13 Aplikasi Untuk Traveling ke Korea yang Harus Kamu Punya

aplikasi untuk traveling ke korea lengkap

Kemunculan drama dan musik korea di dunia hiburan, membuat para wisatawan dari manapun termasuk Indonesia ingin mengunjungi negeri ginseng ini. Selain untuk melihat lebih dekat idolanya, penggemar Korea juga bisa melihat langsung tempat-tempat yang biasa mereka lihat di drama Korea.

Meski begitu perjalanan ke sana bukanlah hal yang mudah karena ada perbedaan budaya dan bahasa yang cukup besar. Untungnya kini ada banyak aplikasi yang bisa membantu kita.

Nah, bagi kamu yang juga ingin traveling ke Korea, instal dulu 10 aplikasi traveling yang memudahkan kamu di sana.

Aplikasi Traveling Yang Wajib Kamu Miliki Saat Di Korea

Untuk memudahkan kamu saat berada di Korea, sebelum berangkat kamu wajib instal dulu beberapa aplikasi traveling yang pastinya berguna di sana. Berikut 10 aplikasi wisata yang harus kamu instal:

1. KakaoTalk

Di Korea, KakaoTalk lebih dari sekedar aplikasi chatting biasa dan menjadi salah satu aplikasi yang banyak diinstal orang Korea. Makanya kamu harus memasang aplikasi ini agar perjalananmu lebih menyenangkan dan tidak sia-sia selama di Korea.

Hampir semua orang di Korea menggunakan aplikasi ini, bahkan orang tua lanjut usia pun menggunakan aplikasi ini untuk mengirim pesan, bukan lewat sms.

Kakao mempunyai fitur grup-chatting yang dipakai banyak klub dan kelas. Jadi bila kamu tak ingin ketinggalan informasi dan berita, kamu wajib bergabung melalui aplikasi ini.

Sebelum terbang ke Korea, kamu juga bisa memasang aplikasi kakao di hp orang tua, kerabat atau teman dekat kamu. Dengan begitu kamu akan mudah menghubungi mereka kapan saja. Selain itu kamu juga bisa mengirim rekaman suara dan foto, serta menggunakan emoji melalui apliaksi ini.

2. 지하철 종결자 

Bila kamu ingin naik kereta bawah tanah di Korea, kamu harus menggunakan aplikasi 지하철 종결자 (Jihacheol Jong-Gyeolja). Aplikasi kereta bawah tanah ini akan memberikan kamu dua pilihan stasiun kereta dan menunjukan rute yang terpendek di antara keduanya.

Aplikasi ini juga memberikan kamu informasi waktu kedatangan kereta terakhir, sehingga kamu bisa menyiapkan waktu yang pas untuk ke stasiun. Cocok untuk kamu yang tidak ingin terlambat atau tidak terlalu lama menunggu kereta datang.

3. Kakao Metro

Cara efektif dan efisien untuk berkeliling Korea adalah dengan menggunakan kereta bawah tanah. Nah, jika kamu berencana untuk sering mengguanakan kereta bawah tanah di sana, salah satu aplikasi yang harus kamu punya adalah KakaoMetro.

Aplikasi ini akan memberi kamu informasi mengenai semua sistem kereta bawah tanah dan dapat memberi tahu kamu rute tercepat untuk sampai ke tempat tujuan.

Bahkan kalau kamu kebetulan ketinggalan kereta pun, aplikasi KakaoMetro akan memberikan alternatifnya buat kamu. Aplikasi ini bahkan dapat juga memberikan waktu perkiraan kedatangan kita melalui Kakao Talk.

4. Visit Korea

cek aplikasi visit korea untuk mengetahui tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di korea

Jika kamu ingin mengetahui tempat apa saja yang bisa kamu kunjungi di Korea, maka aplikasi untuk traveling ke Korea yang wajib kamu instal selanjutnya adalah Visit Korea.

Aplikasi ini akan memberikan kamu informasi mengenai restoran, pusat perbelanjaan, festival dan tempat atraksi yang ada di Korea bahkan berbagai tempat wisata di Korea Selatan pun bisa kamu cari lewat aplikasi ini.

Aplikasi ini dibuat oleh Korea Tourism Organization yang sengaja dibuat untuk memudahkan wisatawan asing berkunjung ke Korea. Aplikasi visit korea ini juga dilengkapi dengan peta untuk memudahkan kamu sampai ke tempat tujuan.

5. Speak & Translate

Kalau kamu traveling ke Korea jangan khawatir karena belum lancar bahasa Korea. Kamu harus instal Speak & Translate yang berfungsi sebagai aplikasi penerjemah teks dan suara instan yang akan memudahkan kamu berkomunikasi dengan bahasa Korea tanpa harus belajar bahasa Korea.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup dan cepat. Setelah kamu mengucapkan kalimat dalam bahasa yang kamu pilih, aplikasi ini akan otomatis secara otomatis menerjemahkan pembicaraan kamu dalam bahasa Korea.

Di aplikasi ini kamu juga dapat mengetikkan bahasa pilihan kamu dan Speak & Translate akan menampilkan terjemahannya dalam bahasa Korea. Canggih kan!

6. Eggbun

Berkunjung ke negara asing tentu tidak lengkap bila belum membaur dengan warga lokal. Untuk melakukannya, kamu bisa mempelajari sedikit bahasa negara tujuanmu sebelum berangkat.

Eggbun merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang paling populer. Kamu bisa berlatih, mendengar, membaca, menulis dan mengobrol dengan seorang pembimbing lewat aplikasi ini.

Aplikasi Eggbun menawarkan sekitar 550 pelajaran bahasa Korea yang bisa kamu pelajari dimana saja dan kapan saja.

7. 배달의민족

배달의민족 (Baedal-uiminjog) adalah aplikasi lainnya yang wajib kamu punya saat berada di Korea.  Aplikasi ini memudahkan kamu untuk memesan makanan dengan cepat. Jadi kamu cukup duduk santai di tempat kamu dan makanan akan segera dikirimkan ke tempat kamu.

Di aplikasi ini, kamu bisa menggunakan berbagai cara pembayaran. Selain itu terdapat juga fitur diskon khusus dalam aplikasi ini. Sayangnya kamu harus mengerti bahasa Korea dulu untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

8. Misemise

Aplikasi Misemise adalah aplikasi yang dapat memantau kualitas udara yang ada di Korea. Aplikasi ini akan memberitahu kamu bila tingkat kualitas udara terlebih bila udara di sana dalam tingkat berbahaya.

Jadi, aplikasi ini perlu kamu punya, mengingat debu di Korea bisa membahayakan kesehatan kamu.

9. KakaoBus

KakaoBus adalah aplikasi yang memudahkan kamu kalau ingin menaiki transportasi bus di sana.

Aplikasi ini memberikan informasi kapan waktu kedatangan bus, informasi lalu lintas di jalan yang akan kamu lewati, dan tempat duduk yang tersisa. Aplikasi Kakao Bus juga memberikan info kapan waktu kamu harus turun dari bus.

10. Kamus Naver

Kamus Naver adalah aplikasi kamus bahasa Korea yang paling populer. Kamus never memberikan kamu terjemahan yang akurat dan contoh penggunaan kata – kata Korea yang tepat.  Dan juga menunjukan definisi dari kata tersebut.

Aplikasi kamus naver sangat berguna bila kamu menemukan kata-kata yang tidak kamu mengerti. Aplikasi ini juga akan memberitahukan kamu penggunaaan dari kata-kata tersebut, misalnya untuk digunakan dalam gaya formal atau santai.

11. Kakao Map

aplikasi peta kakaomap untuk perjalanan di korea selatan

KakaoMap adalah aplikasi traveling luar negeri yang harus kamu punya saat berada di Korea. Aplikasi ini juga menyediakan aplikasi peta Korea Selatan dalam bahasa inggris.

Selain KakaoMap, kamu juga bisa gunakan aplikasi NaverMap dan Waze untuk memudahkan kamu mencari tempat dan menemukan rute tercepat untuk sampai ke tempat tujuan.

Aplikasi ini memang serupa dengan Google Map, namun aplikasi tersebut tidak dapat digunakan di Korea, karena pemerintah Korea tidak mengizinkan data topografi untuk orang asing. Jadi, kamu bisa gunakan aplikasi KakaoMap sebagai alternatif.

12. Klook

Klook merupakan aplikasi yang memudahkan kamu bila ingin memesan tiket transportasi ataupun tempat wisata, tidak hanya di Korea tapi juga seluruh dunia.  Aplikasi ini memiliki berbagai pilihan dengan harga menarik.

Kamu bisa memesan semua tiket yang berbentuk e-voucher ini dengan mudah, atau bisa juga kamu membelinya dengan yang baru. Klook memiliki  sistem yang akan mengelola tiket kamu. kamu juga bisa dapatkan diskon jika kamu membelinya lewat aplikasi ini, melalui akun Klook di HP atau PC.

13. Emergency Ready

Aplikasi untuk traveling ke Korea terakhir yang bisa kamu siapkan adalah Emergency Ready. Aplikasi ini dapat membantu kamu mengetahui informasi terupdate mengenai bencana alam yang terjadi dan kondisi terbarunya.

Misalnya saat disana tengah dilanda angin puting beliung, maka aplikasi ini akan memberikan peringatan dan update lewat aplikasi ini. Dengan begitu kamu bisa waspada untuk mengatur perjalanan kamu selanjutnya.


Itulah 13 aplikasi untuk traveling ke Korea yang wajib kamu punya bila berada di sana. Dijamin pengalaman kamu akan lebih menyenangkan selama berada di sana. Tapi sebelumnya, jangan lupa buat paspor Koreamu dulu yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *