Aplikasi translate bahasa Banjar terbaik
Aplikasi

5 Aplikasi Translate Bahasa Banjar Terbaik di Android

Belajar bahasa Banjar online melalui website atau aplikasi translate bahasa Banjarmasin bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin bepergian atau pindah ke daerah Kalimantan Selatan tersebut.

Sekilas mengenai bahasa Banjar, bahasa tersebut dibagi menjadi dua dialek besar, yaitu Banjar Kuala dan Banjar Hulu. Dari cara pengucapannya, Bahasa Banjar Kuala dituturkan dengan logat datar tanpa intonasi tertentu, sementara Banjar Hulu memiliki logat yang lebih kental (ba-ilun).

Sesuai dengan namanya, Banjar Hulu banyak dipakai oleh penduduk di daerah hulu sungai Barito, sementara Banjar Kuala banyak digunakan oleh penduduk di sekitar kota Banjarmasin, Martapura, dan Pelaihari.

Satu fakta menarik, Bahasa banjar memiliki kedudukan sebagai lingua franca, yang artinya pengguna bahasa ini lebih banyak dibanding suku Banjar itu sendiri. Selain di Kalimantan Selatan, bahasa Banjar juga digunakan di daerah lain seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, hingga di perkampungan Banjar di Malaysia.

Jika kamu ingin belajar bahasa Banjar, cara paling cepat tentu adalah dengan banyak berkomunikasi dengan orang Banjar langsung. Namun jika kamu ingin mempelajarinya secara online, kini ada cukup banyak website dan aplikasi kamus banjar yang bisa membantu kamu memahami bahasa tersebut.

Aplikasi Translate Bahasa Banjar Terbaik

1. Kamus dan Ungkapan Bahasa Banjar

Kamus dan Ungkapan Bahasa Banjar adalah aplikasi kamus buatan Borneo IT, developer asal Kalimantan Selatan. Dengan ukuran yang ringan, aplikasi ini pas untuk kamu yang ingin belajar bahasa Banjar dengan mudah dan cepat.

Dibuat sejak tahun 2017, aplikasi ini kini memiliki puluhan ribu kosakata, dengan update terbarunya terdapat penambahan 20 kosakata baru. Cocok untuk kamu yang sedang mencari aplikasi translate bahasa Banjar terbaik di hape kamu.

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Kamu bisa mencari kata dalam kamus sesuai abjad, atau menggunakan fitur pencarian. Kata-kata yang sedang kamu pelajari pun dapat disimpan dalam menu bookmark agar kamu dapat mempelajarinya dengan mudah.

Dan jika kamu ingin berpartisipasi dalam mengembangkan aplikasi ini, developer juga sudah menyediakan fitur agar kamu dapat memasukan kata atau ungkapan dalam bahasa Banjar yang belum tercatat pada aplikasi tersebut.

2. Babar – Bahasa Banjar

Aplikasi translate bahasa Banjar selanjutnya adalah Babar buatan Developer Hanau IT. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mencari arti kata dari Bahasa Banjar Kuala ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dengan mudah.

Selain menyediakan beragam kosakata, di aplikasi ini juga terdapat menu Kalimat di mana kamu bisa melihat beberapa contoh kalimat dalam bahasa Banjar. Dengan begitu kamu bisa melihat aplikasi kata-kata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari orang Banjar.

3. Kamus Bahasa Banjar Offline

Kamus Bahasa Banjar Offline adalah aplikasi translate bahasa banjar yang dibuat oleh pengembang Azklabs Mobile. Sama seperti kebanyakan aplikasi lain di daftar ini, kamu bisa mencari kosakata dalam bahasa Banjar dan melihat artinya dalam bahasa Indonesia. Sayang hal yang sama tidak berlaku sebaliknya.

Satu hal yang membuat aplikasi ini menarik adalah adanya voice pronounciation agar pembelajar dapat mendengar pengucapan dalam bahasa Indonesia yang benar. Selain itu kata-kata yang ingin dipelajari pun dapat disimpan pada menu favourites.

Yang tidak kalah menarik, aplikasi ini juga menyediakan fitur kuis bagi mereka yang ingin mengetes kemampuan bahasa Indonesia mereka. Kamu pun bisa menambahkan kata-kata kamu sendiri ke dalam kamus ini dan mengganti warna tema yang sesuai dengan selera kamu.

4. Kamus Bahasa Banjar

Kamus Bahasa banjar adalah aplikasi resmi dari Balai Bahasa Kalimantan Selatan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi ini sendiri merupakan update dari Kamus Bahasa Banjar edisi cetak agar pengguna lebih mudah untuk mempelajari bahasa Banjar melalui smartphone.

Kamus ini dapat digunakan untuk mencari arti dari Banjar ke Indonesia atau Indonesia ke Banjar. Setiap kata yang kamu cari pun nantinya akan memiliki penjelasan singkat agar kamu tidak salah menggunakannya.

Agar kamus ini semakin lengkap, kamu juga bisa berpartisipasi untuk menambahkan sendiri kata-kata dalam bahasa Banjar yang kamu ketahui. Untuk melakukannya, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu dan mengisi form berisi nomor telepon dan alamat email.

5. Kamus Banjar Indonesia

Kamus Banjar Indonesia adalah aplikasi translate bahasa Banjar lain yang juga bisa kamu pertimbangkan. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengartikan kata dari bahasa Banjar ke Indonesia dan sebaliknya.

Aplikasi ini hadir dengan UI yang sederhana dan memiliki tema warna yang bisa kamu pilih sesuai selera. Isinya pun cukup lengkap dan dilengkapi dengan perumpamaan yang sesuai dengan adat Banjar.

Jika kamu ingin membantu melestarikan bahasa Banjar, kamu bahkan bisa menambahkan kata-kata dalam bahasa Banjar yang belum ada di aplikasi ini.

6. Kamus Bahasa Banjar (KaBanjar)

Aplikasi bahasa banjar yang terakhir adalah Kamus Bahasa Banjar buatan Karamunting ID. Sama seperti aplikasi lainnya, di sini kamu bisa mencari terjemahan dari bahasa Banjar (Hulu dan Kuala) ke bahasa Indonesia.

Sayangnya aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Banjar. Selain itu update terakhir dilakukan pada tahun 2016 silam. Namun jika kamu mencari alternatif, maka Kamus Bahasa Banjar ini bisa kamu pertimbangkan.


Itulah beberapa aplikasi translate bahasa Banjar ke Indonesia dan sebaliknya. Dengan aplikasi tersebut, kita akan lebih mudah dalam belajar bahasa Banjar, baik untuk keperluan wisata, atau saat pindah ke daerah Kalimantan Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.