cara membedakan jam tangan asli dan palsu
Men's Style

9 Cara Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu

Banyaknya jam kw dan replika yang beredar di pasaran membuat banyak calon pembeli sulit membedakan jam tangan asli dan palsu dengan mudah. Padahal keduanya hanya memiliki tampilan yang sama, namun fitur dan daya tahannya tentu akan sangat berbeda.

Tidak hanya itu, jam tangan replika juga menggunakan material yang lebih murah sehingga mudah rusak dan berubah warna. Kalau sudah begini, niat untuk tampil modis pun jadi sulit untuk terpenuhi.

Nah, agar kamu tidak salah memilih jam, simak dulu yuk perbedaan jam tangan asli dan palsu agar kamu mendapatkan kualitas terbaik.

1. Harga

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah masalah harga. Jika ada jam original yang ditawarkan dengan harga yang terlalu murah, kamu patut mencurigai bahwa barang tersebut hanya barang replika saja. Tidak tanggung-tanggung, jam kw semacam ini kadang dihargai kurang dari setengah harga jam aslinya.

2. Berat

Jam tangan pria oroginal dibuat dengan material logam murni untuk menjamin ketahanannya. Hal ini membuat jam terasa mantap dan sedikit lebih berat saat digenggam dan digunakan di tangan.

Sementara itu jam palsu menggunakan bahan logam yang lebih murah dan ringan sehingga terasa ringan saat dipakai.

Tidak cuma itu, jam asli dibuat dengan presisi sehingga tidak akan bunyi saat digoyang-goyangkan. Beda dengan jam tiruan yang seringkali berbunyi saat kita ‘kocok.’

3. Detail pada Jam Tangan

Banyak jam tangan asli yang dibuat secara handmade dan dibuat dengan rapi dan presisi serta memiliki finishing yang sangat halus. Hal inilah yang membuat jam tangan asli memiliki harga yagn tinggi karena butuh waktu pengerjaan yang lama untuk membuatnya.

Untuk jam tangan palsu, detail semacam ini bukanlah prioritas sehingga bisa digunakan untuk membedakan jam tangan asli dan palsu.

4. Detail Rantai Jam Tangan

Selain bagian body-nya, detail rantai jam tangan juga bisa digunakan untuk memeriksa jam tangan palsu. Jam tangan original memiliki strap/rantai yang terlihat lebih rapi, presisi, dan solid. Sebaliknya, jam tangan palsu biasanya memiliki rantai jam yang kurang presisi, dan kalau digunakan sering bergeser dan mengeluarkan bunyi.

5. Sertifikat

jam tangan original umumnya menyediakan sertifikat sebagai tanda keasliannya. Tapi jangan salah, jam tangan palsu pun juga memilikinya.

Bedanya ada pada detail yang ditulis pada sertifikat tersebut. Tidak hanya dibuat dari bahan yang lebih murah, tulisan serta logo yang tercetak pun kadang tidak serapih sertifikat aslinya.

6. Garansi Resmi

Setiap pembelian jam tangan pria original selalu disertai dengan garansi resmi dari produsen, jadi bukan hanya garansi dari toko saja. Waktu garansi resminya sendiri berkisar antara 1-3 tahun tergantung kebijakan masing-masing produsen.

Jadi saat membeli jam tangan, pastikan kamu mendapat kartu garansi yang dilengkapi dengan hologram resmi.

7. Teknologi Quartz

Teknologi Quartz adalah teknologi yang banyak digunakan untuk membuat jam tangan original. Dengan teknologi ini, pergerakan jarum jam akan terlihat lebih lancar dan halus serta tidak tersendat-sendat.

Teknologi ini sendiri sulit sekali untuk ditiru sehinnga kita bisa memanfaatkannya untuk membedakan jam tangan asli dan palsu.

Jam tangan asli dengan teknologi Quartz akan memiliki pergerakan jarum yang teratur dan halus, berbeda dari jam tangan palsu yang pergerakan jarumnya lebih kasar dan kadang terhambat.

8. Suara Detik Jarum Jam

Tidak hanya pergerakannya yang presisi, jarum jam tangan orisinil juga memiliki suara yang halus dan nyaris tidak terdengar. Hal ini berbeda dengan detik jam tangan palsu yang lebih mudah terdengar berdetak.

9. Lokasi Pembelian

Hal terakhir yang patut kamu waspadai adalah lokasi pembelian jam tangan tersebut.

Jam tangan pria original biasanya dijual melalui perantara resmi berupa toko atau gerai khusus jam tangan. Jadi akan menjadi hal aneh jika jam tangan asli dijual di toko bebas atau bahkan melalui perorangan di online shop (kecuali barang second).


Itu dia cara membedakan jam tangan asli dan palsu. Cara terbaik untuk mendapatkan jam tangan asli adalah mendatangi toko/gerai secara langsung agar kita bisa memegang jam dan memeriksanya sendiri. JIka membelinya dari toko online, pastikan kamu membeli dari akun toko resmi dan jangan lupa untuk menanyakan sertifikat serta garansi yang didapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *