cara download sertifikat vaksin melalui SMS dan PeduliLindungi
Aplikasi, Traveling

3 Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Sejak banyaknya vaksinasi dan keputusan untuk membuka lebih banyak ruang publik, sertifikat vaksinasi jadi salah satu syarat yang diwajibkan untuk mengunjungi banyak tempat. Salah satunya adalah pusat perbelanjaan atau tempat hiburan yang kini menggunakan sertifikat vaksinasi sebagai syarat untuk bisa masuk.

Sertifikat vaksinasi sendiri merupakan bukti bahwa seseorang telah mendapatkan vaksinasi.

Meski begitu nampaknya masih ada yang belum begitu mengerti bagaimana cara memiliki sertifikat vaksinasi tersebut. Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan sendiri hanya menerbitkan sertifikat tersebut dalam bentuk digital. Jadi bentuknya bukan dalam bentuk kartu atau bentuk fisik lainnya.

Untuk mendapatkannya, kita bisa menggunakan dua cara, yaitu melalui aplikasi PeduliLindungi atau melalui SMS dari 1199. Dengan cara ini, kita tidak perlu lagi repot mencetak sertifikat dan tidak khawatir surat penting tersebut rusak atau tertinggal saat bepergian.

Apa Fungsi Sertifikat Vaksinasi Covid-19?

Pandemi yang melanda dunia membuat banyak orang kehilangan nyawa. Salah satu cara untuk mencegah penyebarannya yang cepat adalah dengan mengandalkan vaksinasi. Dengan begitu virus tidak dapat berpindah dengan leluasa dan tidak mudah menjangkiti orang lain.

Untuk melihat bukti bahwa sesorang sudah divaksinasi tentu bukan hal mudah karena hal ini akan sulit terlihat secara fisik. Karena itulah setiap orang yang sudah diberi vaksin akan didata agar nantinya bisa dijadikan bukti dalam bentuk sertifikat vaksinasi.

Makanya jangan heran, bila kini sertifikat vaksinasi menjadi salah satu syarat wajib bagi mereka yang ingin traveling, mengunjungi tempat tertentu di ruang publik, atau menggunakan transportasi umum jarak jauh, seperti pesawat atau kereta api.

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Metode 1: Link SMS dari 1199

Nomor telepon jadi salah satu data yang harus diisi saat mendaftar untuk vaksinasi. Selain untuk pendataan, nomor ini juga akan digunakan untuk mengirimkan kamu SMS berisi link download sertifikat vaksinasi. Sertifikat nantinya bisa diunduh dan disimpan di hape untuk keperluan di kemudian hari.

Meski begitu kamu harus waspada! Pastikan nomor yang mengirim link tersebut berasal dari nomor 1199. Bila kamu mendapatkan link dari nomor lainnya, abaikan karena umumhya berupa spam.

Metode 2: Melalui situs PeduliLindungi.id

Jika kamu tidak mendapatkan SMS dari 1199, kamu juga bisa mengunduh sertifikat vaksinasi melalui situs resmi PeduliLindungi.id. Caranya?

  1. Masuk ke situs PeduliLindungi.id
  2. Buat akun baru dengan mengklik tautan Login/Daftar, lalu klik tombol Buat Akun PeduliLindungi
  3. Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data penting seperti nama lengkap, alamat email, atau nomor ponsel kamu. Pastikan nomor telepon yang kamu gunakan sama dengan nomor telepon saat mendaftar vaksinasi.
  4. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui email atau SMS.
  5. Bila sudah selesai, login dan klik nama kamu di kanan atas layar, lalu buka menu Sertifikat Vaksin.
  6. Jika sudah, kamu bisa melihat sertifikat vaksinasi COVID-19 sesuai dengan tahapan vaksinasi yang sudah kamu lakukan

Metode 3: Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Selain melalui web, kamu juga bisa mengakses PeduliLindungi melalui aplikasi yang bisa digunakan di hp Android dan iPhone. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan langkah sebelumnya.

  1. Instal aplikasi PeduliLindungi melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone)
  2. Buka aplikasi lalu klik tombol masuk. Klik opsi Saya Setuju pada bagian ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi.
  3. Klik tombol Daftar lalu buat akun baru menggunakan alamat email atau nomor telepon kamu.
  4. Selesaikan proses verifikasi lalu cek menu akun di kanan atas layar.
  5. Buka opsi Sertifikat Vaksin lalu cek sertifikat yang kamu miliki sesuai dengan tahapan vaksinasi yang sudah kamu jalankan.

Cara Menggunakan Sertifikat Vaksinasi

Mengingat mudahnya pemalsuan sertifikat dalam bentuk fisik, pemerintah sangat menganjurkan penggunaan sertifikat digital yang lebih sulit dipalsukan dan memiliki data yang dapat disinkronkan dengan mudah. Jadi tidak perlu mencetak sertifikat yang ada pada akun PeduliLindungi, cukup tunjukan pada orang yang memintanya saat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *