer. Hal ini bisa dilakukan dengan membagikan link timer yang bersifat unik untuk setiap timer.

5. PomoDoneApp

PomoDoneApp adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang ingin menambahkan fitur Pomodoro pada aplikasi produktivitas lain seperti Trello, Wunderlist, Asana, atau Todoist. Meski begitu aplikasi ini tetap bisa dijalankan mandiri dan kamu pun bisa memuat daftar tugas kamu sendiri di aplikasi tersebut.

Di sini kamu bisa mengatur lama waktu untuk setiap sesi dan istirahat. Kamu pun bisa melakukan interupsi sehingga kamu bisa mengerjakan hal lain yang lebih mendesak bila diperlukan.

Satu hal yang menarik, PomoDoneApp memiliki ekstensi Chrome yang akan sangat cocok untuk kamu yang sering menggunakan aplikasi ini untuk melakukan tugas. Tidak hanya menjadi timer Pomodoro, ekstensi tersebut juga bisa membuat kamu lebih fokus dengan memblokir media sosial atau situs menarik lain yang bisa membuat kamu terdistraksi.

6. Pomofocus

aplikasi pomodoro online yang bisa diakses lewat web

Pomofocus adalah layanan online yang menyediakan timer pomodoro sederhana. Secara default, layanan ini sudah mengatur waktu kerja selama 25 menit, short break 5 menit, dan long break 15 menit. Meski begitu kamu bisa mengatur jadwal kamu sendiri sesuai dengan kebutuhan. Selain itu layanan ini juga menyediakan audio notification saat timer Pomodoro selesai digunakan.

Tidak hanya sebagai timer, kamu juga bisa membuat daftar pekerjaan lengkap dengan catatan untuk tugas tersebut. Pada versi premiumnya, kamu bahkan bisa menambahkan satu proyek agar kamu mengetahui total waktu yang diperlukan untuk mengerjakannya.

7. Tomato Timer

Aplikasi Pomodoro lain yang tidak kalah sederhana adalah Tomato Timer. Sama seperti Pomofocus, di layanan online ini sudah tersedia 3 timer yang diperlukan untuk sesi kerja, istirahat singkat, dan istirahat panjang.

Satu hal yang menarik, kamu bisa menggunakan keyboard shortcut untuk mengaktifkan masing-masing sesi. Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan desktop alerts agar notifikasi lebih mudah dilihat.

8. TickTick

TickTick adalah salah satu aplikasi to-do list terbaik yang bisa digunakan untuk membuat daftar tugas lengkap dengan reminder agar kamu tidak melewatkan tugas tersebut. Tuga pun dapat dilihat pada kalender khusus agar kamu bisa dengan mudah melihat semua tugas kamu untuk minggu atau bulan tertentu.

Namun tidak hanya itu, TickTick juga memiliki built-in Pomo Timer yang akan sangat berguna jika kamu mengandalkan teknik Pomodoro untuk menyelesaikan tugas. Fitur tersebut bahkan bisa memainakn suara white noises agar kamu lebih fokus dalam bekerja.

9. PowerPom

powerpom, aplikasi pomodoro terbaik khusus Windows

Bagi pengguna Windows, kamu bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi Pomodoro gratis melalui Microsoft Store. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah PowerPom.

Untuk mendapatkannya, buka aplikasi Microsoft Store lalu cari aplikasi ‘PowerPom.’ Jika sudah, klik tombol Get untuk mulai menginstal aplikasi ini pada PC kamu.

10. KanbanFlow

Jika kamu menggunakan aplikasi yang mendukung Kanban seperti Trello atau MesterTask, maka KanbanFlow jadi aplikasi Pomodoro yang tepat untuk melengkapi fungsi pada aplikasi tersebut.

KanbanFlow adalah aplikasi yang menggabungkan metode Kanban dengan timer Pomodoro. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan manfaat dari kedua metode produktivitas populer tersebut.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat daftar tugas pada kanban board lalu kerjakan tugas tersebut menggunakan metode Pomodoro. Agar lebih efektif, kamu bisa memecah tugas terlebih dahulu dan atur waktu sesi sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *