aplikasi to do list terbaik di android agar kamu lebih produktif
Aplikasi, Gadget, Produktivitas

7 Aplikasi To-Do List Terbaik Agar Kamu Lebih Produktif

Any.Do, Google Tasks, atau Todoist adalah beberapa aplikasi To-Do List terbaik yang bisa membantu kamu untuk bisa lebih produktif, baik dalam bekerja maupun belajar.

Dengan aplikasi semacam ini, kita akan lebih mudah untuk mengatur jadwal kegiatan sehari-hari dan membuat list tugas yang harus kita selesaikan. Dan dengan fitur reminder-nya, kita bisa mengingat semua tugas tanpa ada satu pun yang terlewat.

Nah, jika kamu ingin lebih produktif juga, beberapa aplikasi pengingat jadwal dan to-do list ini bisa kamu install sekarang di hape Android kamu.

Aplikasi To-Do List Terbaik di Android

1. Google Tasks

Google Tasks adalah aplikasi buatan Google yang dibuat khusus agar kamu bisa membuat daftar tugas dan mengingatnya dengan mudah. Sama seperti aplikasi Google lainnya, akan sangat mudah untuk mengintegrasikan layanan ini dengan aplikasi Google lainnya seperti Gmail atau Google Calendar. Jadi jika kamu sering bergantung pada layanan Google, aplikasi ini bisa jadi pilihan pertamamu.

2. Google Keep

Google Keep mungkin bukan aplikasi khusus untuk membuat to-do list karena fungsi utama aplikasi ini adalah untuk membuat catatan. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat catatan dengan mengetiknya seperti biasa, memberi attachement berupa video atau foto, hingga mencatat menggunakan stylus.

Meski begitu aplikasi ini juga memiliki fitur agar kita bisa membuat daftar pekerjaan dengan mudah. Tugas yang sudah diselesaikan pun dapat langsung dicoret dan akan secara otomatis terhapus dari daftar teratas. Dengan begitu kamu bisa fokus pada tugas lain yang belum selesai kamu kerjakan.

Dan sama seperti aplikasi Google lainnya, Google Keep sangat mudah untuk diintegrasikan dengan layanan Google lain. Selain itu layanan ini juga bisa kamu akses dari berbagai perangkat agar kamu mudah bekerja dari mana saja.

3. Any.do

Any.do adalah salah satu aplikasi to do list terpopuler di Android dengan lebih dari 10 juta pengguna aktif. Google Play Store bahkan mencantumkan aplikasi ini pada daftar aplikasi pilihan editor mereka untuk kategori produktifitas.

Tidak hanya bisa digunakan untuk membuat daftar tugas saja, kita juga bisa memakai aplikasi ini sebagai planner dan kalender. Selain itu semua tugas yang kita cantumkan bisa ditambahkan reminder agar kita bisa mengingat semua jadwal kita dengan mudah.

Satu hal yang menarik, Any.do memiliki fitur agar kita bisa berkolaborasi dan saling berbagi tugas dalam sebuah tim. Untuk mempermudah sinkronisasi, kita bahkan bisa chat langsung melalui aplikasi ini.

4. Todoist

Selain Any.do, Todoist juga jadi salah satu aplikasi to-do list terbaik di Android. Dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis, Todoist dilengkapi dengan lebih banyak fitur dan cocok digunakan untuk daftar tugas yang lebih kompleks.

Sebagai contoh, pada apliksi ini kita bisa berkolaborasi dengan pengguna Todoist lainnya. Uniknya, di aplikasi ini kita bisa mendelegasikan tugas kepada orang tertentu. Setelah tugas selesai, orang yang bertanggung jawab untuk sebuah tugas bisa menandai tugas tersebut agar bisa dilihat oleh anggota lainnya.

5. Microsoft To-Do

Microsfot To-Do bisa jadi alternatif jika kamu sering menggunakan beragam layanan dari Microsoft. Dengan begitu kamu bisa mengintegtasikan layanan Microsoft lain seperti Outlook dengan mudah.

Dengan tampilan antarmuka yang sederhana, kita bisa mengelola tugas-tugas kantor, sekolah, atau tugas rumahan dengan mudah melalui aplikasi ini. Selain itu daftar tugas yang kita buat juga bisa dibagikan ke rekan kerja, teman, atau anggota keluarga kita.

6. TickTick

TickTick adalah aplikasi to-do list dengan tampilan yang sederhana namun memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain itu TickTick juga memiliki aplikasi native di berbagai platform agar kita bisa dengan mudah mensinkronkan data di berbagai perangkat. Kita pun tidak perlu khawatir akan kehilangan data karena semua tugas yang kita buat bisa disimpan ke dalam cloud.

Saat membuat tugas, kita bisa mengatur waktu deadline dan memberi tag pada tugas tersebut. Dan dengan tampilan kalendernya, kita bisa melihat semua tugas yang sudah kita buat dengan mudah.

Satu hal yang menarik, aplikasi ini memiliki fitur built in timer sehingga bisa juga dijadikan aplikasi Pomodoro. Bagi kamu yang sering menggunakan teknik Pomodoro untuk menyelesaikan sebuah tugas, fitur ini akan sangat membantu sekali.

7. RememberTheMilk

RememberTheMilk adalah salah satu aplikasi to-do list populer yang sudah ada sejak lama. Setelah sebelumnya populer di PC desktop, kini kita juga bisa memakainya di smartphone berbasis Android atau iOS.

Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat tugas, menetapkan deadline, memberi label prioritas, dan mensinkronkan data pada beberapa perangkat berbeda. Selain itu aplikasi ini juga bekerja dengan baik dengan layanan lain seperti Google Calendar atau Evernote. Tugas yang kita buat pun dapat dibagikan ke orang lain dengan mudah.


Jika kamu ingin lebih produktif, menginstal aplikasi to-do list seperti beberapa contoh di atas bisa kamu lakukan sekarang. Tdak hanya bisa melihat semua daftar pekerjaan, kamu juga bisa mengatur notifikasi agar tidak ada tugas yang terlewat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *