cara mencegah karat di lantai mobil
Otomotif

5 Cara Mencegah Karat pada Lantai Mobil

Karat pada lantai mobil jadi salah satumasalah besar bagi pemliik kendaraan beroda empat tersebut. Jika dibiarkan, karat akan membuat mobil rusak atau bahkan mengganggu performanya.

Lantai mobil sendiri jadi area paling rawan terkena karat. Tidak heran karena bagian bawah mobil menjadi area terdekat dengan jalan dan pasti selalu terkena debu, kotoran, lumpur, hingga aspal.

Belum lagi jika mobil digunakan melewati genangan air atau menerjang banjir. Selain menjadi bagian yang pertama kali terkena air, lantai mobil juga jadi bagian yang paling terakhir kering.

Nah, agar lantai mobil tidak mudah berkarat karena sering terkena air, berikut adalah beberapa cara mencegah karat pada lantai mobil yang bisa kamu praktikan.

1. Cuci Mobil Setelah Kehujanan

Air akan mempercepat proses oksidasi yang dapat menimbulkan karat pada mobil, terutama pada bagian logam yang tidak terlindungi dengan lapisan anti air/karat.

Karena itulah, segera cuci dan bilas mobil setelah dipakai dalam kondisi hujan. Perhatikan pula bagian bawah mobil yang sering terkena genangan dan cipratan air hujan.

Setelah selesai, keringkan sisa-sisa air dan lap hingga kering. Untuk mencegah karat serta jamur pada lantai mobil, angkat juga karpet pada bagian dalam mobil dan keringkan jika basah.

2. Gunakan Karpet Karet/Plastik

Karpet yang terbuat dari karet atau plastik akan membuat lantai mobil tidak terkena air secara langsung saat kita memasuki mobil dengan kaki yang basah.

Karpet ini akan menahan air dan kita juga bisa membersihkan air dengan mudah dan mengeluarkannya dari dalam mobil. Dengan begitu air tidak akan membasahi bagian dalam mobil dan menimbulkan karat dalam jangka waktu lama.

3. Gunakan Aksesoris Mobil Anti Karat

Untuk mencegah karat pada bagian bodi mobil, kita bisa memasang aksesoris yang dapat mengurangi penyebab karat seperti mud guard pada spakbor agar lumpur tidak menciprati bagian bawah mobil.

4. Segera Tambal Bagian Bodi yang Baret

Bodi mobil sebenarnya sudah memiliki lapisan anti karat yang membuatnya tidak mudah rusak meski sering terkena air. Namun karena satu dan lain hal, lapisan pelindung ini bisa saja hilang saat bodi mobil mengalami lecet atau baret.

Jika hal ini terjadi, segera tambal bagian bodi mobil yang tidak terlindungi agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Semakin lama ditunda, potensi kerusakan yang bisa terjadi juga bertambah besar.

5. Lapisi dengan Pelindung Tambahan

Khusus untuk mobil-mobil yang sudah ‘berumur’, kamu juga bisa memberi lapisan pelindung anti karat tambahan untuk mengganti dan membantu lapisan pelindung yang lama. Dengan begitu kamu bisa lebih tenang meski mobil sering terkena air.


Nah, itu dia beberapa cara mencegah karat di lantai mobil. Jika kamu memiliki mobil baru, cara terbaik adalah dengan selalu menjaga kebersihan mobil. Dan selalu keringkan mobil setelah kehujanan.

Untuk mobil yang sudah cukup tua, pastikan kamu memperhatikan kendaraanlebih baik lagi. Jika hal-hal di atas tidak bisa dilakukan sendiri, kamu bisa membawanya ke tempat servis mobil untuk memberi perlindungan tambahan pada mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *