Cara Convert Video Youtube agar Bisa Diputar di TV Mobil
Aplikasi, Otomotif

Cara Convert Video Youtube agar Bisa Diputar di TV Mobil

Menonton Youtube jadi salah satu kegiatan yang asik selama berkendara. Selain menontonnya secara langsung, kita juga bisa mengkonversi atau mengubah format video Youtube terlebih dahulu agar bisa diputar di tv mobil.

Dengan begitu, kita bisa menonton video favotir kita secara offline dan tanpa tergantung sinyal saat berada di atas kendaraan. Pengalaman menonton pun lebih mengasyikan tanpa adanya buffering.

Cara convert video Youtube agar bisa diputar di tv mobil sendiri cukup mudah dilakukan. Hal ini bisa dilakukan menggunakan software gratis, dan bahkan dilakukan menggunakan smartphone saja.

Nah, buat kamu yang mau tahu caranya, simak langkah-langkah lengkapnya di bawah ini yah!

Langkah #1: Download Video Youtube

Download video Youtube dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kita bisa menggunakan aplikasi, software, atau melalui website saja.

Untuk mempermudah, kini ada banyak website yang menyediakan layanan untuk mengunduh video Youtube. Video pun dapat diunduh sesuai dengan kualitas video yang kita inginkan tanpa perlu menginstall apapun di perangkat yang kita gunakan.

Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Buka video yang akan kamu download lalu salin URL video tersebut
  • Masuk ke situs Y2Mate.com
  • Salin link video Youtube ke dalam kotak isian yang tersedia
  • Situs Y2Mate akan secara otomatis mendeteksi link video Youtube dan menyediakan beragam link sesuai dengan kualitas video yang kamu inginkan.
  • Pilih salah satunya lalu klik tombol Download
  • Pilih lokasi penyimpanan lalu lanjutkan proses unduhan
Download video Youtube melalui website Y2mate.com
Download video Youtube melalui website Y2mate.com

Jika sudah, makan kamu akan mendapatkan video dalam format Mp4 lengkap dengan nama file sesuai dengan judul video Youtube yang kamu unduh.

Secara umum video Youtube yang kamu unduh melalui situs ini bisa langsung di putar di kebanyakan tv mobil. Namun jika karena satu dan lain hal kamu tidak bisa melakukannya, maka kamu perlu belajar cara convert video youtube agar bisa diiputar di tv mobil terlebih dahulu.

Langkah #2: Install Software Video Converter

Untuk mengubah format video, kita membutuhkan software video converter.

Aplikasi video converter sendiri mudah ditemukan dan cukup banyak yang bisa digunakan secara gratis. Kamu pun bisa mengunduh software video converter untuk beragam perangkat mulai dari Windows, Mac, Linux, atau bahkan melalui smartphone Android dan iPhone.

Tergantung perangkat yang ingin kamu gunakan, kamu bisa mengunduh salah satu aplikasi atau software pengubah format video di bawah ini lalu instal seperti biasa.

  • Any Video Converter (Win, Mac)
  • Handbrake (Win, Mac, Linux)
  • Format Factory (Win)
  • Freemake Video Converter (Win)
  • Video Converter by VidSoftLab (Android)

Langkah #3: Konversi Video untuk TV Mobil

Jika kamu sudah memasang aplikasi video konverter di perangkat kamu, maka saatnya kita belajar cara convert video Youtube agar bisa diputar di tv mobil.

Berbeda mobil tentu berbeda pula perangkat yang digunakan. Meski begitu tv mobil pada beberapa merek populer rata-rata bisa dipakai untuk memutar video dengan format berikut ini;

  • MP4: MP4 atau MPEG-4 adalah salah satu format video paling populer yang disupport kebanyakan mobil. Selain bisa diputar di head unit, format MP4 umumnya juga bisa diputar dengan baik melalui DVD player mobil.
  • MKV: Format video populer lain yang memiliki tingkat kompresi yang lebih baik serta umumnya digunakan untuk file multimedia kompleks. Sayangnya masih banyak kendaraan yang masih belum support format video ini.
  • AVI: Audio Video Interleave (AVI) jadi format video yang lebih dulu populer. Makanya urusan kompabilitas dengan beragam perangkat biasanya tidak menjadi masalah. Video dengan format ini pun dapat disetel dengan mudah di head unit mobil atau melalui DVD player.

Cara Convert Video Youtube Online

Buat kamu yang tidak mau instal beragam aplikasi tambahan di PC atau smartphone bisa coba cara convert video Youtube secara online. Cukup salin link Youtube, maka situs tersebut akan secara otomatis mengunduh lalu mengubah format video tersebut.

Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Buka situs y2mate.is
  • Salin link Youtube ke dalam kotak isian yang tersedia
  • Setelah itu situs ini akan secara otomatis menampilkan thumbnail video yang akan kamu unduh.
  • Pada bagian bawah, kamu bisa memilih resolusi video yang akan diunduh sekaligus mengkonversinya ke format MP4 yang umumnya bisa diputar di banyak tv mobil
  • Setelah itu klik tombol Download dan simpan video di PC atau memory card kamu.

Cara Convert Video Youtube di PC

Buat kamu pengguna PC, salah satu cara convert video Youtube paling mudah adalah menggunakan aplikasi Any Video Converter. Untuk melakukannya, silahkan ikuti cara berikut ini.

  • Install lalu buka aplikasi Any Video Converter
  • Klik tombol Add or Drag File(s) lalu pilih satu atau beberapa video yang akan dikonversi
  • Setelahitu pilih format video yang akan kamu pilih untuk outputnya. Untuk memudahkannya, aplikasi ini bisa mengubah video ke dalam format umum yang bisa diputar pada perangkat yang berbeda mulai dari hape Android, iPhone, Playstation, hingga TV. Untuk memutarnya di TV mobil, kamu bisa menggunakan format MP4 untuk mobile phones atau TV
  • Jika sudah, klik tombol Convert Now lalu biarkan aplikasi ini bekerja hingga selesai.
Cara convert video Youtube di PC menggunakan aplikasi Any Video Converter
Cara convert video Youtube di PC menggunakan aplikasi Any Video Converter

Sebagai catatan, proses ini butuh waktu tergantung durasi video yang kamu ubah. Jadi kalau belum selesai mohon bersabar dulu yah!

Cara Convert Video Youtube di Android

Jika kamu menggunakan smartphone, aplikasi Video Converter buatan VidSoftLab bisa jadi pilihan kamu.

Dengan rating pengguna yang sangat baik, aplikasi ini bisa digunakan untuk beragam keperluan mujlai dari mengubah format video, menggabungkan beberapa video, convert video to audio, menambahkan efek slow motion, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Video Converter lalu pilh menu Video Converter
  • Pilih video dari galeri lalu klik tombol Convert
  • Selanjutnya akan ada beberapa opsi preset yang bisa dipilih. Kamu bisa mengkonversi video sesuai dengan perangkat atau format video yang diinginkan. Untuk convert video agar bisa diputar di tv mobil, kamu bisa memilih preset common atau mengubat format video ke MPEG.
  • Setelah itu biarkan aplikasi bekerja sampai selesai
convert video di hp

Itu dia beberapa cara convert video Youtube agar bisa diputar di TV mobil. Agar proses konversi lebih cepat, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu format yang didukung oleh tv mobil kamu. Namun jika kamu tidak menemukannya, tidak ada salahnya menggunakan format video populer seperti mpeg, AVI, atau MP4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *