Aplikasi wajib untuk kreator sosial media
Aplikasi

10 Aplikasi Wajib untuk Kreator Sosial Media

Membuat konten yang baik secara rutin adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan konversi dan engagement followers kamu di sosial media. Selain itu diversifikasi konten juga jadi hal lain yang tidak kalah pentingnya jika kamu ingin sukses menjadi kreator atau influencer di sosial media.

Sayangnya membuat konten yang menarik menjadi tantangan tersendiri yang terkadang memakan waktu dan menguras sumber daya. Untungnya hal ini bisa disiasati dengan banyaknya aplikasi yang mampu memudahkan kamu dalam membuat dan mengatur konten. Saking mudahnya, aplikasi ini bahkan bisa digunakan siapa saja tanpa perlu memiliki pengalaman atau skill tertentu.

Nah, buat kamu yang aktif di sosial media, berikut adalah beberapa aplikasi wajib untuk sosial media yang harus kamu coba.

Aplikasi Terbaik untuk Sosial Media

1. Pixlr

Pixlr, aplikasi editor foto terbaik untuk content creator

Sekarang mungkin sudah tidak lagi zamannya menulis status berupa teks saja di sosial media. Agar lebih greget, kamu juga perlu menyisipkan gambar yang sesuai agar kata-kata yang ingin kamu sampaikan lebih menarik bagi followers kamu.

Menambahkan gambar sendiri kini dapat dengan mudah dilakukan dari smartphone. Kamu bahkan bisa langsung mengedit dan mengolah gambar kamu sendiri dari perangkat tersebut. Jadi kamu tidak lagi repot mengedit foto di komputer seperti dulu!

Salah satu aplikasi editor foto terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Pixlr. Kamu bisa menggunakannya secara online melalui browser, atau sebagai aplikasi Android dan iOS. Tidak hanya bisa melakukan editing dasar saja, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk menambahkan teks, emoji, stiker, hingga mengaplikasi kan filter dan efek tertentu agar gambar/foto kamu makin keren di sosial media.

2. Videoleap

Videoleap, aplikasi edit video terbaik untuk penggiat sosial media

Videoleap buatan Lightricks adalah aplikasi pembuatan dan pengeditan video keren yang tersedia di iOS dan Android. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat dan mengedit video berkualitas tinggi langsung dari perangkat seluler. Kamu bisa menggabungkan klip video, serta menambahkan filter artistik, efek visual dan teks yang canggih.

VideoLeap sendiri jadi salah satu aplikasi edit video Android tanpa watermark gratis. Tidak cuma untuk pemula, aplikasi ini juga menawarkan beragam fitur editing video advanced yang bahkan dapat dimanfaatkan oleh para pembuat film profesional.

Sebagai contoh, apikasi ini memiliki fitur timeline yang intuitif dengan zoom untuk memungkinkan presisi frame demi frame, serta kunci kroma atau pengomposisian layar hijau (green screen). Dengan begitu kamu bisa memotong atau menyesuaikan klip video untuk memformat dan menempatkan video kamu pada kanvas berwarna atau kosong.

Untuk pengguna awam, kamu dapat menikmati fitur pengeditan intuitif Videoleap, yang memungkinkan kamu menggabungkan dan memotong klip video dengan mudah. Video tersebut pun nantinya bisa kamu tambahkan efek khusus, transisi, serta ditambahkan lebih dari 100 efek suara menarik.

3. Buffer

Buffer, aplikasi wajib untuk kreator sosial media dalam menjadwalkan postingan

Buffer adalah alat yang bisa digunakan untuk membuat dan menjadwalkan postingan kamu ke berbagai sosial media. Dengan online tools ini, kamu tidak perlu lagi repot untuk membuat posting setiap hari. Cukup atur sekali, sosial media kamu akan terupdate secara otomatis untuk jangka waktu tertentu.

Cara pakainya pun cukup mudah, Setelah kamu menghubungkan akun sosial media, kamu dapat dengan mudah membuat posting baru di dalam aplikasi. Pada paket berbayarnya, kamu bahkan bisa menambahkan konten dari sumber lain, seperti blog kamu atau website favorit Anda.

Pilihan yang tersedia pada paket gratis terbatas, di mana kamu hanya dapat membuat dan menjadwalkan hingga sepuluh posting. Selain itu kamu dapat memilih waktu postingan untuk mengedit atau menghapusnya. Tidak cuma itu, kamu pun dapat menambahkan teks, gambar, video, dan tautan yang relevan. Setelah selesai, kamu bisa menjadwalkannya untuk waktu yang ditentukan atau menambahkannya ke dalam antrian.

4. Pablo by Buffer

https://youtu.be/v95jY7qjtvI

Selain menyediakan tools untuk menjadwalkan posting di sosial media, Buffer juga menyediakan alat editing gambar keren yang cocok digunakan untuk mengatur tampilan postingan sosial media kamu. Alat ini pun sudah terintegrasi dengan layanan utama Buffer sehingga kamu bisa membuat jadwal postingan menggunakan gambar yang sudah kamu edit di Pablo.

Alat ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan gambar yang indah dengan teks, menambahkan logo , dan menerapkan filter untuk membuat tampilan postingan kamu makin menarik.

Setelah mendaftar, kamu bisa membuka aplikasi Pablo dan mulai membuat konten secara instan, mulai dari postingan blog, kutipan inspirasional, testimonial, hingga produk yang kamu promosikan. Agar prosesnya lebih mudah, kamu bisa menggunakan template serta menambahkan lebih dari 600 ribu gambar bebas royalti siap pakai.

Tidak cuma itu, kamu bisa memodifikasi tampilan menggunakan built-in editing tools yang memungkinkan kamu untuk memilih ukuran gambar, menerapkan filter, menambahkan teks dan kutipan, mengubah posisi teks, dan membagikan serta mengunduh konten yang sudah dibuat.

5. Canva

Selain Pablo, editor gambar untuk sosial media lain yang sangat populer adalah Canva.

Pada tools online ini terdapat beragam template yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis gambar yang akan kamu buat, entah itu postingan Instagram, Facebook, hingga membuat logo untuk sosial media kamu.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa memodifikasi template sesuai keinginan kamu. Pada Canva terdapat beragam tools untuk editing gambar seperti skema warna, editor teks, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain bisa diakses lewat hp, Canva juga bisa digunakan lewat desktop. Kamu pun bisa melakukan kolaborasi bersama anggota tim lain untuk memudahkan kamu dalam mengedit gambar untuk sosial media.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa mengupload font, palet warna, serta gambar kamu sendiri untuk memastikan branding kamu tetap dapat terlihat pada setiap gambar yang kamu edit.

Beberapa fitur yang ada di Canva memang hanya bisa digunakan pada versi berbayar. Tapi versi gratisnya sudah lebi dari cukup untuk penggunakan pribadi kok!

6. Awesome Screenshot

Awesome Screenshot

Awesome Screenshot adalah aplikasi penangkap layar terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar atau merekam desktop kamu. Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat video tutorial atau semacamnya dengan mudah.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menginstalnya sebagai ekstensi Google Chrome. Untuk mulai mengambil skrinsut, klik ikon ekstensi Awesome Screenshot, dan pilih apakah akan mengambil bagian yang terlihat, halaman penuh, atau area yang dipilih dari halaman web atau layar.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat merekam layar, webcam, dan audio untuk membuat, misalnya, panduan singkat yang menunjukkan bagaimana peserta dapat mendaftar untuk hadiah atau kontes online yang kamu buat di sosial media. Kamu pun bisa menambahkan anotasi dan menyimpan klip yang direkam ke harddisk atau cloud untuk akses yang lebih mudah.

Gambar yang sudah diambil pun nantinya bisa kamu edit menggunakan tools bawaan aplikasi ini. Dengan begitu kamu bisa mengubah ukuran, memotong, menambahkan bentuk dan anotasi, zoom, menggambar, dan melakukan penyesuaian lain tanpa menginstal aplikasi tambahan.

7. Imgflip

Imgflip, website gratis untuk membuat meme

Meme adalah salah satu bentuk komunikasi yang viral di berbagai kalangan karena formatnya yang menarik dan dapat menggambarkan situasi tertentu dengan tepat. Apalagi meme biasanya berupa gambar yang tentunya menarik untuk dibagikan.

Makanya tidak heran jika meme seringkali dimanfaatkan untuk membantu influencer dan pegiat sosial media untuk dapat terlibat dan terhubung dengan pengikut mereka, serta mendukung strategi pemasaran media sosial yang mereka lakukan.

Untuk membuat meme sendiri cukup mudah, salah satunya adalah dengan Imgflip yang merupakan generator meme online gratis dan populer. Di sini kamu bisa menggunakan gambar atau template meme yang ada. Kamu juga bisa mengunggah foto dari drive lokal kamu sendiri dan menambahkan teks yang kamu inginkan pada meme tersebut.

Saat membuat meme untuk sosial media, pastikan kamu sudah mengetahui lebih dahulu fungsi dari format meme yang kamu gunakan. Jangan sampai pesan yang ingin kamu sampaikan menjadi bumerang karena kamu menggunakan template meme yang salah.

8. Visme

Visme, aplikasi terbaik untuk sosmed dalam membuat dan membagikan infografis

Menyajikan konten dalam bentuk infografis adalah cara pemasaran yang harus kamu pelajari mengingat banyak audiens kamu yang mungkin lebih menyukai data dalam bentuk visual. Untungnya membuat hal tersebut bisa dilakukan dengan alat pembuat infografis gratis seperti Visme.

Visme menawarkan ratusan template, widget, dan bagan siap pakai agar kamu bisa membuat infografis untuk media sosial dan kampanye pemasaran apapun.

Setelah memilih template, kamu bisa memodifikasi sendiri menggunakan blok konten siap pakai dari aset library Visme. Melalui aplikasi tersebut, kau juga bisa menyesuaikan font teks, warna tema, serta menambahkan grafik, gambar, dan elemen lain kamu sendiri. Kamu pun bisa menambahkan logo yang menjadi personal branding kamu sendiri pada infografis yang kamu buat.

Setelah selesai, kamu bisa mengunduh infografis untuk presentasi atau membagikannya secara online di situs web dan platform media sosial pilihan kamu.

9. TweetDeck

TweetDeck adalah aplikasi yang akan sangat berguna untuk kamu yang aktif di sosial media Twitter. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengelola semua akun Twitter kamu dari satu tempat.

Tidak cuma itu, TweetDeck juga dikemas dengan beragam fitur yang bisa membantu kamu menjangkau audiens serta menemukan hal-hal terbaik dari Twitter. Kamu bisa dengan mudah melacak percakapan, menemukan orang baru untuk diikuti, mengirim pesan, dan mendapatkan update dari semua orang dan daftar yang kamu ikuti.

Aplikasi ini pun sederhana dan sangat mudah digunakan. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu login dengan akun Twitter yang sudah ada saja.

10. Social Blade

Social blade untuk melihat data-data statistik influencer

Jika kamu sering bekerja sama dengan influencer lainnya, tidak ada salahnya untuk memeriksa profil influencer tersebut untuk menjamin agar kamu bisa mendapatkan hubungan yang sehat. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan tools gratis seperti Social Blade.

Tools online ini dipasarkan sebagai situs statistik yang memungkinkan kamu untuk melacak data pengguna dan tren pertumbuhan sebuah akun sosmed di berbagai saluran sosial, seperti Twitter, YouTube, Twitch, Instagram, dan banyak lagi. Enaknya lagi, fitur tersebut dapat kamu gunakan secara gratis!

Salah satu fitur Social Blade yang cukup menarik adalah Data Historis, yang memungkinkan kamu melihat jumlah pengikut yang diperoleh dan hilang dari akun setiap hari selama periode waktu tertentu.

Jika kamu melihat lonjakan besar dalam pertumbuhan followers, kamu mungkin perlu curiga. Jika tidak ada kejadian viral yang membuat lonajakan tersebut, bisa jadi pemilik sosial media menggunakan bot untuk mengembangkan akun mereka.


Sosial media kini menjadi lebih dari sekedar alat untuk saling terhubung dengan teman dan keluarga saja. Akun jejaring media sosial kini bahkan banyak digunakan untuk marketing hingga mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Agar lebih sukses di sosial media, kamu perlu memanfaatkan tools yang bisa mempermudah kamu dalam membuat konten hingga mengelola akun tersebut. Untungnya ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan, bahkan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.