bahaya isi bahan bakar minyak (BBM) saat tangki mobil kosong
Otomotif

Jangan Isi Bahan Bakar Saat Tangki Mulai Kosong, Ini Bahayanya!

Bahan bakar minyak (BBM) diperlukan kendaraan sebagai sumber tenaga agar mobil/motor bisa berjalan sampai ke tempat tujuan. Bahan bakar masing-masing kendaraan juga berbeda-beda tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Makanya, tangki bahan bakar harus selalu diisi agar kendaraan selalu siap digunakan kapan saja. Pengisian bisa dilakukan saat indikator bahan bakar pada dasbor kendaraan mulai menipis.

Sayangnya banyak pemilik kendaraan yang seringkali mengisi bahan bakar ketika tangki benar-benar hampir kosong atau ketika indikator bahan bakar sudah menunjukan huruf E (Empty).

Meski kadang kendaraan masih bisa digunakan, ada baiknya hal ini tidak jadi kebiasaan karena mengisi bahan baka ketika tangki mulai kosong bisa menyebabkan beberapa masalah sebagai berikut:

1. Timbul Karat pada Tangki BBM

Tangki BBM yang sering dibiarkan dalam keadaan kosong akan memiliki lebih banyak udara. Udara ini bisa berasal dari kondensasi atau perubahan uap BBM yang menjadi air. Hal ini bisa semakin parah jika mobil sering disimpan di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama.

Jika hal ini sering terjadi, tangki BBM bisa jadi akan tercampur air. Air yang memiliki massa yang lebih berat akan turun ke bawah dan mengendap serta menempel langsung pada bagian bawah tangki. Hal ini bisa menyebabkan karat yang berpotensi menggerus dan merusak dinding tangki.

2. Mengganggu Kinerja Mesin

Selain bahaya air dan serpihan karat, bagian bawah tangki bahan bakar juga bisa diisi oleh kotoran yang berasal dari BBM itu sendiri. Ketika kendaraan dinyalakan dalam kondisi tangki yang hampir kosong kosong, kotoran bisa ikut terhisap oleh pompa bahan bakar.

Bila hal ini terjadi, maka bukan tak mungkin mobil akan mogok karena kinerja pompa bahan bakar dan sistem injeksi akan terganggu. Bila kondisinya sudah cukup parah, maka tangki bahan bakar harus dikuras agar kondisinya kembali bersih dan mencegah sistem perapian mobil agar tidak rusak.

3. Bikin Was-Was

Last but not least, mengisi bahan bakar saat tangki kosong bisa bikin pengendara was-was, apalagi kalau hal ini terjadi di saat macet atau saat kita road trip ke tempat yang jarang memiliki SPBU. Repot kan kalau mobil kehabisan bahan bakar dan harus mogok di jalan?


Nah, itu dia beberapa bahaya yang harus diwaspadai jika kamu sering mengisi BBM saat tangki kosong. Makanya, jangan menunda untuk mengisi BBM dan membiarkan indikator sampai di huruf E atau menunggu sampai lampu indikator BBM menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *