Buku biografi inspiratif penuh motivasi
Produktivitas

10 Buku Biografi Inspiratif yang Bisa Memberi Motivasi

Motivasi bisa datang dari mana saja, termasuk buku. Dan jenis buku apa lagi yang lebih tepat untuk membuat kamu terinspirasi selain buku biografi dari tokoh-tokoh nyata di dunia?

Melalui buku biografi, kita bisa belajar bagaimana seseorang bisa mencapai kesuksesannya, bagaimana cara memulainya, apa saja masalah yang harus mereka hadapi, hingga bagaimana cara mereka melakukannya.

Nah, agar kamu juga bisa mendapatkan motivasi yang sama, beberapa buku biografi inspiratif ini bisa jadi bacaan kamu selanjutnya.

1. Nadiem Makarim

Judul Buku: Nadiem Makarim – Cerita Masa Kecil, Jatuh Bangun Gojek, dan Pengabdian bagi Negeri

Penulis: Ardi Darmawan, Mugi Artiningsih, Fanny A. Prasetya

Nadiem Makarim adalah salah satu sosok yang menjadi banyak panutan anak muda di Indonesia. Di usianya yang tergolong muda, beliau sudah memiliki salah satu startup terbesar di dunia serta dipercaya untuk mengemban tugas sebagai seorang menteri.

Pada buku ini, kita bisa melihat lebih dekat mengenai masa kecil Nadiem serta berbagai faktor yang membuatnya sukses seperti sekarang ini. Meski bukan berasal dari keluarga sembarangan dan memiliki pendidikan tinggi, lingkar pertemanan juga menjadi salah satu faktor besar yang mempengaruhi cara berpikirnya.

Meski bukan bersumber langsung dari Nadiem, buku ini tetap bisa jadi pertimbangan untuk kamu yang ingin mencari buku biografi inspiratf yang sarat motivasi.

2. Iman Usman

Judul Buku: Iman Usman – Masih Belajar

Penulis: Iman Usman

Mungkin tidak banyak yang mengenal sosok Iman Usman, namun kebanyakan orang mungkin akan mengetahui startup RuanggGuru yang dibuatnya bersama Belva Devara yang menjadi salah satu startup terbesar di Indonesia.

Masih Belajar menjadi autobiografi Imran Usman yang banyak bercerita mengenai kisah hidup, kisahnya menuju kesuksesan, tantangan hidup, serta pemikiran-pemikirannya.

Satu hal yang menarik, pada buku ini terdapat jawaban Iman Usman terhadap pertanyaan followersnya di Instagram. Selain itu terdapat berbagai kisah unik dari teman-teman terdekatnya mengenai sosok Iman Usman sendiri.

Dikemas dengan bahasa yang ringan, buku ini bisa jadi teman kamu bersantai sambil mencari inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan produktivitas kamu.

3. Elon Musk

Judul: Elon Musk: Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future

Pengarang: Aslee Vance

Elon Musk mungkin jadi sosok nyata yang paling mirip dengan karakter fiksi Tony Stark (Iron Man). Selain dikenal kaya, keduanya juga cerdas dan juga jadi idola bagi banyak orang serta memiliki ide bisnis yang cemerlang.

Pada buku ini, kita akan diajak untuk melihat masa kecil Elon di Afrika Selatan hingga memutuskan pindah ke Amerika. Selain itu kita bisa melihat kiprahnya di dunia bisnis mulai dari Zip2 hingga usahanya untuk mendaratkan roket di Mars.

Satu hal yang tidak kalah penting, melalui buku ini kita bisa belajar untuk memiliki mimpi yang besar dan mewujudkannya. Kita pun bisa belajar mengenai kerja keras, dedikasi, dan cara mengambil keputusan yang membuat Elon Musk berdiri di tahtanya sekarang.

4. Sir Alex Ferguson

Judul Buku: Sir Alex Ferguson – Peracik Strategi Terbaik Sepanjang Masa

Penulis: Prilo Sekundiari

Sir Alex Ferguson bukanlah nama yang asing di telinga pecinta sepakbola. Kesuksesannya menukangi klub Manchester United selama lebih dari satu dekade membuatnya menjadi salah satu legenda. Berkat tangan dinginnya, Manchester United berjaya, baik di Liga Inggris, maupun di kancah dunia.

Pada buku ini, kita akan dibawa untuk melihat karir Sir Alex sejak menjadi pemain sebelum memutuskan pensiun dan menjadi pelatih. Penggemar sepakbola pun akan dibawa untuk bernostalgia dan mengenang kesuksesan yang pernah diraihnya di semua klub yang ditanganinya.

Tidak ketinggalan, kita bisa mendapat insight menarik bagaimana caranya meng-handle pemain-pemain bintang di Manchester United. Karena kesuksesan Sir Alex bukan hanya karena racikan strateginya yang jitu, tapi juga skill manajemennya yang membuat beliau diakui oleh Harvard Business School.

5. Rudy

Judul Buku: Rudy – Kisah Masa Muda Sang Visioner

Pengarang: Gina S. Noer

Rudy – Kisah Masa Muda sang Visioner merupakan buku biografi Baharudin Jusuf Habibie yang mendapat sambutan meriah dari masyarakat, dan sempat diangkat menjadi film layar lebar dengan judul Rudy Habibie di tahun 2016.

Sama seperti buku biografi pada umumnya, kita akan diajak bernostalgia dan menelusuri masa muda Bapak Teknologi Indonesia di Pare-Pare, hingga petualangannya ke Jerman sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

Dari buku ini kita bisa belajar bagaimana hebatnya perjuangan seorang Rudy hingga dikenal luas oleh dunia. Meski dikenal cerdas sejak kecil, beliau juga dikenal disiplin dan siap bekerja keras untuk mewujudkan cita-citanya.

Tidak hanya itu, buku ini juga banyak bercerita mengenai dukungan keluarga terdahap perkembangan Rudy muda. Selain memberinya dorongan untuk menekuni minatnya, mereka juga mengajarkan nilai-nilai moral serta bekal agama yang terus dibawa Rudy hinga akhir hayatnya.

6. Chairul Tanjung

Judul Buku: Chairul Tanjung – Si Anak Singkong

Penulis: Thahja Gunawan Diredja

Chairul Tanjung (CT) adalah salah satu pebisnis kakap yang memiliki banyak perusahaan dan menjadi salah satu orang terkaya di indonesia. Namun di balik semua kesuksesannya, tidak hanya yang mengetahui jika sosok ini datang dari keluarga yang tergolong miskin.

Melalui buku biografi yang disusun oleh wartawan harian Kompas, Tjahja Gunawan Diredja, kita bisa menelusuri perjalanan CT yang berusaha mematahkan kemiskinannya dan mengubah jalan hidupnya.

7. Tony Fernandes

Judul Buku: Flying High – My Story from AirAsia to QPR

Penulis: Tony Fernandes

Besar di Malaysia, Tony Fernandes lebih dikenal sebagi pemilik penerbangan murah AirAsia. Selain itu ia juga menjadi pemilik salah satu klub Liga Inggris Queens Park Rangers FC.

Pada buku biografi inspiratif Flying High, kita bisa melihat perjalanan seorang Tony dari seorang akuntan sederhana hingga masuk daftar orang terkaya di Asia. Jika kamu ingin lebih berani mewujudkan impian kamu, maka buku ini cocok untuk jadi inspirasi.

Meski awalnya sempat diremehkan orang lain, Tony berkembang menjadi seorang CEO terbaik yang menerapkan banyak nilai-nilai unik yang mengedepankan kemanusiaan pada perusahaan yang dipimpinnya. Jika kamu ingin lebih berani mewujudkan impian kamu, kamu bisa

8. Howard Scultz

Judul Buku: Pour Your Heart Into It: How Starbucks Built a Company One Cup at a Time

Penulis: Howard Schultz

Mungkin tidak ada yang menyangka jika sebuah kedai kopi kecil di Seattle akan tumbuh berkembang menjadi merek yang mendunia dan banyak digandrungi.

Pur Your Heart Into It bercerita mengenai Howard Schultz dan perannya dalam mencanangkan visi yang kemudian membuat brand coffee shop miliknya populer dan kini memiliki lebih dari 30,000 gerai di seluruh dunia.

Buku ini memang tidak sepenuhnya berupa biografi dan lebih banyak bercerita mengenai Starbucks. Namun kamu bisa menemukan inspirasi dan motivasi melalui prinsip-prinsip penting yang digunakan Howard untuk memajukan Starbuck menjadi brand yang mendunia seperti sekarang.

9. Jack Ma

Judul Buku: Jack Ma – Sang Miliuner Dunia

Penulis: Eko Siswanto

Dibalik perawakannya yang kurang meyakinkan, Jack Ma adalah pebisnis ulung yang berhasil membangun Alibaba Grup dari nol hingga menjadi perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Bagi kamu yang ingin mencari inspirasi dan motivasi untuk memulai bisnis, buku biografi Jack ma patut jadi pertimbangan. Di buku ini kamu bisa melihat biografi lengkap, karir, kejeliannya melihat peluang bisnis, serta perjuangannya membangun Alibaba.

Satu hal yang membuatnya sukses seperti sekarang adalah semangatnya yang gigih dan pantang menyerah. Meski berulang kali mengalami penolakan, ia terus berusaha mewujudkan impiannya hingga ia berhasil.

10. Jerome Polin

Judul Buku: Mantappu Jiwa – Buku Latihan Soal

Penulis: Jerome Polin

Meski judulnya Buku Latihan Soal, isinya tidak seperti yang kamu bayangkan. Latihan soal merupakan istilah yang digunakan sosok inspiratif Jerome Polin untuk menggambarkan masalah yang dihadapinya dalam hidup dan bagaimana cara ia mengatasinya.

Pada buku ini kamu bisa mengikuti perjalanan Jerome Polin, mulai dari kehidupan sederhananya di Indonesia hingga mendapatkan beasiswa penuh S1 di Jepang. Selain itu ia juga banyak bercerita mengenai petualangannya membuat channel Youtube Nihonggo Mantappu yang banyak memberikan inspirasi sekaligus hiburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *