cara mengamankanmobil agar tidak dicuri orang lain
Otomotif

7 Cara Mengamankan Mobil agar Terhindar dari Pencurian

Mobil adalah salah satu harta benda yang bernilai mahal. Makanya kita harus bisa menjaganya agar mobil dan barang-barang berharga di dalamnya tetap aman. Akan sangat merugikan bukan kalau mobil kita sampai hilang dibawa pencuri?

Mobil-mobil yang ada sekarang sebenarnya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup canggih. Namun bukan berarti mobil tersebut akan tetap aman dari tindak kejahatan.

Nah, agar mobil lebih aman dan terhindar dari tindak pencurian, berikut adalah beberapa tips keamanan yang bisa kamu lakukan.

Tips agar Mobil Tidak Dicuri dan Aman dari Maling

1. Parkirkan kendaraan di tempat yang aman

Satu penyebab utama kenapa mobil kita menjadi incaran pencuri adalah karena posisinya yang sangat menguntungkan bagi mereka.

Makanya langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memarkir kendaraan di tempat yang aman.

Tempat yang aman artinya mobil selalu terawasi, entah karena tempat yang dilalui banyak orang atau dilengkapi kamera CCTV. Hal ini bisa diperbaiki dengan cara memarkirkan kendaraan di tempat resmi, bukan di pinggir jalan terbuka.

Selain itu kamu juga bisa memilih lokasi parkir yang memiliki sistem penerangan yang baik agar pelaku mengurungkan niatnya untuk menggasak barang berharga di dalam mobil.

2. Lengkapi dengan pengaman tambahan

Agar mobil lebih aman, tidak ada salahnya menambahkan beberapa alat pengaman mobil agar kita lebih tenang.

Pertama, kita harus memastikan sistem alarm mobil bekerja dengan sempurna. Setelah itu kita bisa menambahkan beberapa alat pengaman seperti:

  • Kunci setir yang dapat digunakan untuk mengunci setir pada posisi tertentu agar sulit digunakan.
  • Pemutus listrik yang bisa dipasang pada lokasi tersembunyi agar pencuri tidak dengan mudah menyalakan mobil.
  • Kunci roda yang bisa digunakan untuk mengunci roda agar mobil tidak mudah dipindahkan.

3. Pasang GPS di mobil

grps tracker pengaman agar mobil mudah dilacak saat kehilangan

Alat pengaman tambahan lain yang bisa dipasangkan di mobil adalah Global Positioning System (GPS). Dengan alat ini, mobil kita akan lebih mudah ditemukan jika sewaktu saat tidak berada di tempat yang seharusnya.

4. Menambahkan stiker atau tanda pengenal

Hal ini memang tidak akan mencegah tindak pencurian secara langsung. Namun dengan memasang stiker atau tanda pengenal lainnya, kita akan membuat kendaraan kita tampak beda dibanding kendaraan lain dengan merek dan warna yang sama. Hal ini tentu akan mempermudah saat kita akan mencarinya.

5. Jangan lupa mencabut kunci dan mengambil barang berharga saat beranjak dari kendaraan

Selain karena niat, kejahatan dapat terjadi karena ada kesempatan.

Nah, salah satu penyebab pencurian adalah karena kelalaian pemilik kendaraan dalam meletakan barang-barang berharga mereka.

Maka dari itu, hindari menyimpan barang-barang berharga seperti dompet, karcis parkir, kunci, tas, laptop, surat surat berharga maupun STNK dan BPKB di dalam mobil.

Dengan begitu kita bisa mengurangi faktor risiko apapun yang mampu membuat pelaku kejahatan tertarik untuk mencuri kendaraan kita.

6. Waspadai modus pencurian mobil

Agar kita lebih waspada, ada banyak modus pencarian yang bisa kita kenali.

Sebagai contoh, salah satu trik yang paling umum adalah menggunakan metode ban kempes yang akan memangsa korban yang langsung berhenti untuk memeriksa kondisi bannya.

Jadi jika sutau saat kamu harus berhenti di tengah jalan, lakukanlah di tempat yang ramai dan hindari tempat yang sepi.

7. Gunakan asuransi

Dengan semua langkah pengamanan yang sudah kita lakukan, ada kalanya kita tidak memiliki kuasa untuk mencegah pencurian mobil.

Sebagai langkah terakhir, kita bisa mendaftar asuransi untuk berjaga-jaga. Lagipula manfaat asuransi mobil tidak hanya untuk menekan angka kerugian akibat kehilangan saja, tapi juga memberi perlindungan pada kerusakan mobil hingga membantu kita merencakanan keuangan dengan lebih baik.


Mengamankan mobil menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan pemilik kendaraan bermotor, terutama mobil. Dengan menggunakan beberapa tips di atas, kita bisa meminimalkan potensi kejahatan agar mobil kita tidak menjadi sasaran empuk para penjahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *