5 Tips Memilih Smartwatch Sesuai Kebutuhan

cara memilih smartwatch yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan

Selain jam tangan, smartwatch kini jadi trend dan cukup populer di kalangan pria. Salah satu kelebihannya ada pada banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aksesoris elektronik tersebut.

Tidak hanya bisa menunjukan waktu saja, smartwatch juga bisa terhubung ke smartphone dan mampu menampilkan beragam informasi yang kita butuhkan.

Meski menarik, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum memilih smartwatch. Makanya, simak dulu yuk tips memilih smartwatch ini agar pas sama kebutuhan kamu.

Cara Memilih Smartwatch yang Bagus

1. Cek kebutuhan

Dengan banyaknya smartwatch di pasaran, kamu harus tahu dulu apa saja yang kamu harapkan dari sebuah smartwatch.

Apakah mau dipakai untuk berolahraga? hiking? supaya lebih produktif? atau cuma buat menunjang penampilan saja?

Kalau sudah tahu, kamu bakal lebih mudah memiih smartwatch yang sesuai dengan kriteria yang kamu cari.

Sebelum membeli, kamu bisa mencari berbagai referensi dulu agar kamu tidak salah beli. Dan tidak ada salahnya juga jika kamu ikutan forum atau grup facebook khusus untuk penggemar smartwatch. Dengan begitu kamu bisa tahu review langsung dari para penggunanya.

2. Cek kompabilitas smartwatch dan smartphone

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan sebelum membeli smartwatch adalah memeriksa kompabilitasnya dengan smartphone dan OS hape tersebut.

Sayang kan kalau sudah beli ternyata malah tidak bisa kita pakai bersamaan dengan hape kita!

Smartwatch yang beredar di pasaran memang umumnya sudah kompatibel dengan beragam jenis smartphone. Namun tidak ada salahnya jika kamu memeriksanya kembali.

Kalau mau lebih mudah, kamu bisa membeli smartwatch resmi yang dikeluarkan oleh produsen hape kamu. Sebagai contoh, iPhone, Xiaomi dan Realme masing-masing merilis smartwatch mereka masing-masing. Kalau sudah satu merek seperti ini biasanya untuk urusan kompabilitas tidak ada lagi masalah.

Satu hal lain yang perlu kamu perhatikan juga adalah masalah konektivitasnya.

Smartwatch umumnya terhubung dengan smartphone agar bisa berjalan maksimal. Namun ada juga yang bisa berjalan sendiri tanpa perlu dihubungkan dengan smartphone. Jadi pilih sesuai kebutuhan kamu nantinya saja.

3. Cek spesifikasi smartwatch dan fitur pendukungnya

Setelah ketemu brand incaranmu, saatnya memeriksa spek dan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Sebagai langkah petama, kamu bisa melihat tampilan display yang digunakan serta daya tahan baterainya.

JIka sudah, kamu bisa melihat fitur-fitur yang ada pada smartwatch tersebut. Pastikan kamu hanya memilih fitur-fitur yang memang akan benar-benar kamu gunakan.

Sebagai contoh, beberapa fitur yang ada di dalam sebuah smartwatch antara lain:

  • GPS untuk mengetahui lokasi secara realtime
  • Heart Rate Monitor untuk memonitor detak jantung
  • Pedometer untuk menghitung jumlah langkah kaki yang sudah kamu lakukan.
  • Fitness tracker yang berfungsi untuk memonitor semua aktivitas kamu sepanjang hari. Fitu ini biasanya menggabungkan beberapa sensor sekaligus seperti pedometer, heart rate monitor, dan sebagainya.
  • Near Field Communication (NFC) yang merupakan teknologi yang memungkinkan perpindahan data antara chip jika saling berdekatan satu sama lain. Biasanya digunakan untuk pembayaran cashless
  • Sleep monitor yang memungkinkan kita untuk merekam dan menganalisa aktivitas tidur mulai dari durasi, kualitas, konsistensi, dan sebagainya. Untuk melakukannya, fitur ini akan menggunakan beberapa sensor seperti accelerometer, heart rate monitor, dan lain sebagainya.
Contoh smartwatch dengan beragam fitur (foto: Tokopedia)

4. Cek desain smartwatch

JIka kamu akan lebih sering menggunakan smartwatch untuk menunjang tampilan fashion kamu, maka desain smartwatch juga harus kamu pilih secara teliti.

Saat ini smartwatch hadir dalam beragam desain. Jadi kamu bisa memilih yang paling pas dengan tampilanmu.

Sebagai contoh, untuk tampilan mukanya saat ini ada smartwatch yang memiliki bodi kotak atau bulat seperti arloji pada umumnya.

Strapnya sendiri tidak melulu karet. Sekarang kamu bisa membeli strap dari beragam material mulai dari silikon, tali kulit, atau stainless steel.

Satu yang tidak kalah penting, pastikan smartwatch juga enak dipakai seharian.

5. Sesuaikan dengan budget

Setelah semua poin di atas terpenuhi, saatnya memilih yang sesuai dengan budget kita. Kalau masih dirasa terlalu mahal, coba cek lagi fitur-fiturnya. Semakin banyak fitur biasanya akan semakin membuat harga smartwatch mahal.

Supaya dapat haga yang lebih miring, kamu bisa cek harga dulu melalui beberapa aplikasi e-commerce. Dan jika kamu tidak masalah dengan versi lama, kamu juga bisa hunting model-model lawas yang biasanya dibandrol lebih murah dibanding saat pertama kali keluar.


Itu dia beberapa tips yang mudah-mudahan berguna saat kamu memiih smartwatch. Tidak hanya tampilannya saja, kamu juga perlu cek spesifikasi dan fitur yang ada pada smartwatch tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *