cara membersihkan jam tangan karet
Men's Style

Cara Membersihkan Tali Jam Tangan Karet

Karet (rubber, silikon, atau resin) jadi salah satu material yang banyak digunakan pada sebuah jam tangan. Selain mudah dibentuk dan dbuat dalam aneka warna, bahan karet pun relatif murah, mudah dibersihkan, serta bisa memberi perlindungan ekstra terhadap benturan. Makanya, bahan karet menjadi andalan pada beberapa merek jam tangan seperti Digitec atau G-Shock.

Meski begitu, dibanding bahan lain seperti logam atau kulit, tali jam tangan karet umumnya lebih mudah kotor karena sifatnya yang ‘lengket’ dan membuat debu mudah menempel. Tidak jarang material karet juga mudah kusam dan warnanya lebih cepat pudar bila terlalu sering terkena sinar matahari.

Nah, jika kamu sering menggunakan jam tangan karet untuk semua aktivitas harian, kamu juga perlu tahu cara membersihkannya agar jam tangan kamu tetap prima dalam waktu yang lebih lama.

Cara Membersihkan Jam Tangan Karet yang Kotor dengan Sabun

Jam tangan yang sering digunakan setiap hari, apalagi di tempat terbuka, lebih rentan terkena debu dan kotoran. Bila sudah menempel di bahan karet dan tidak segera dibersihkan, debu tersebut bahkan bisa menghitam dan membuat jam tangan kamu tidak lagi indah.

Untuk membersihkan jam tangan karet yang kotor tersebut, kamu hanya perlu menggosoknya dengan air dan sabun seperti langkah berikut ini.

  1. Siapkan air hangat pada sebuah wadah lalu tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring. Aduk hingga sabun larut
  2. Lepaskan tali jam tangan karet lalu rendam bagian tersebut selama 5 menit di dalam larutan sabun.
  3. Bila sudah, gosok strap dengan kain halus. Untuk noda yang lebih bandel bisa dibersihkan menggunakan sikat halus.
  4. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

Bila kamu merasa repot untuk melepas tali jam tangan karet, kamu bisa menggosok tali menggunakan kain halus yang sudah dicelupkan ke dalam larutan sabun. Gosok secara perlahan hingga noda menghilang lalu keringkan tali jam tangan.

Cara Membersihkan Tali Jam Tangan Karet dengan Minyak Kayu Putih

Kombinasi air dan sabun umumnya sudah lebih dari cukup untuk membersihkan tali jam tangan karet dari noda yang membandel. Namun sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan bahan alami lain seperti minyak kayu putih.

Untuk membersihkan tali jam tangan karet dengan minyak kayu putih, kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  1. Tuangkan minyak kayu putih pada kain halus (microfiber)
  2. Gosokan minyak kayu putih secara perlahan ke seluruh bagian permukaan tali jam tangan karet
  3. Celupkan kain halus baru ke dalam air hangat lalu gunakan untuk membilas sisa minyak kayu putih yang selesai digunakan
  4. Keringkan tali jam tangan karet

Cara Membersihkan Jam Tangan Karet Warna Putih yang Menguning

Dibandingkan warna lainnya, tali jam tangan karet berwarna putih akan lebih rentan kotor, baik oleh debu, keringat, atau bekas minuman. Tidak jarang strap karet putih akan lebih cepat berubah warna dan menguning dalam rentang waktu tertentu.

Untuk membersihkan jam tangan karet warna putih yang menguning, kamu bisa menggunakan beberapa bahan yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah seperti pasta gigi, alkohol, atau baking soda.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Lepaskan tali jam tangan karet agar bisa dibersihkan secara menyeluruh
  2. Oleskan pasta gigi putih pada bagian strap karet yang memiliki noda membandel dan menguning lalu gosok secara perlahan.
  3. Bila noda belum hilang sempurna, tuangkan alkohol pada kapas lalu usapkan pada noda dan kerak yang membandel. Setelah itu bilas lalu keringkan.
  4. Untuk noda menguning yang tidak lantas hilang, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah menggosok noda tersebut menggunakan campuran air dan baking soda
  5. Gosokan secara perlahan lalu bilas dan keringkan

Tips Merawat Jam Tangan Karet

Meski relatif lebih mudah dibersihkan dibanding bahan lainnya, jam tangan karet pun perlu dirawat dengan rutin agar selalu tampil baik saat kamu kenakan.

Untuk merawat jam tangan karet pun tidak perlu langkah rumit dan bisa dilakukan dengan mudah.

Jangan lupa bersihkan bagian kaca

Untuk membersihkannya, cukup basahi kain lembut menggunakan air hangat lalu usapkan pada bagian kaca jam tangan. Setelah selesai, keringkan dan letakan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari saat tidak digunakan.

Lapisi jam tangan dengan tissue atau kain

Karena bersentuhan langsung dengan kulit, keringat jadi salah satu penyebab munculnya noda dan kotoran pada tali jam tangan. Untuk melindunginnya, kamu bisa mengalasi jam tangan dengan tissue atau kain halus sebelum mengenakan jam tangan. Dengan begitu keringan akan lebih dulu terserap sebelum menempel pada tali jam tangan.

Ganti strap karet yang sudah sangat kotor

Strap yang sudah benar-benar kotor atau retak bisa segera kamu ganti. Enaknya kini ada banyak strap berbahan dasar karet atau silikon dengan beragam warna dan bentuk yang bisa bikin gaya kamu makin trendy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *