perbedaan ban 18 inchi vs 20 inchi
Otomotif

Perbedaan Ban 18 Inchi vs 20 Inchi yang Harus Kamu Tahu!

Banyak pemilik mobil menganggap ukuran roda yang lebih besar lebih menarik secara visual. Padahal mengganti ukuran roda tidak hanya akan mengubah penampilannya, tapi juga berdampak pada akselerasi, penghematan bahan bakar, dan penanganan.

Nah, jika kamu ingin mengganti ukuran roda menjad 18 atau 20 inci, berikut adalah beberapa poin yang bisa kamu pertimbangkan.

Ukuran Roda dan Dampaknya Terhadap Konstruksi Ban

Saat mempertimbangkan roda yang lebih besar, penting untuk melihat ukuran keseluruhan roda dan konstruksi ban. Umumnya, roda yang lebih besar memiliki profil yang lebih rendah, yang berarti lebih tipis dan memiliki lebih sedikit dinding samping. Faktanya, jika kamu mengganti roda sendiri dan menambah atau mengurangi ukurannya, penting untuk melihat dimensi keseluruhan.

Jika kamu menambah diameter roda tanpa mengurangi ketebalan ban, akan ada perbedaan sebesar 7-8% dari kecepatan yang ditampilkan pada speedometer dan kecepatan sebenarnya.

Roda yang Lebih Besar akan Lebih Berat

Umumnya, roda 20 inci lebih berat dari roa 18 inci, kecuali jika kamu menggunakan alternatif yang lebih ringan. Model ban 20-inci kemungkinan akan lebih berat sekitar 1-1.5 kg dibanding roda 18-inci.

Roda yang lebih ringan menawarkan kinerja yang lebih baik dan akselerasi yang lebih baik dibandingkan dengan roda yang lebih berat, sehingga roda 18 inci menawarkan peningkatan kinerja. Meksi begitu perbedaannya mungkin tidak akan terlalu berasa, terutama jika hanya digunakan pada kecepatan rendah saja.

Roda 20-Inci Lebih Mahal

Dibutuhkan lebih banyak logam untuk membuat roda 20 inci, dan biaya tambahan ini dibebankan kepada konsumen. Namun, meskipun dulu ada perbedaan harga yang mencolok antara model ini dan model 18 inci, perbedaannya kini jauh lebih kecil karena permintaan untuk velg 20 inci telah meningkat. Meski begitu tidak ada salahnya untuk membandingkan biayanya saat kamu memutuskan untuk memilih ban 18 inci atau 20 inci.

Roda 20 Inci Dapat Meningkatkan Traksi

Roda 20 inci memiliki permukaan ban yang lebih besar, yang artinya akan ada lebih banyak ban yang akan bersentuhan dengan jalan. Dalam kondisi mengemudi yang buruk, seperti di jalan yang basah atau mengemudi di atas lumpur, kontak ekstra dapat meningkatkan cengkeraman ban.

Jika kamu tinggal di daerah yang rentan terhadap kondisi jalan yang berminyak, lembap, atau dingin, roda 20 inci dapat memberi kamu cara berkendara yang lebih aman dan lebih mudah dikendalikan.

Ban 18-inci Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Roda yang lebih besar cenderung memiliki ban berprofil lebih rendah, dan memiliki ukuran dinding samping yang lebih kecil. Ini berarti bahwa ada lebih sedikit udara di dalam ban, sehingga akan ada lebih sedikit bantalan terhadap jalan.

Saat kamu berkendara melewati gundukan, bantalan udara pada ban berdiameter lebih kecil membantu meredam hentakan di jalan, sehingga meningkatkan kualitas saat berkendara. Bantalan tambahan dari roda 18 inci juga mengurangi kebisingan jalan di kabin mobil, sehingga berpotensi meningkatkan kenyamanan berkendara secara keseluruhan.

Akselerasi Lebih Baik Dengan Roda Lebih Kecil

Tambahan bobot dan ukuran velg 20 inci akan membuat mesin mobil harus bekerja lebih keras untuk memutar roda tersebut. Ini berarti roda yang lebih kecil justru memudahkan mobil untuk berakselerasi.

Sementara memasang roda yang lebih besar dapat meningkatkan tampilan mobil, namun mengurangi akselerasinya. Meski begitu, perbedaannya minimal, dan rata-rata pengemudi tidak mungkin mengenali perbedaannya.

Visual

Keputusan utama untuk mengganti roda 18-inci vs 20-inci sebenarnya kembali ke selera masing-masing. Banyak orang memilih model yang lebih besar karena daya tarik visualnya. Roda berukuran kecil dapat terlihat hilang di bawah lengkungan roda, dan dengan memperbesar ukuran ban, celah antara sasis dan roda akan lebih terisi dan terlihat bagus.

Hal ni akan membuat mobil memiliki tampilan yang lebih agresif, dan jika kamu pernah mengikuti motor show, kamu bisa melihat bahwa banyak modder mobil lebih menyukai tampilan menggunakan ban berukuran lebih besar.


Meskipun roda yang lebih besar cenderung terlihat lebih baik, roda yang lebih kecil memiliki beberapa keunggulan. Ban kecil menawarkan akselerasi yang lebih baik, lebih ringan, dan meningkatkan kualitas berkendara. Jika kamu membeli hanya berdasarkan estetika, pilih pelek 20 inci. Namun jika kenyamanan atau performa adalah atribut terpenting bagi kamu, velg 18 inci akan lebih cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *