cara mencegah agar aki tidak mudah soak
Otomotif

4 Cara Mencegah agar Aki Tidak Mudah Soak

Aki adalah komponen penting yang berfungsi sebagai baterai dan memberi aliran listrik pada komponen eletrik mobil. Jika aki tidak bekerja dengan maksimal, maka mobil bahkan tidak akan bisa menyala saat dihidupkan.

Namun karena beberapa alasan tertentu, aki bisa saja menjadi soak meski dalam kondisi baru. Jika sudah begini, aki tidak akan bisa digunakan dan harus di-charge ulang atau malah diganti dengan yang baru.

Nah, untuk mencegah agar aki tidak soak, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Memanaskan Mobil

Banyak pemilik kendaraan yang berpikir bahwa aki yang jarang digunakan tentu akan lebih awet ketimbang terus menerus digunakan setiap hari. Padahal aki yang masih tersambung ke mobil tentu akan terus menerus mengalirkan listrik meski dalam jumlah yang jauh lebih kecil. Maka dari itu, jika dibiarkan diam terlalu lama, aki bisa soak dan tidak bisa digunakan.

Karena itulah, cara paling mudah untuk mencegah agar aki tidak soak adalah dengan rutin memanaskan mobil. Akan lebih baik lagi jika mobil dibawa bepergian meski hanya sebentar.

Dengan begitu, alternator mobil dapat bekerja dan mengisi daya pada aki sehingga aki akan selalu terisi penuh dan tidak ‘ngambek’ saat digunakan.

2. Mengistirahatkan Mobil

Selain karena didiamkan terlalu lama, aki juga bisa mudah soak jika digunakan terus menerus secara intens. Proses pengisian dan pengeluaran daya yang berulang-ulang secara terus-menerus lama kelamaan bisa menimbulkan masalah pada air aki dan komponen aki mobil lainnya.

Agar hal ini tidak terjadi, istirahatkan mobil secara berkala agar tidak digunakan secara terus menerus.

3. Cek Air Aki

Jika kamu menggunakan aki basah, satu hal yang patut diperhatikan adalah konsisi serta jumlah air aki di dalam aki tersebut. Pastikan air aki selalu terisi dan jangan biarkan aki kehabisan air aki.

Jika air aki habis, maka aki tidak akan dapat menyimpan listrik. Hal ini tentu membuat aki listrik tidak bisa digunakan sebagai mana mestinya.

4. Cek Kapasitas Aki

Cara lain untuk mencegah aki soak adalah dengan memperhitungkan kapasitas aki.

Jika kamu berencana untuk menggantinya, pastikan kamu menggantinya dengan aki yang memiliki kapasitas yang sama unuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan jika kamu melakukan modifikasi mobil yang melibatkan komponen elektrik mobil seperti audio atau lampu, pastikan aki cukup untuk menunjang peralatan listrik baru yang akan kamu pasang di mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *