cara membersihkan jam tangan emas agar warnanya tidak pudar dan tetap berkilau
Men's Style

Cara Membersihkan Jam Tangan Emas agar Warnanya Tidak Pudar

Satu hal yang membuat jam tangan emas terlihat lebih mewah dibanding jam tangan lainnya adalah warnanya emasnya yang khas. Karena itulah pemilik harus mengetahui cara membersihkan jam tangan emas agar warnanya tidak pudar dan tetap mengkilap seperti saat baru membelinya.

Cara perawatannya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jam tangan lain pada umumnya. Namun kamu harus lebih ekstra hati-hati agar lapisan emas (terutama pada jam tangan gold plated) tidak terkikis dan membuatnya kusam.

Sebagai langkah awal, pastikan jam tangan tidak secara langsung terkena pelembab, makeup, lotion, atau parfum. Selain itu segera bersihkan jam tangan yang kotor agar tidak membuat kerusakan yang lebih parah pada jam tangan.

Jika sudah, kamu bisa membersihkan jam tangan emas sesuai dengan jenis jam tangan tersebut, apakah jam tangan emas solid atau hanya jam tangan berlapis emas.

Cara Membersihkan Jam Tangan Emas Solid

Cara terbaik untuk membersihkan jam tangan emas solid adalah dengan menggunakan pasta gigi. Kamu bisa menggunakan pasta gigi apa pun dengan formula non-gel. Tidak hanya membuatnya berkilau, pasta gigi juga bisa membantu menyamarkan tambalan yang terlihat pada jam tangan.

  • Letakkan sedikit pasta gigi di atas bola kapas atau kain micro fiber lalu gosokkan pasta gigi dengan lembut pada noda.
  • Mulailah dengan membersihkan bagian dalam gelang dan perlahan pindah ke bagian luar tali. Terakhir, bersihkan bagian jam tangan utama itu sendiri dengan hati-hati.
  • Setelah selesai bersihkan pasta gigi. Basahi kain bersih atau kapas, lalu pastikan untuk membersihkan semua pasta gigi yang tersisa.

Cara Membersihkan Jam Tangan Berlapis Emas

Membersihkan jam tangan berlapis emas juga sama mudahnya. Salah satu metode berikut dapat digunakan untuk membersihkan jam tangan berlapis emas yang kamu miliki.

  • Bersihkan arloji dengan bola kapas basah sebelum dan sesudah digunakan. Untuk lekukan dan area yang sulit dijangkau bisa dibersihkan menggunakan cotton bud basah.
  • Gunakan pasta gigi seperti sebelumnya, tapi hati-hati jangan sampai menggosok terlalu keras karena bisa menghilangkan lapisan emas pada jam tangan.
  • Khusus untuk tali jam, basahi sikat gigi lembut dengan sedikit air sabun dan gosok perlahan tali jam tangan berlapis emas. Setelah itu seka sisa sabun dengan waslap lembap.
  • Gunakan pembersih perhiasan (jewelry cleaner) yang bisa dipakai untuk membersihkan jam tangan dan perhiasan lain yang berlapis emas.
  • Untuk kasus yang sangat membandel, rendam tali jam tangan berlapis emas dalam larutan amonia selama 1 menit saja, lalu bilas dengan kain bersih dan air.

Cara Membersihkan Jam Tangan dengan Digital Ultrasonic Cleanser

Jika kamu tidak nyaman dengan cara manual yang berpotensi menimbulkan cacat pada jam tangan jika tidak dilakukan dengan sempurna, maka kamu bisa sedikit berinvestasi pada alat digital ultrasonic cleanser.

Dengan alat ini, kita bisa membersihkan beragam perhiasan dan aksesoris dengan menggunakan teknologi getaran ultrasonik.

Salah satu kelebihan alat ini adalah kemampuannya untuk membersihkan noda di celah-celah yang sulit dijangkau oleh tangan manusia. Hasilnya pun jauh lebih baik dan membuat tampilan perhiasan, jam tangan, atau aksesoris lainnya menjadi seperti baru.

Dan yang paling penting, alat ini tidak akan menimbulkan goresan pada aksesoris berharga yang kita miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *