cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet tanpa modal
Keuangan

7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Internet tanpa Modal

Selain melalui gaji pokok, mendapatkan penghasilan tambahan dari internet menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Enaknya, hal tersebut kini bisa dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah.

Cukup berbekal internet dan hp, siapa saja bisa menghasilkan uang lewat internet, mulai dari karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan pelajar sekalipun. Caranya pun cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Nah, jika kamu juga berencana untuk melakukannya, berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet tanpa modal

1. Blogging

Jika kamu gemar membaca atau memiliki skill menulis, maka kamu bisa membuat blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Blog sendiri dapat dibuat dengan cepat, bahkan tanpa modal sekalipun. Sebagai contoh, beberapa platform blogging gratis yang bisa kamu gunakan adalah Blogger dan wordpress.com. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja tanpa harus mengenal programming atau coding.

Agar tampak lebih bonafide, kamu bisa menggunakan nama domain custom agar blog kamu tampak beda dari blog gratisan lainnya.

Untuk mendapatkan uang dari blog sendiri caranya bermacam-macam.

Cara yang paling umum adalah melalui Google Adsense di mana kita hanya perlu memasang iklan pada blog. Semakin banyak trafik yang bisa didapat, semakin besar pula potensi pendapatan yang bisa didapat.

Selain itu kita juga bisa menggunakan metode affiliate marketing untuk mendapatkan uang dari blog. Dengan program afiliasi, kita hanya perlu mempromosikan produk atau jasa. Setiap kali ada yang melakukan transaksi atau mendaftar melalui link afiliasi yang kita sediakan di blog, kita bisa mendapatkan komisi yang nilainya cukup lumayan. Enaknya lagi, cara ini bisa digabungkan dengan Google Adsense.

Selain kedua cara tersebut, kita juga bisa memanfaatkan blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan mulai dari menjual jasa/produk, mempromosikan kursus online, content placement, atau membuat blog untuk dijual kembali.

2. Youtube

Dibandingkan membuat blog, membuat channel Youtube menjadi cara lain yang lebih populer, apalagi kini perkembangan Youtube begitu pesat dengan miliaran orang pengunjung setiap harinya. Penggunanya pun sangat beragam mulai dari anak kecil hingga orang yang sudah lanjut usia.

Untuk mulai membuat channel Youtube, kita hanya memerlukan akun Google saja. Konten dapat dibuat selama kita memiliki hape dengan koneksi internet. Jika ingin mengedit video, kini ada banyak aplikasi edit video Youtube yang bisa digunakan secara gratis di Play Store.

Agar konten kamu bisa bersaing, buatlah video dengan topik yang menarik dan banyak dicari orang. Setelah itu upload video secara berkala agar penonton selalu kembali untuk menunggu video baru kamu.

Terakhir jangan lupa untuk mempromosikan video ke berbagai sosial media agar video kamu mendapat jangkauan yang lebih luas. Pastikan kamu juga mengingatkan penonton untuk subscribe karena jumlah subscriber akan sangat berpengaruh jika kamu ingin mendaftarkan channel tersebut ke Google Adsense.

Namun selain Adsense, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari Youtube dengan menerima endorse, melakukan product placement, atau melalui program affiliate marketing.

3. Afiliate Marketing

Seperti sudah disinggung pada dua cara sebelumnya, affiliate marketing adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet yang bisa dilakukan tanpa modal. Selain melalui blog dan youtube, program afiliasi juga bisa kamu lakukan melalui sosial media, email, ataupun lewat whatsapp.

Program afiliasi sendiri tidak jauh berbeda dengan sistem makelar di mana kita bisa mendapatkan komisi untuk setiap transaksi sukses yang dilakukan melalui kita sebagai perantaranya.

Caranya sendiri cukup mudah.

Kita hanya perlu mendaftar program afiliasi pilihan kita. Setelah itu kita bisa mendapatkan link afiliasi yang akan menuju URL sebuah produk/jasa dan mengandung informasi penting seperti referal, cookies, dan sebagainya.

Saat ada orang lain yang mengklik link tersebut dan melakukan transaksi, maka data tersebut akan tersimpan pada server program afiliasi. Saat pembayaran dilakukan, maka kita langsung mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan.

cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal dengan affiliate marketing
Cara kerja affiliate marketing (image: bisablog.com)

Melalui program afiliasi, tidak ada batasan seberapa banyak penghasilan yang bisa didapat. Semakin banyak orang yang berhasil kamu ajak, semakin banyak pula potensi penghasilan yang bisa didapat.

Jika kamu tertarik, kini ada banyak penyedia program afiliasi yang bisa kamu gunakan. Beberapa situs e-commerce seperti Lazada, Bukalapak, ata Blibli sudah memiliki program seperti ini sehingga kamu bisa mendapatkan komisi dengan menjual barang-barang yang ada di situs tersebut.

Bila kamu ingin komisi dalam jumlah yang lebih besar, kamu bisa mempromosikan produk digital atau jasa yang menawarkan komisi hingga di atas 50%. Beberapa produk semacam ini bisa langsung kamu cari ke websitenya atau bisa kamu cari di marketplace seperti Ratakan.com.

4. Mengikuti Survei Berbayar

Buat kamu yang ingin uang cepat dari internet, mengikuti survey berbayar bisa jadi salah satu solusi.

Survey berbayar sendiri menjadi solusi bagi perusahaan yang membutuhkan opini mengenai produk atau strategi pemasaran yang akan mereka lakukan. Untuk melakukannya, mereka menggandeng penyedia survey yang memberikan imbalan pada mereka yang berhak dan mau melakukan survey.

Melalui situs/aplikasi penyedia survey, kita hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mengisi survey yang sesuai dengan profil kita. Setelah itu kita biasanya akan mendapatkan reward berupa poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan beragam hal mulai dari voucher hingga uang tunai.

Meski begitu imbalan yang kamu dapat mungkin tidak akan seberapa untuk setiap surveynya. Namun jika kamu mengisi survey di banyak tempat sekaligus, nilainya akan cukup lumayan untuk membiayai kamu jalan-jalan.

5. Freelancer

Jika kamu memiliki skill tertentu, maka menjadi freelancer bisa jadi cara kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Pekerjaan freelance dapat dikerjakan kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kamu.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan freelance adalah melalui website freelance. Di situ kamu bisa menawarkan beragam jenis jasa mulai dari menulis, terjemah, membuat animasi, mengedit video, voice over, desain, hingga sekadar entry data.

Kamu hanya perlu mendaftar dan mengisi profil lalu cari pekerjaan yang sesuai dengan skill yang kamu miliki. Beberapa menerapkan sistem bidding sehingga kamu juga harus menyediakan harga yang bersaing agar tidak kalah dari freelancer lainnya.

Jika kamu ingin memasarkan sendiri, kamu bisa membuat akun sosial media khusus untuk membantu kamu dalam hal promosi. Selain itu kamu juga bisa membuat website portfolio untuk memajang hasil karya yang pernah kamu buat untuk meyakinkan calon pelanggan akan jasa yang kamu tawarkan.

6. Dropship

Jika kamu lebih senang berdagang, menjadi seorang dropshipper bisa jadi pilihan terbaik. Apalagi dengan menjamurnya tren jualan online, potensi pemasukan yang didapat pun bisa cukup besar tanpa harus memiliki toko offline.

Dropship sendiri menjadi solusi bagi kamu yang ingin membuka toko online tanpa modal. Melalui dropship, kita hanya perlu mempromosikan barang milik orang lain. Saat ada pelanggan yang membeli, kita hanya perlu mengurus transaksi keuangannya saja. Urusan pengemasan barang dan pengiriman akan dilakukan oleh pihak penyedia barang.

Saat ini ada bayak supplier dropship yang bisa kamu cari secara online. Selain itu kamu juga bisa mencarinya sendiri melalui aplikasi jual beli online. Pastikan saja mereka mau menerima orderan dropship dan memilki rating yang baik agar toko online kamu juga memiliki reputasi yang bagus.

7. Influencer

Jika kamu aktif di sosial media dan memiliki banyak follower, kamu bisa juga menghasilkan uang sebagai influencer. Pendapatan tambahan bisa kamu dapat dengan membuka endorsement, postingan berbayar, atau beragam bentuk kerjasama lainnya.


Selain beberapa tips di atas, masih ada banyak lagi cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet tanpa modal. Dengan banyaknya sistem yang terintegrasi online, kita hanya butuh hape dan koneksi internet saja untuk memulainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *