cara membersihkan strap jam tangan berbahan kulit
Men's Style

Cara Membersihkan Tali Jam Tangan Berbahan Kulit

Jam tangan maupun smartwatch hadir dengan beragam strap atau tali jam yang terbuat dari berbagai macam bahan. Material yang populer dipakai untuk bahan strap antara lain silicone rubber, kulit, serta berbagai jenis logam.

Kulit sendiri sudah lama digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan beragam aksesoris dengan sejarah ribuan tahun. Selain menawarkan tampilan klasik, penggunaan kulit sebagai bahan strap jam tangan juga membuatnya cocok untuk dipadukan dengan beragam suasana.

Meski begitu bahan ini memerlukan perawatan khusus, apalagi kulit bisa menyerap keringat dan cairan yang dapat membuat debu dan kotoran melekat pada bahan tersebut. Selain itu bahan kulit juga rentan terhadap suhu tinggi seperti terik matahari yang bisa membuat teksturnya rusak dan memudarkan warnanya.

Nah, agar strap kulit jam tangan dan smartwatch kamu tetap terjaga, berikut adalah langkah mudah untuk membersihkannya.

1. Copot Strap dari Jam Tangan

Jika dimungkinkan, lepas strap dari jam tangan sebelum dibersihkan. Selain membuat proses perawatan tali kulit lebih mudah, hal ini juga dilakukan untuk menghindari kerusakan pada bodi jam tangan.

2. Bersihkan dengan Kain Lembut Terlebih Dahulu

Sebelum mulai membersihkan tali kulit jam tangan, bersihkan terlebih dahulu menggunakan kain kering. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran kecil yang melekat pada strap agar nantinya tidak menggores bahan kulit saat dibersihkan.

Dan usahakan untuk menggunakan kain berbahan lembut seperti microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata atau perhiasan agar hasilnya sempurna.

3. Cuci Strap Kulit dengan Sabun

Selanjutnya kamu bisa membersihkan strap kulit menggunakan sabun. Untuk sabunnya sendiri bisa menggunakan sabun dengan formula lembut seperti sabun bayi.

Jangan membasahi strap kulit sepenuhnya!

Cukup gunakan kain basah lalu usapkan sabun secara perlahan dan gosok bagian dalam dan luar strap hingga bersih. Bila sudah, bersihkan sisa sabun lalu keringkan menggunakan lap kering.

Untuk mengeringkan sisa air yang menempel pada kulit, cukup jemur strap di ruangan terbuka dan hindari sinar matahari langsung serta jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya.

4. Gunakan Conditioner Khusus Bahan Kulit

gunakan conditioner khusus bahan kulit untuk membersihkan strap jam tangan

Sebagai langkah terakhir, kamu juga bisa menggunakan produk khusus untuk merawat bahan kulit seperti leather conditioner. Kondisioner untuk bahan kulit ini bisa membantu mengembalikan kelembaban kulit yang kering dan membuat bahan kulit tetap lembut dan lentur.


Itu dia beberapa langkah mudah untuk membersihkan tali jam tangan kulit. Jika dilakukan secara rutin, bahan kulit jam tangan kamu akan tetap awet dan selalu tampak seperti baru dan tetap nyaman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *