asuransi perjalanan terbaik dengan premi murah
Keuangan, Traveling

6 Asuransi Perjalanan Terbaik dengan Premi Murah

Menyiapkan asuransi perjalanan terbaik mungkin tidak akan langsung terlintas di kepala kita saat akan bepergian. Padahal asuransi traveling semacam ini bisa memberikan kita perlindungan terhadap banyak hal yang tidak terduga selama perjalanan.

Sebagai contoh, sakit di tempat tujuan, kehilangan bagasi, serta keterlambatan penerbangan biasanya jadi masalah yang sering kali muncul saat bepergian. Belum lagi jika dokumen penting seperti paspor hilang atau bahkan terjadi kecelakaan saat kita sedang liburan.

Adanya asuransi perjalanan akan memberikan kita proteksi terhadap resiko dalam perjalanan tersebut. Dengan begitu kamu bisa tetap merasa aman, nyaman, dan bisa menikmati liburanmu dengan lebih leluasa.

Nah, buat kamu yang sedang mencari asuransi perjalanan terbaik dengan premi murah, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan.

1. AXA

AXA memiliki dua produk asuransi perjalanan, yaitu AXA Smart Traveler untuk kenyamanan dan keamanan saat perjalanan ke luar negeri, serta AXA Travel Domestik yang memberi perlindungan atas risiko saat melakukan perjalanan di dalam negeri.

Keduanya dapat digunakan baik untuk perjalanan bisnis maupun rekreasi serta memiliki benefit yang sama, antara lain:

  • Santunan untuk setiap 6 jam pesawat delay, keterlambatan pada kereta api atau kapal laut (sampai batas maksimum yang tertera dalam sertifikat polis) akibat kejadian diluar kuasa kita.
  • Pihak asuransi akan menanggung biaya pembatalan dan biaya tambahan lainnya yang timbul termasuk biaya akomodasi akibat perubahan jadwal.
  • Perlindungan terhadap kehilangan dan kerusakan bagasi, termasuk barang-barang di dalamnya, serta barang yang dipakai dan dibawa selama perjalanan.
  • Penggantian atas biaya perjalanan yang telah dibayar di muka sesuai dengan limit pertanggungan bila kita mengurangi periode perjalanan karena hal di luar kuasa kita.
  • Perlindungan terhadap kerugian yang disebabkan oleh aksi terorisme.
  • Layanan bantuan medis selama 24 jam nonstop di manapun kita berada.

Satu hal yang menarik, asuransi travel AXA akan menyediakan polis real-time yang bisa diterima di email yang kita daftarkan. Hal ini akan sangat berguna jika kita membutuhkan polis untuk kebutuhan yang mendadak.

2. Traveloka

Traveloka jadi aplikasi terbaik untuk kamu yang hobi traveling. Tidak hanya memudahkan kita untuk mendapatkan tiket dan akomodasi mudah, Traveloka juga memiliki fitur lain yang bisa menunjang perjalanan kita, seperti asuransi.

Agar perjalanan semakin aman dan terjamin, kamu bisa memilih salah satu fitur asuransi yang ditawarkan Traveloka sebagai berikut,

Asuransi Perjalanan

Asuransi dengan pilihan single-trip atau tahunan yang bisa melindungi perjalananmu ke berbagai negara seperti Amerika, Jepang, Australia, Tiongkok, Turki, dan negara-negara lainnya.

Melalui asuransi ini kamu bisa mendapatkan perlindungan dari keterlambatanpenerbangan, kecelakaan, biaya medis, hingga kerusakan dan kehilangan bagasi.

Asuransi Visa Schengen

Asuransi khusus untuk kamu yang ingin mengurus aplikasi visa Schengen yang bisa digunakan untuk mengunjungi negara-negara Uni Eropa seperti Jerman, Perancis, Belanda, Swedia, Polandia, Spanyol, hingga Pulau Canary.

Asuransi Keterlambatan

Asuransi Keterlambatan Travelola yang bekerja sama dengan Asuransi Simas Insurtech ini cocok untuk kamu yang ingin melindungi perjalanan via jalur penerbangan.

Dengan asuransi ini, kamu bisa mengklaim 600K untuk 90 menit keterlambatan untuk alasan apapun secara instan.

3. Allianz

Allianz memiliki beberapa produk asuransi perjalanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta jumlah orang yang akan diasuransikan.

  • Allianz TravelPRO untuk melindungi perjalanan di dalam dan luar negeri, baik untuk individu, pasangan, maupun keluarga.
  • Allianz Annual TravelPRO yang cukup diajukan sekali untuk melindungi berbagai perjalanan ke semua destinasi selama 1 tahun.
  • Garuda Indonesia Travel Insurance yang memberikan perlindungan menyeluruh untuk kenyamanan perjalanan khusus bagi pelanggan Garuda Indonesia.
  • Allisyah New TravelPRO yang memungkinkan kita unutk berasuransi sambil bersedekah
  • Allianz Group TravelPRO yang bisa digunakan untuk grup dengan minimal 10 orang yang bepergian bersamaan dengan jadwal dan destinasi yang sama.

Secara umum, manfaat yang bisa didapat tidak jauh berbeda. Masing-masing pemegang polis akan mendapatkan fasilitas perlindungan pembatalan dan perubahan perjalanan, pengobatan gratis, santunan kecelakaan, jaminan penggantian biaya keterlambatan, 24-hour emergecy assistance, serta pelindungan kerusakan dan kehilangan bagasi.

Klaim pun dapat dilakukan dengan mudah melalui nomor telepon AllianzCare 1500-136, nomor darurat internasional +65 6535-5833, atau melalui website allianz.co.id/klaimtravel.

4. MNC Travel Insurance

MNC Insurance memiliki dua produk asuransi perjalanan yang bisa dipilih sesuai dengan destinasi. MNC Travel Express bisa digunakan untuk melindungi perjalanan hingga ke luar negeri sementara MNC Travel Domestik hanya bisa digunakan untuk traveling di dalam negeri saja.

Secara umum keduanya memiliki tingkat perlindungan yang hampir mirip. Bedanya, pada MNC Travel Express terdapat fitur penggantian uang serta dokumen perjalanan yang hilang selama berpergian. Sementara MNC Travel Domestik hadir dengan fitur perlindungan rumah akibat kebakaran dan kebongkaran yang penting saat kita akan meninggalkan rumah tanpa pengawasan.

5. ACA

New Travel Safe adalah salah satu produk asuransi perjalanan dari ACA yang bisa memberikan perlindungan untuk individu, keluarga, atau kelompok besar, baik untuk perjalanan bisnis maupun liburan.

Asuransi perjalanan ini bisa digunakan untuk mengunjungi banyak negara mulai dari Asia hingga Amerika. Selain itu asuransi ini juga sudah diakui oleh Uni Eropa dan bisa digunakan untuk membuat Visa Schengen.

Manfaat pertanggungan yang bisa didapat terbilang cukup lengkap, yaitu meliputi biaya medis, evakuasi medis, kehilangan bagasi, penundaan penerbangan, pengurangan perjalanan, santuan kematian, hingga pembajakan.

Satu hal yang menarik, asuransi perjalanan ACA juga menanggung biaya tiket perjalanan dan akomodasi yang diperlukan untuk satu orang untuk mengunjungi pemegang polis yang sedang dirawat di luar negeri. Selain itu biaya pemulangan anak tertanggung juga ter-cover oleh asuransi ini.

6. Adira Syariah

Jika kamu mencari opsi asuransi perjalanan syariah, maka Travellin Syariah dari Adira bisa jadi salah satu opsi terbaik. Dikelola secara Syariah dengan prinsip “ta’awun”, asuransi ini akan cocok untuk setiap orang yang ingin tetap mendapatkan perlindungan saat perjalanan dari berbagai risiko dengan mengedepankan prinsip saling tolong menolong sesama pelanggan dan terbebas dari unsur riba, maisir, dan gharar.

Asuransi ini dapat dimiliki siapa saja yang berusia 1-90 tahun dan bisa digunakan untuk mengunjungi berbagai negara kecuali beberapa negara yang dalam konsisi perang dan mengalami masalah kestabilan politik seperti Afghanistan, Iran, Irak, Suriah, Belarus, Kuba, Kongo, Korea Utara, Somalia, Sudan, Sudan Selatan, dan Zimbabwe.

Tidak hanya itu, produk Travelling Syariah juga akan sangat cocok untuk memberi perlindungan selama umrah dan haji. Benefit yang didapat pun cukup melimpah mulai dari jaminan kecelakaan, jaminan sakit, ketidaknyamanan dalam perjalanan, serta santunan atas perampokan rumah yang ditinggal selama umrah.


Asuransi perjalanan memang sering disepelekan bagi para traveler yang ingin bepergian, baik domestik maupun ke luar negeri. Padahal manfaat asuransi perjalanan akan sangat terasa jika terjadi hal-hal yang tidak terduga saat perjalanan seperti keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, atau kecelakaan di tempat wisata.

Makanya, sebagai persiapan perjalanan, tidak ada salahnya memiliki salah satu asuransi perjalanan terbaik di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *