aplikasi video call terbaik di android dan iphone
Aplikasi, Traveling

9 Aplikasi Video Call Terbaik untuk Kamu yang Tidak Bisa Mudik

Aplikasi video call jadi salah satu aplikasi penting saat pandemi karena banyaknya aturan untuk tidak bertatap muka untuk mencegah penularan COVID-19. Makanya tidak heran jika panggilan video kini banyak digunakan baik dalam bekerja, belajar, atau sekedar menyapa anggota keluarga lainnya.

Aplikasi panggilan video kini menjadi lebih penting menyusul kebijakan pemerintah yang melarang mudik di tahun 2021 ini. Melalui aplikasi video call terbaik ini, rasa rindu terhadap orang-orang tercinta dan kampung halaman sedikit bisa terobati meski kita tidak bisa mudik tahun ini.

Nah, buat kamu yang butuh aplikasi video call terbaik untuk bersilaturahmi, berikut adalah beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi Video Call Terbaik di Windows, Mac, Android dan iPhone

1. WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di Indonesia. Tidak hanya bisa dipakai untuk saling bertukar pesan, WA juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video, mengirimkan denah lokasi, hingga mengirimkan file. Jadi jika kamu sedang mencari aplikasi video call terbaik, maka WA patut jadi pertimbangan pertama.

WhatsApp sendiri tersedia pada berbagai platform. Selain pada hp Android dan iOS, WhatsApp juga bisa diakses melalui Windows, Mac, atau perangkat lain yang terhubung melalui browser. Sayangnya untuk saat ini, fitur video call hanya bisa diakses melalui aplikasi saja, bukan WhatsApp Web.

Dengan fitur video call WA, kita bisa menghubungi nomor siapa saja yang ada pada kontak kita. Kita bahkan bisa melakukan panggilan video beramai-ramai hingga 8 orang. Cocok untuk kamu yang ingin bersilaturahmi dengan beberapa anggota keluarga sekaligus.

2. LINE

Selain WhatsApp, aplikasi perpesanan populer lain yang juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video gratis adalah LINE. Menariknya, kita bisa melakukan conference call dengan 200 peserta sekaligus. Dan sama seperti aplikasi pesan teksnya, kamu juga bisa menambahkan emoji pada pesan video yang ditampilkan.

3. Messenger

Facebook Messenger memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan video dengan teman dan keluarga di perangkat seluler Android atau iPhone. Berkat popularitas Facebook, Messenger adalah salah satu aplikasi obrolan video gratis yang paling banyak digunakan. Selain itu aplikasi ini juga kompatibel dengan Android, iOS, Windows, dan Mac.

Obrolan video di aplikasi Messenger cukup fleksibel. Kamu dapat mengubah kamera yang digunakan dengan mengklik tombol. Hal ini berguna jika kamu perlu menunjukkan sesuatu kepada orang di sisi lain.

Saat menggunakan aplikasi Messenger, kamu bisa mematikan audio agar pihak lain tidak mendengar percakapan apa pun yang kamu ingin rahasiakan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi pesan Facebook tanpa mengganggu video call.

Terakhir, aplikasi ini memiliki fitur Messenger Rooms yang memungkinkan kamu untuk melakukan obrolan video dengan beberapa orang dalam satu grup pada saat yang sama. Tidak tanggung-tanggung, kamu bisa berbicara dengan 50 orang sekaligus lho!

4. Zoom

Zoom jadi aplikasi video call paling populer selama pandemi dan banyak digunakan pada proses belajar mengajar, bekerja, webinar, dan banyak pertemuan online lainnya. Salah satu keunggulan Zoom terletak pada aksesnya yang gratis, koneksinya yang stabil, serta kompabilitasnya dengan beragam perangkat berbeda.

Fitur pada Zoom pun termasuk melimpah dibanding aplikasi video call lain pada umumnya. Selain bisa melakukan conference dengan banyak peserta sekaligus, kamu juga bisa membagikan link video call dengan mudah dan menambahkan anotasi saat melakukan panggilan video.

Zoom sendiri bisa digunakan tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Meski begitu akan ada beberapa batasan seperti jumlah koneksi yang terbatas serta durasi panggilan yang bisa dilakukan.

5. FaceTime

Sebagai salah satu aplikasi panggilan video grup terbaik di perangkat seluler, aplikasi obrolan video FaceTime memungkinkan pengguna semua produk Apple untuk tetap berhubungan melalui video. Jadi jika kamu memiliki produk Apple seperti iPhone atau Mac, kamu bisa menggunakan aplikasi default Apple tersebut.

Meski tampak sederhana, aplikasi video call terbaik iPhone ini memiliki fitur yang lebih dari cukup untuk melakukan panggilan video. Sama seperti Messenger, kamu bisa beralih dari panggilan video ke percakapan audio dengan mudah.

Dengan Facetime, kamu bisa menelpon dengan 32 orang pada saat yang bersamaan. Sayangnya semua peserta juga harus menggunakan iPhone atau Mac, jadi tidak heran jika aplikasi ini masih kalah populer di kalangan pengguna non-apple.

6. Google Duo

Jika kamu ingin aplikasi mirip FaceTime yang lebih universal, kamu bisa menginstal Google Duo. Tidak seperti saingannya tersebut, Google Duo bisa digunakan di berbagai perangkat, bahkan untuk iPhone dan iPad sekalipun.

Di Google Duo, kamu bisa melakukan obrolan video dengan 32 orang sekaligus. Hal ini memang masih kalah dibanding Zoom, tetapi Google Duo benar-benar gratis dan bisa digunakan hanya dengan akun Google saja.

Di luar fitur obrolan video, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengirim pesan video. Cocok jika lawan bicara kamu tidak memungkinkan untuk menerima panggilan video atau sedang tidak ada di tempat.

7. Skype

Selama bertahun-tahun, Skype mendominasi aplikasi panggilan video sebelum akhirnya tersusul oleh pemain-pemain baru seperti WhatsApp, Messenger, atau bahkan Discord. Aplikasi buatan Microsoft ini padahal mendukung banyak perangkat berbeda, bahkan yang jadul sekalipun.

Dengan lamanya proses pengenmabangan aplikasi ini, Skype memiliki banyak fitur yang mumpuni untuk melakukan panggilan video. Selain itu kamu juga bisa membagikan layar, menampilkan kata-kata yang diucapkan di layar, dan banyak lagi.

Jika kamu ingin berbicara dengan banyak orang sekaligus, Skype bisa digunakan untuk conference call hingga 50 orang lho. Enaknya lagi, semua fitur Skype tersebut bisa kamu gunakan secara gratis.

8. Discord

Buat kamu yang mau silaturahmi dengan rekan-rekan gaming online, Discord bisa jadi aplikasi yang paling pas. Selain punya tampilan berwarna-warni, aplikasi ini juga dikemas dengan fitur menarik yang bakal bikin kamu betah untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Discord kompatibel dengan lintas platform, sehingga kamu bisa memakai aplikasi perpesanan ini di semua perangkat. Di Discord, kamu bisa melakukan obrolan video dengan 25 orang sekaligus. Meski tidak sebanyak aplikasi video call lainnya, jumlah ini sudah cukup banyak untuk sekelompok kecil gamer, penggemar kripto, dan banyak lagi.

Hal menarik lainnya tentang Discord adalah kapasitas streaming videonya. Dengan menggunakan aplikasi obrolan video, kamu dapat membuat live streaming. Menariknya, penontonnya bisa sebanyak 50 orang.

Meskipun aplikasi dasar Discord gratis, ada versi berbayar yang memiliki beberapa keuntungan, seperti kualitas streaming yang lebih baik dan fitur tambahan yang tidak terkunci.

9. IMO

Aplikasi video call terbaik terakhir adalah IMO. Beda dengan kebanyakan aplikasi panggilan video lainnya, IMO bisa diatur untuk menggunakan koneksi 2G atau 3G untuk memastikan koneksi kamu lancar dan stabil meski sinyal lemah.

Di aplikasi ini, kamu bisa membuat group chat untuk berbagi foto dan video dengan pengguna hp Android maupun iPhone. Selain itu, aplikasi IMO juga berukuran ringan dan tidak terlalu memakan banyak memori. Menariknya, kamu juga bisa lho menggunakan berbagai stiker lucu saat melakuan panggilan.


Buat kamu yang tidak bisa mudik tahun ini, jangan khawatir! Silaturahmi tetap bisa berjalan meski kamu harus berjauhan. Dengan aplikasi video call terbaik di atas, jarak bukan lagi masalah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *