aplikasi traveling terbaik untuk yang hobi jalan-jalan
Aplikasi, Traveling

9 Aplikasi Wajib Buat yang Hobi Traveling

Dengan semakin mudahnya orang bepergian, traveling kini menjadi hobi baru yang banyak digandrungi. Menjejakan kaki di tempat baru yang belum pernah dijelajahi, melihat bangunan dan pemandangan unik, serta mencoba makanan yang belum pernah disantap memang membawa kesenangan tersendiri bagi para traveller.

Meski begitu, mendatangi tempat baru harus dilakukan dengan penuh persiapan agar rencana traveling berjalan dengan baik.

Untungnya kini ada banyak aplikasi android yang dapat memudahkan perjalanan kita. Mulai dari memesan tiket, mencari tempat wisata rekomendasi, hingga mencari Wifi publik, berikut adalah beberapa aplikasi wajib buat yang hobi traveling dan harus kamu install saat akan jalan-jalan.

Aplikasi Traveling Terbaik untuk Android

1. Aplikasi Pesan Tiket

Aplikasi pesan tiket menjadi aplikasi wajib pertama bagi para traveller. Dengan aplikasi ini, kita bisa memesan tiket untuk perjalanan baik menggunakan kereta api, bus, atau pesaawat terbang. Selain itu beberapa aplikasi pesan tiket ini juga dilengkapi dengan fitur lain yang bisa membantu kita saat bepergian.

Salah satu aplikasi pesan tiket terbaik di Indonesia adalah Traveloka. Pada aplikasi ini terdapat berbagai layanan mulai dari pemesanan tiket pesawat hingga booking hotel. Melalui fitur Traveloka Experience, kamu bahkan bisa menemukan aktifitas dan live performance menarik di sekitar tempat wisata.

Tidak hanya itu, Traveloka juga menyiapkan fitur asuransi perjalanan terbaik yang bisa digunakan untuk melindungimu dari hal-hal yang tidak terduga saat bepergian seperti kecelakaan, kehilangan bagasi, atau keterlambatan penerbangan.

Jika kamu bepergian ke luar negeri, aplikasi lain yang bisa menjadi alternatif adalah Trip.com. Mirip dengan traveloka, aplikasi ini menjadi one-stop app untuk semua keperluan traveling kamu. Kamu bahkan bisa menyewa mobil dan mendapatkan panduan travel melalui aplikasi ini.

2. Aplikasi Booking Hotel dan Penginapan

Booking hotel dan penginapan sebenarnya bisa juga dilakukan di aplikasi pemesanan tiket. Namun tidak ada salahnya menyebutkan aplikasi khusus untuk mencari penginapan di tempat tujuan kamu bukan?

Salah satu aplikasi booking hotel terbaik adalah Booking.com. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencari tempat menginap sementara dengan harga yang terjangkau. Tidak cuma di Indonesia, Booking.com juga memiliki banyak daftar hotel dan tempat penginapan lainnya di Asia, Eropa, Amerika, dll.

Jika kamu butuh pilihan yang lebih unik, maka Airbnb bisa jadi alternatif. Melalui aplikasi ini kamu bisa menginap di tempat-tempat menarik selain hotel seperti rumah tinggal, apartemen, ataupun guest host yang tersebar di berbagai kota di seluruh dunia.

3. Aplikasi Itinerary & Rekomendasi Tempat Wisata

Jalan-jalan rasany abelum lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata dan menikmati suasana lokal bukan? Karena itulah kamu harus membuat itinerary terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Untuk membantuk kamu membuat jadwal perjalanan, kamu bisa mencoba aplikasi Trip It! Setelah membooking penerbangan, hotel, dan reservasi lainnya, kita bisa memforwardnya ke tripit.com dan kamu bisa mendapatkan itinerary yang bisa disinkronisasi dengan aplikasi kalendar.

Selain Trip It!, aplikasi lain yang bisa membantu kamu membuat jadwal perjalanan adalah Foursquare City Guide.

Setelah sebelumnya lebih populer sebagai media sosial berbasis lokasi, kini mereka lebih fokus sebagai aplikasi yang bisa membantu kamu menjelajahi sebuah kota. Melalui aplikasi ini, kita bisa mencari tempat wisata, restoran, kafe, dan tempat menarik lainnya dengan mudah. Setiap lokasi juga sudah dilengkapi dengan informasi layanan, review, serta rating pengunjung agar kita bisa dengan mudah memilih lokasi yang akan kita kunjungi.

4. Aplikasi Tracking Pesawat

Tidak mau ketinggalan jadwal pesawat? tenang, ada aplikasi tracking pesawat yang bisa kamu instal di hape kamu.

App In The Air dan FlightRadar24 menjadi aplikasi tracking pesawat yang cukup populer. Keduanya dapat digunakan untuk memeriksa jadwal penerbangan dan posisi pesawat secara real time. Pada aplikasi App in the Air, kamu bahkan bisa mengetahui informasi terminal dan gerbang pesawat yang akan kamu tumpangi.

5. Aplikasi Peta

Aplikasi peta navigasi GPS akan sangat penting agar kamu tidak tersasar di tempat asing. Selain itu aplikasi ini juga bisa menunjukan banyak tempat-tempat penting yang krusial dalam perjalanan kamu seperti kantor polisi, restoran, musholla/masjid, atau rumah sakit.

Dua aplikasi peta terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Google Maps dan Waze.

Keduanya memiliki denah lokasi yang sangat lengkap dan bisa digunakan di hampir semua lokasi di seluruh dunia, bahkan di tempat terpencil sekalipun. Tidak hanya bisa digunakan untuk melihat lokasi tertentu, kedua aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menentukan rute perjalanan terbaik untuk kita. Jadi kita bisa mendapatkan rute tercepat yang bebas macet.

6. Aplikasi Translator

Mau mengunjungi negara asing yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris pastinya akan sangat menyulitkan bukan? apalagi jika kita belum menguasai bahasa tersebut.

Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan aplikasi penerjemah. Dan jika kamu butuh rekomendasi, Google Translator bisa jadi salah satu aplikasi andalan kamu di luar negeri.

Selain bisa menerjemahkan teks dengan cara biasa, Google Translate juga memiliki fitur pemindai yang bisa men-scan tulisan pada foto dan menerjemahkannya tanpa harus mengetiknya lagi. Wah, pasti berguna banget nih kalau kamu ingin menerjemahkan petunjuk jalan atau menu restoran yang ingin kamu coba.

Tidak cuma itu, Google Translator juga bisa menerjemahkan percakapan secara langsung. Sayangnya fitur ini masih kurang sempurna, terutama jika bahasa yang digunakan tidak baku dan diucapkan menggunakan dialek lokal.

7. Aplikasi Transportasi

Bingung cara bepergian di lokasi baru? coba cek aplikasi Uber dan Grab/Gojek saja.

Khusus untuk di Indonesia, Grab dan Gojek bisa jadi aplikasi transportasi pilihan kamu. Layanan ini kini sudah bisa dinikmati di banyak kota di seluruh Indonesia. jadi tidak sulit jika kamu sedang jalan-jalan dan ingin bepergian dengan mudah. Enaknya lagi, tarifnya bakalan sangat bersahabat. Tidak ada lagi deh cerita dapat ongkos yang harganya main tembak!

Jika kamu bepergian ke luar negeri, Grab juga membuka layanannya di beberapa negara Asia. Untuk pilihan yang lebih banyak, kamu bisa mengandalkan Uber.

Caranya sendiri tidak jauh berbeda dengan aplikasi transportasi lokal yang biasa kita pakai. Cukup buka aplikasinya, masukan lokasi tujuan, kamu pun siap pergi setelah mendapatkan driver yang bersedia mengantarkan kamu.

8. Aplikasi Tukar Mata Uang

Salah satu yang harus disiapkan saat jalan-jalan ke luar negeri adalah uang lokal agar kita bisa bertransaksi dengan mudah.

Jika kamu memutuskan untuk menukarkan uang di lokasi tujuan, pastikan kamu mengetahui dulu nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing yang akan digunakan.

Untuk memeriksanya, kita bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mengetahui nilai tukar mata uang. Salah satu aplikasi semacam ini adalah XE Currency Converter. Tidak hanya mengetahui hal tersebut, kamu juga bisa mengirim dan menerima uang melalui aplikasi ini.

9. Aplikasi Wifi/Hotspot Finder

Jika kamu bepergian ke tempat baru, ada kalanya paket data yang kamu pakai tidak bisa bekerja dengan optimal. Kalau sudah begini, salah satu solusi agar kamu bisa terhubung ke internet lagi adalah dengan menggunakan Wifi publik.

Untuk menemukan wifi yang bisa digunakan secara bebas, kamu bisa menggunakan aplikasi Wifi Finder yang jumlahnya sangat beragam di Play Store. Melalui aplikasi ini kamu bisa mencari dan terhubung secara otomatis dengan Wifi umum di kota-kota besar di seluruh dunia.

10. Aplikasi VPN

Aplikasi terakhir yang patut kamu pertimbangkan sebelum jalan-jalan adalah aplikasi VPN. Sekilas aplikasi ini tidak ada hubungannya dengan traveling, tapi kalau kamu sering menggunakan akses internet di tempat umum, maka aplikasi ini menjadi penting.

Dengan aplikasi VPN, data-data kamu saat berselancar di dunia maya tidak akan dengan mudah ‘ditangkap’ oleh orang lain. Kebayang kan kalau kamu sedang melakukan transaksi keuangan menggunakan internet publik lalu tiba-tiba ada orang yang bisa mengetahui pin dan nomor rekening yang kita pakai?

Di Android sendiri ada cukup banyak aplikasi VPN yang bisa kamu pasang. Tapi sebisa mungkin hindari aplikasi VPN gratis yang kualitasnya seringkali tidak baik.


Jalan-jalan dan menjelajahi tempat baru tentu akan menjadi pengalaman berharga yang akan kamu ingat seumur hidup. Agar perjalanan kamu lebih menyenangkan, kamu perlu menyiapkan banyak hal agar semuanya berjalan lancara.

Untungnya kini ada banyak aplikasi yang bisa membantu perjalanan kita agar lebih mudah. Mulai dari membuat itineraruy, booking hotel, hingga transportasi, semua bisa diatur dengan mudah hanya dari hape saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *