Cara cek keaslian tas Gucci pria
Men's Style

Cara Cek Keaslian Tas Gucci Pria

Mengetahui cara cek keaslian tas Gucci pria jadi kunci penting jika kamu ingin tampil gaya dengan produk fashion berkualitas asal Italia tersebut. Mengingat popularitasnya yang tinggi, ada banyak produk tiruan yang malah bisa membuat kamu rugi.

Ada alasan kenapa pria kini juga banyak menggunakan tas Gucci. Selain masalah prestige, Gucci memang dikenal dengan produknya yang berkualitas tinggi, sehingga awet digunakan dan bahkan bisa jadi investasi.

Nah, buat kamu yang sedang mengincar tas Gucci pria, simak dulu yuk beberapa tips berikut agar kamu bisa mengetahui ciri-ciri tas Gucci dan membedakannya dengan produk palsunya.

Ciri-Ciri Tas Gucci Asli

1. Harga

Kualitas produk yang tinggi dan nama brand yang mendunia membuat tas Gucci pria berharga tinggi. Tidak tanggung-tanggung, harga tas Gucci pria termurah pun bisa mencapai belasan juta rupiah per item.

Makanya, rentang harga tertentu bisa jadi filter terdepan untuk menilai keaslian tas Gucci pria. Jika ada yang menawarkan produk tersebut di bawah rata-rata harga pasar, kamu mungkin perlu sedikit curiga.

Hal yang sama juga berlaku jika kamu ingin membeli tas Gucci pria second hand. Rata-rata barang preloved branded umumnya tidak mengalami penurunan harga yang signifikan, sehingga kamu perlu waspada saat menemukan harga yang terlalu murah.

2. Logo Gucci

Di setiap produk Gucci, kamu bisa menemukan logo berupa dua huruf G yang saling berhadapan pada bagian luar produk. Tergantung jenisnya, logo ini bisa diletakan di berbagai tempat dan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Cara cek tas Gucci asli dengan memeriksa logonya
Logo lama dan baru pada tas pria Gucci

Pada beberapa produk, logo Gucci dibuat emboss pada bahan kulit, sementara produk lainnya menggunakan bahan metal berlapis emas.

Untuk logonya sendiri kamu tidak perlu bingung bila melihat dua versi yang berbeda. Pada produk lama kamu bisa menemukan logo Gucci berupa dua huruf G yang berhadapan dan saling mengunci. Namun sejak 2016 Gucci mengubah logo mereka menjadi dua huruf G yang saling tumpang tindih.

3. Monogram

Selain berupa emblem, logo Gucci juga menjadi monogram pada banyak produk mereka. Corak berupa dua huruf G yang saling berhadapan, di mana salah satu huruf G ditulis menghadap belakang dan terbalik. Selain itu semua logo pada monogram juga saling berhubungan satu sama lain.

Ciri-Ciri tas Gucci asli adalah monogramnya yang khas
Monogram Gucci

Untuk melihat keaslian tas Gucci pria, kamu bisa memeriksa monogram secara seksama. Produk tas Gucci pria yang asli akan memiliki logo, pola dan jarak yang konsisten. Peletakan logo pun umumnya simeteris sehingga produk lebih sedap dipandang mata.

4. Serial Number

Cara paling ampuh untuk cek keaslian tas Gucci pria adalah dengan melihat nomor seri yang terdapat pada masing-masing produk.

Produk tas Gucci pria original akan memiliki label yang mengandung nama merek, tulisan “Made in Italy”, serta nomor seri tas Gucci berupa dua baris angka yang masing-masing terdiri dari 6 digit.

(Jika kamu mengkoleksi tas vintage 90-an ke bawah, serial number yang tertera memiliki format, penulisan, hingga bentuk tag yang berbeda)

Produk yang asli akan memiliki kualitas cetakan yang jauh lebih baik, konsisten, dan mudah dibaca. Meski begitu produk yang cukup antik mungkin akan sedikit lebih buram dibanding produk baru.

Cara mengetahui tas Gucci asli atau palsu dengan memeriksa serial number
Serial Number dan QR Code pada untuk memeriksa keaslian tas Gucci pria (sumber: lvbagaholic-com)

Pada tas Gucci pria original keluaran terbaru, tedapat pula QR Code serta NFC (Near Field Communication) yang memudahkan kita untuk melihat informasi produk lengkap hanya dengan hp saja. Kamu pun bisa cek keaslian tas Gucci pria lebih cepat dengan cara ini.

5. Kualitas Material

Harga tinggi yang kamu keluarkan untuk membeli tas Gucci pria akan sebanding dengan kualitas produk yang kamu dapat. Sebagai brand fashion ternama dunia, Gucci memastikan kalau semua produk mereka dibuat dengan material terbaik serta dibuat oleh tangan-tangan ahli.

Jadi jangan kaget jika produk-produk Gucci lawas pun masih banyak beredar di pasaran dengan tampilan yang masih sangat mengagumkan. Tidak heran kan kalau tas Gucci juga sering jadi investasi?

Sama seperti produk lainnya, Tas Gucci pria original juga dibuat menggunakan bahan terbaik. Bila memakai bahan kulit pun, kamu bisa merasakan keasliannya. Tas Gucci bahkan kadang memiliki ‘ketidaksempurnaan’-nya karena pola dan tekstur dari kulit alami mungkin tidak akan sesempurna kulit buatan pabrik.

Selain material tersebut, aksesoris lain seperti ritsleting, kunci, dan semacamnya juga dibuat serapih dan sedetail mungkin menggunakan bahan berkualitas yang dilapisi emas. Tas Gucci palsu akan menggunakan imitasi yang terasa ‘kosong’ dan ringan, serta kualitas finishing yang kurang sempurna.

6. Craftmanship

Dibuat oleh tangan-tangan ahli, kamu bisa melihat hasil karya mereka pada produk Gucci yang kamu gunakan. Setiap jahitannya dijamin sempurna, bahkan tanpa ada jahitan yang miring atau serabut benang yang terlepas. Kombinasi warna yang digunakan pun sangat serasi dan memberi ‘corak’ unik pada masing-masing item.

7. Dust Bag

Kemewahan produk-produk Gucci sudah bisa kamu rasakan bahkan sebelum kamu melihat barangnya. Bila produk biasa dibungkus dalam kemasan plastik, tas Gucci memiliki dust bags berkualitas tinggi berwarna putih atau kecoklatan, lengkap dengan logo Gucci di atasnya.

Cara cek tas Gucci original dengan melihat kelengkapan seperti dust bag
Dust bag tas Gucci

Tas semacam ini memang bisa juga dipalsukan. Tapi kamu bisa merasakan perbedaan dust bag pada produk asli dari bahan serta kualitas bordiran logonya.

8. Controllato Cards

Controllato Cards adalah kartu khusus yang menyatakan bahwa sebuah produk sudah melalui proses quality control. Pada kartu ini kamu bisa melihat logo Gucci serta deretan angka.

Controllato Card Gucci (sumber: handbags.lovetoknow.com)

Meski banyak orang menganjurkan untuk mencari kartu ini untuk memeriksa keaslian tas Gucci, kamu sebenarnya tidak perlu terpaku dengan keberadaan kartu ini.

Karena kartu ini terpisah dari kemasan produk, tidak heran bila kartu ini seringkali hilang, terutama pada produk-produk secondhand. Jadi bila produk tas Gucci tidak memiliki kartu ini bukan berarti palsu yah!


Itulah beberapa cara cek keaslian tas Gucci pria yang bisa kamu gunakan. Cara paling mudah tentu adalah dengan membeli dari toko atau outlet terpercaya, serta memeriksa sendiri nomor seri yang tertera. Dengan mendapatkan tas Gucci pria original, kamu bisa bergaya sambil berinvestasi untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.