perbedaan jam tangan hybrid dan smartwatch biasa
Aksesoris HP, Men's Style

Catat, Ini Dia Bedanya Smatcwatch Biasa dan Hybrid!

Jika kamu sedang mencari sebuah jam tangan pintar, kamu mungkin akan menemukan istilah smartwatch hybrid. Meski hanya mendapatkan tambahan kata ‘hybrid’, varian smartwatch ini ternyata memiliki cukup banyak perbedaan dibanding smartwatch biasa.

Tidak hanya tampilannya saja, berikut adalah beberapa perbedaan smartwatch biasa dan hybrid agar kamu tidak salah pilih.

1. Desain dan Tampilan

Satu perbedaan yang paling menonjol antara smartwatch biasa dan smartwatch hybrid adalah tampilannya.

Smartwatch hybrid sendiri menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki fitur pada jam tangan pintar namun menggemari tampilan klasik dari sebuah jam tangan analog.

Makanya smartwatch hybrid memiliki tampilan yang mirip pada jam tangan pada umumnya dibanding sebuah smartwatch biasa yang memiliki desain dengan layar sentuh dan tampak futuristik.

Jadi jangan heran jika ada smartwatch hybrid yang tampil dengan strap kulit, jarum jam analog, atau casing berwarna keemasan seperti jam tangan biasa.

2. Layar Sentuh

Sama seperti smartphone, smartwatch menggunakan layar sentuh agar kita bisa mengakses menu navigasi dan fitur lain pada jam tangan pintar tersebut. Layar pun akan memiliki tampilan yang berbeda sesuai dengan menu yang sedang kita akses.

Smartwatch hybrid sendiri tidak memiliki layar sentuh. Menu navigasi dan fitur lainnya biasanya diakses menggunakan tombol tambahan atau memakai rotating bezel.

3. Baterai

Smartwatch biasa umumnya dilengkapi dengan rechargable battery sehingga baterai bisa di-charge ulang melalui konektor yang telah disediakan.

Untuk smartwatch hybrid umumnya menggunakan baterai jam biasa yang bisa bertahan antara 6-12 bulan tergantung pemakaian. Setelah daya habis, baterai harus diganti dengan yang baru.

4. Fitur

Dengan mengkombinasikan mesin mekanik untuk jam dan teknologi terbaru pada sebuah smartwatch, jam tangan pintar hibrida umumnya memiliki fitur yang lebih minim dibanding smartwatch biasa. Kalaupun ada yang cukup lengkap, harga smartwatch hybrid bisa cukup mahal dibanding smartwatch biasa dengan fitur yang relatif sama.

5. Fungsi

Dengan fitur dan tampilan yang dimilikinya, smartwatch biasa digunakan karena fiturnya dapat menunjang produktivitas atau aktivitas tertentu seperti olahraga. Jika digunakan sebagai aksesoris, tampilannya yang lumayan trendi, modern, dan edgy mungkin tidak akan cocok untuk beberapa outfit dan suasana tertentu.


Nah, itu dia beberapa perbedaan antara smartwatch biasa dengan jam tangan hybrid. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa memilih aksesoris yang sesuai dengan kebutuhan kamu nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *