barang dan benda yang dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat
Traveling

10+ Barang yang Tidak Boleh Dibawa ke Dalam Pesawat

Saat bepergian ada barang-barang yang harus disiapkan untuk keperluan perjalanan. Namun saat menggunakan pesawat, ada aturan yang harus diketahui karena tidak semua barang bisa atau boleh dibawa ke dalam pesawat.

Hal ini sendiri bukannya tanpa sebab, karena beberapa barang berpotensi untuk mengganggu kenyamanan orang lain atau malah membahayakan pesawat. Makanya sebelum naik ke pesawat, pastikan kamu tidak membawa barang-barang sebagai berikut.

1. Benda Tajam

Benda tajam dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan di dalam kabin pesawat untuk menjaga keselamatan penumpang. Aturan ini diberlakukan cukup ketat, bahkan benda tajam berukuran kecil seperti gunting kuku, silet, atau pisau cukur seringkali bisa membawa masalah saat melalui pemeriksaan di bandara.

Meski begitu ada beberapa peraturan yang memperbolehkan untuk membawa senjata tajam meski harus menggunakan izin terlebih dahulu, seperti pada kasus benda tajam untuk kebutuhan olahraga atau semacamnya.

2. Senjata Api

Sama seperti benda tajam, benda yang berpotensi membahayakan penumpang seperti senjata api juga sangat dilarang untuk dibawa terbang. Pada banyak kasus, bahkan replika mainan atau benda lain yang bentuknya mirip dengan senjata api dilarang masuk ke dalam kabin pesawat.

Meski begitu tetap ada aturan khusus yang memperbolehkannya bagi pihak yang berwenang atau warga sipil yang sudah mengantongi izin terlebih dahulu.

3. Benda Tumpul

Benda tumpul juga jadi benda lain yang kebanyakan tidak bisa masuk ke kabin pesawat. Beberapa benda tumpul yang berpotensi membahayakan penumpang antara lain tongkat olahraga, skateboard, atau pancingan.

Bila ingin dibawa bepergian, benda-benda tesebut bisa disimpan pada bagasi saat check ini.

4. Cairan Lebih dari 100 mL

Mungkin akan terdengar sedikit aneh bila mendengar bahwa air minum dalam botol juga dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat. Hal ini sebenarnya dilakukan bukan karena tekanan berbeda pada pesawat dianggap bisa membuatnya meledak saja, namun lebih untuk keselamatan penumpang karena akan sulit untuk memastikan bahwa cairan yang dibawa berupa air minum atau malah bahan peledak cair.

dilarang membawa cairan seperti air minum di atas 100 mL ke dalam pesawat

Karena itulah semua cairan di bawah 100 mL yang disimpan dalam kontainer khusus seperti air minum, parfum, shampoo, body lotion, dan sebagainya dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat. Jika ingin membawanya, kamu bisa meletakan pada bagasi check ini agar tidak disita petugas saat pemeriksaan.

5. Gas

Gas yang dikompresi dalam botol seperti parfum, hair spray, atau semporotan bahan kimia seperti tabung aerosol, butana, dan propana jadi barang lain yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat.

Gas yang disimpan dalam tabung memiliki tekanan tinggi dan bisa memicu ledakan yang membahayakan penumpang atau bahkan pesawat itu sendiri.

6. Benda yang Mudah Terbakar

Barang terlarang selanjutnya adalah benda yang mudah terbakar, baik berupa benda padat, gas, atau cairan. Beberapa contoh cairan yang mudah terbakar antara lain bahan bakar, cairan pemantik api, thinner, cat, atau perekat. Sementara contoh benda padat yang mudah terbakar dan dilarang dibawa ke dalam pesawat antara lain bubuk mesiu, kembang api, petasan, dan lain sebagainya.

7. Bahan Kimia Beracun

Bahan kimia berbahaya seperti pembasmi serangga, bahan radioaktif, racun, alkali, asam, dan produk biologis berbahaya lain juga baiknya tidak dibawa ke dalam pesawat. Bahkan semprotan untuk melindungi diri seperti gas air mata atau semporotan asam fosfor juga dilarang di banyak penerbangan.

8. Bahan Peledak

Bahan peledak tidak hanya dilarang dalam penerbangan, tapi juga di banyak moda trasnportasi umum lainnya. Tidak hanya bahan peledak sungguhan, benda lain yang berpotensi meledak karena perbedaan tekanan atau bahannya yang mudah terbakar juga termasuk barang yang dilarang dibawa di pesawat.

9. Produk Hewani

Produk yang berasal dari hewan juga seringkali disita saat ada pemeriksaan di bandara. Produk-produk tersebut antara lain keju, susu segar, atau daging segar.

Hal ini dilarang karena produk tersebut berpotensi menjadi tempat menempelnya bakteri patogen yang berpotensi menimbulkan penyaki dan bisa menginfeksi penumpang lainnya.

10. Benda dengan Bau Menyengat

dilarang membawa benda dengan bau menyengat ke dalam pesawat seperti durian

Produk yang mengeluarkan bau menyengat dilarang untuk menjaga kenyamanan penumpang lainnya. Makanya makanan berbau tajam seperti seafood atau durian baiknya disimpan di bagasi pesawat dan dibungkus dengan rapat agar baunya tidak mengkontaminasi benda lain di sekitarnya.

11. Material Korosif

Zat yang bersifat korosif dapat merusak atau menghancurkan zat lainnya melalui reaksi kimia bila terkena kontak langsung. Makanya barang-barang seperti asam sulfat, alkali, dan aki kendaraan dilarang masuk ke dalam pesawat terbang, termasuk termometer yang menggunakan merkuri.

12. Kendaraan dengan Baterai Lithium

Kendaraan kecil yang menggunakan sumber daya berupa baterai lithium menjadi barang yang dilarang, tidak hanya di kabin pesawat tetapi juga di bagasi pesawat. Jadi kendaraan mini seperti segway, hoverboard, atau balance wheel dilarang dibawa menggunakan pesawat.


Demi kenyamanan penumpang lain dan melindungi pesawat dari bahaya, ada aturan mengenai barang apa saja yang bisa dibawa ke dalam pesawat. Jika kamu ingin membawa barang-barang di atas, pastikan kamu sudah mendapatkan izin dan berkoordinasi dengan pihak penerbangan terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *